Kenali Penyebab Kaki Panas dan Cari Solusinya Bersama Sehatq

Setelah pandemi perlahan padam, undangan pernikahan pun sudah mulai silih berganti. Kali ini giliran sahabat kuliah yang mengundang saya untuk menghadiri momen spesialnya. Akhirnya sekian lama menikmati kaos oblong berhari-hari di rumah, kemeja dan jas hasil healing di marketplace selama pandemi terpakai juga. Tanpa pikir panjang, saya pun mengenakan pakaian formal tersebut.

Namun, ada satu hal penting yang terlupakan, yaitu sepatu. Beberapa sepatu pantovel saya sudah mulai mengeras bahkan ada yang berjamur karena lama tak terpakai. Karena tidak sempat untuk memilih tumpukan sepatu yang lainnya, saya terpaksa harus menggunakan sepatu yang ada. Selain kondisinya yang keras, nampaknya ukurannya sangat ngepress sekali.

Awalnya saya masih merasa nyaman saat berjalan, namun lama kelamaan, kaki saya cukup tersiksa dengan tekukan sepatu yang keras, terlebih lagi kondisinya yang keras membuat kaki saya mulai lecet. Acara berlangsung cukup meriah, namun saya harus bertahan menahan rasa sakit di kaki. Hal ini membuat kaki saya mulai sensitif dengan gesekan dan mulai tertekan pada kaki bagian tertentu. Kondisi ini juga yang membuat saya mengalami rasa panas pada kaki.

Banyak dari kita tentunya pernah mengalami kaki panas, penyebab kaki panas ternyata selain alas kaki yang tidak pas, juga dialami oleh orang yang mengalami neuropati diabetik, pengguna alkohol berat, kekurangan nutrisi tertentu, pada masa kehamilan dan menopause, bakteri atau kutu air, terpapar logam berat, kemoterapi, penyakit ginjal kronis, hipotiroidisme, HIV/AIDS, Sindrom Guillain-Barre, Vaskulitas dan Eritromelalgia.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Berhubung saya menggunakan aplikasi kesehatan yang pas untuk mencari informasi terkait kesehatan, langsung saja saya buka aplikasi Sehatq. Dalam aplikasi ini kita dapat mencari informasi terkait keluhan kesehatan yang kita alami, salah satunya yaitu penyebab kaki panas. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan informasinya. Setelah mengetahui penyebabnya, dan ketemulah solusinya. Berikut solusi untuk mengatasi kaki panas.

Merendam Kaki dengan Air Dingin

Air dingin ternyata tidak hanya untuk menyeduh minuman yang segar-segar saja, tapi bermanfaat juga untuk mengatasi kaki panas. Cukup merendam kaki dengan air dingin beberapa menit, kaki pun akan terasa segar dan sejuk kembali. Namun tidak dianjurkan bagi pengidap eritromelalgia ya karena dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Memijat Kaki

Memberikan pijatan pada kaki dapat membantu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Cara ini tentu menjadi pilihan yang mudah sekaligus tidak memerlukan bahan apapun. Cukup memberikan pijatan lembut pada kaki, kamu dapat mengatasi masalah kaki panas dengan mudah.

Mengoleskan krim atau salep khusus

Jika solusi diatas belum bisa meredakan kaki panasmu, coba oleskan krim dan salep khusus untuk mengatasinya. Kandungan yang terdapat dalam krim tersebut akan berguna untuk meredakan rasa nyeri atau kaki panas yang mengganggu. Sebelum mencobanya, kami sarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, jika kamu memiliki kondisi medis tertentu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kaki panas. Jika kamu merasa belum membaik, segera konsultasikan dengan dokter. Kamu dapat langsung berkonsultasi dengan dokter pada aplikasi Sehatq. Selain konsultasi mudah dan cepat, kamu tidak perlu antri mendaftar dan menunggu dokter di Rumah Sakit. Dengan kamu berkonsultasi, kamu akan tahu penyebab kaki panas dan juga mendapatkan solusi terbaik dari dokter. Jika memang penyakit kamu sudah terlalu parah, tentunya dokter akan menyarankanmu untuk segera pergi ke dokter spesialis agar langsung diambil tindakan medis. Semoga bermanfaat.

Labels