Mengenal Mentega Asin Serta Kegunaannya dalam Memasak

Mentega pada dasarnya adalah bahan makanan yang didapatkan dari hasil pengolahan lemak sapi, itulah mengapa ia akan memberikan cita rasa yang lebih gurih serta kaya pada masakan yang dibuatnya. Di Indonesia sendiri produk yang satu ini cukup mudah untuk dijumpai, bahkan juga memiliki banyak jenis, diantaranya yang mungkin sudah tak asing bagi kamu adalah mentega asin atau istilah lainnya adalah salted butter. 

Dinamakan sebagai mentega yang asin sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan dari segi rasa mentega yang satu ini memang cenderung asin, disebabkan oleh kandungan garam yang ada di dalamnya. Pada saat proses pembuatan salted butter ini memang ditambahkan sejumlah garam ke dalamnya, sehingga membuat rasanya lebih asin dan juga gurih, berbeda dengan unsalted butter yang rasanya cenderung tawar. Umumnya penambahan unsalted butter ini kedalam hidangan biasanya akan membuat cita rasa makanan tersebut juga menjadi lebih asin, sehingga tak perlu ditambah lagi dengan garam atau dikurangi jumlah garamnya.

Berikut ini diantara kegunaan dari salted butter yang patut untuk kamu ketahui, yaitu:

1. Digunakan untuk menumis, banyak ibu-ibu rumah tangga yang menambahkan mentega sebagai pengganti minyak dalam tumisan mereka, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih serta kaya, tentunya harus mengurangi jumlah garam yang nantinya akan dipakai.

2. Olesan martabak manis, ia juga dapat digunakan sebagai bahan oles untuk martabak manis atau terang bulan, sebelum menambahkan topping maka biasanya martabak tersebut akan diolesi dengan menggunakan mentega terlebih dahulu, selain untuk mengikat topping juga berguna untuk membuat cita rasanya makin gurih.

3. Ditambahkan dalam pembuatan kue, entah itu pada lapis legit maupun juga kue bolu sampai dengan kue kering yang menginginkan cita rasa butter yang kuat akan memakai salted butter ini. Apalagi dengan penambahan butter sebenarnya akan membuat tekstur dari kue jadi semakin lembut.

Ada beragam merk salted butter ini di toko bahan kue dan salah satu diantaranya yang sangat dikenal karena punya cita rasa nikmat adalah mentega Wisman, bisa kamu beli dengan mudah di Tokowahab.com.

Labels