Tips Memilih HP Murah RAM Besar yang Bagus Untuk Gaming

(Gambar: Unsplash)

Era digital telah mengalami perkembangan yang signifikan termasuk peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Mengakses layanan streaming, bersosialisasi di sosial media, bahkan bermain game tentunya tidak lepas dari aktivitas manusia jaman now. Apa lagi jika kamu seorang creator atau gamer sekalipun, pastinya peran smartphone akan semakin mendukung aktivitasmu. 

Bagi seorang gamer memiliki smartphone dengan spek dewa adalah harapan setiap orang. Selain kamu bisa bermain game berat sekalipun kamu juga dapat menikmati akses bermain game secara lancar, kencang dan tanpa terjadi lag. Oleh karena itu, memilih smartphone untuk kebutuhan gaming menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu pertimbangan. 

Banyak faktor yang memperngaruhi kinerja smartphone, apalagi digunakan sebagai gaming. Smartphone yang memiliki spek unggulan tentunya akan semakin meingkatkan performa dalam berkerja. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangna penting yaitu adalah RAM yang besar. Semakin besar tingkatan RAM semakin lancar dan cepat HP saat menjalankan perintah.

Nah, langsung saja kita ulas tips memilih   yang bagus untuk gaming. Bagi kalian yang ingin memiliki HP murah RAM besar, sebelum membelinya simak dulu ulasan berikut ini ya.

Pilih RAM Besar dan Memori Internal yang Ideal

Perkembangan teknologi telah menghadirkan berbagai aplikasi dan gaming terbaik. Tentunya selalu diimbangi dengan hadirnya smartphone yang mendukung aplikasi dapat dijalankan secara lancar dan tanpa lag. Alasan inilah yang harus kamu pertimbangkan sebelum membali HP, terlebih jika kamu ingin menggunakan HP tersebut sebagai ponsel gaming.

Faktor yang mendominasi untuk ponsel gaming tentunya tidak terlepas dari RAM yang besar dan memori internal yang ideal. Mengingat, beberapa game saat ini memiliki ukuran memori yang cukup besar dan ditambah file-file update tambahan sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. 

Besaran RAM menjadi salah satu spesifikasi yang paling dipertimbangkan bagi calon pembeli. Kapasitas RAM juga memiliki beragam variasi mulai dari 2, 4, 8, 12 bahkan 18 GB. RAM memiliki prinsip kerja yang sama dengan memori internal (storage) yang biasanya digunakan untuk menyimpan foto, video dan aplikasi lainnya. Hanya saja, kemampuan untuk membaca dan menulis jauh lebih cepat dibanding storage. 

RAM sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan file sistem atau aplikasi yang digunakan sebagai sistem ponsel sementara waktu. RAM juga berpengaruh kepada kecepatan ponsel, maka dari itu semakin besar RAM tentunya akan semakin mudah kinerja ponsel. Jika kamu seroang gamer, tentu RAM besar menjadi pilihannya.

Untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar, kamu bisa memilih RAM minimal berkapasitas 4GB dengan memori internal 64GB. Oleh karena itu, pilih kapasitas RAM dan memori internal yang sesuai dengan kebutuhan kamu dalam memilih smartphone. Itulah pentingnya RAM besar untuk menunjang aktivitas gamingmu.

Pastikan Ukuran Layar yang Luas dan Nyaman

Selain RAM besar, memiliki ukuran layar yang luas dan nyaman menjadi pilihan penting dalam memilih HP. Luasnya layar smartphone dapat memberikan kenyamanan yang lebih saat bermain game. Didukung dengan fitur fullview display, dengan warna yang tajam bermain game terasa puas saat menatap layar. 

Pastikan memilih jenis layar dengan tampilan yang memiliki resolusi tinggi dan kerapatan layar grafis sehingga terasa maksimal dan tidak pecah. Tentunya dengan spesifikasi tersebut kamu bisa memilih smartphone yang memiliki resolusi Full HD 1080p dengan kerapatan layar di atas 400 ppi.

Pentingnya Chipset yang Mumpuni

Tahukah kamu bahwa Chipset menjadi salah satu faktor penting yang harus kamu pertimbangkan saat memilih smartphone gaming. Chipset atau system on chip itu sendiri adalah komponen yang terintegrasi dengan komponen lainnya untuk mendukung kinerja smartphone. Performa chipset dalam smartphone diantaranya ada prosesor, GPU, cellular modem, dan pengontrol manajemen perangkat.

Kini sudah mudali banyak jenis chipset yang dilengkapi GPU dengan kinerja tinggi untuk mengolah grafis secara baik. Chipset yang dikenal performanya yang mumpuni diantaranya yaitu Qualcomm Snapdragon 845 seri tertinggi dari Qualcomm. Dengan menggunakan chipset yang memiliki kinerja tinggi tersebut, pastinya kamu dapat menikmati kinerja aplikasi game dengan grafis tinggi secara nyaman.

Memiliki Kapasitas Baterai yang Baik

Selain memilih HP dengan RAM yang besar, yang tidak kalah penting yaitu kapasitas baterai yang baik. Menjalankan aplikasi seperti bermain game sudah dipastikan kegiatan semacam ini akan memakan daya yang cukup banyak, sehingga baterai smartphone akan cepat habis. Jika kamu tidak memilih jenis baterai yang baik dan memiliki daya tahan yang tinggi, maka baterai akan dengan mudah drop. Hal ini jelas akan mengganggu aktivitas kamu dalam bermain game. 

Oleh karena itu, memilih smartphone dengan konsumsi daya secara hemat dan juga kapasitas besar menjadi sebuah faktor penting. Apalagi jika melihat perkembangan teknologi saat ini beberapa smartphone sudah dilengkapi fitur fast charging saat proses pengisian daya. 

Tak Perlu Mahal, Asal Sesuai Bujet

Jangan memaksakan kehendak untuk membeli smartphone yang mahal. Pasalnya saat ini sudah banyak HP murah RAM besar dengan spek dewa yang tidak kalah performa dengan hp flagship pada umumnya. Dengan harga terjangkau, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone gaming terkadang dibandrol dengan harga murah dan terjangkau. 

Oleh karena itu, manfaatkan informasi untuk menemukan jenis smartphone gaming dengan spesifikasi mumpuni namun masih sesuai dengan bujet yang kamu inginkan. 

Nah, itulah beberapa tips memilih HP murah dengan spek dewa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Memiliki smartphone gaming yang memiliki spesifikasi tinggi, namun dengan harga yang sesuai dengan bujet bisa kamu kulik informasinya lebih dalam lagi melalui Ceklist.id. Berbagai informasi terkait dengan HP murah RAM besar juga dapat kamu temukan informasinya  dengan mengunjungi ceksite.id sekarang.


Labels