10 Panduan Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Rapi

Banyak pasangan muda yang mulai memiliki rumah meskipun berukuran kecil. Apalagi dampak pandemi tentu memberikan imbas bagi sebagian orang untuk mengurungkan niat membeli rumah besar. Memiliki rumah walaupun kecil menjadi alternatif karena alasan harganya yang relatif murah. Meskipun berukuran kecil, bukan berarti kita tidak bisa nyaman saat berada didalamnya. Oleh karena itu, persoalan menata rumah pun menjadi hal yang perlu diperhatikan. 

Seringkali ukuran menjadi hambatan untuk mengatur tata letak ruangan dan juga perabotan. Apalagi jika kita sembarangan menempatkan barang, rumah kecil justru akan semakin terlihat berantakan dan juga sempit.

Nah, bagi kamu yang kesulitan menata rumah dengan ukuran mungil, berikut ini 10 panduan menata rumah kecil agar terlihat luas dan rapi:

  1. Gunakan Perabotan Multifungsi
  2. Minimalisir Sekat dalam Rumah
  3. Maksimalkan Penyimpanan Vertikal
  4. Pilih Cat atau Wallpaper Minimalis
  5. Gunakan Box untuk Menyimpan Barang
  6. Sesuaikan Ukuran Perabotan dengan Rumah
  7. Manfaatkan Pintu Sebagai Tempat Penyimpanan
  8. Maksimalkan Penggunaan Klem Kabel
  9. Menyimpang Barang dalam Barang
  10. Rutin Membereskan Rumah

1. Gunakan Perabotan Multifungsi

Banyaknya perabotan yang berada di dalam rumah kecil tentu menjadi persoalan utama. Selain membuat ruangan berantakan juga seolah terlihat sempit dan kecil. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dapat menggunakan perabotan multifungsi atau peralatan yang memiliki fungsi ganda seperti meja makan yang dapat dilipat setelah selesai digunakan sehingga tidak memakan tempat. Tentunya dengan penggunaan perabot multifungsi dapat membuat menghemat ruangan sekaligus uang.

Kamu juga bisa membeli tempat tidur yang memiliki banyak laci atau kompartemen di bawahnya. Selain kamu dapat menenpatkan barang-barang pada laci di bawah tempat tidur, kamu juga dapat menyimpan pakaian dan berbagai barang sehingga dapat menghemat ruangan untuk lemari.

2. Minimalisir Sekat Pembatas Rumah

Agar rumah terlihat lebih luas, sebisa mungkin minimalisir sekat sebagai pembatas rumah. Terlalu banyak sekat akan membuat ruangan terasa sempit dan semakin kecil. Oleh karena itu sebaiknya biarkan ruangan terlihat tanpa sekat agar pandangan terlihat lebih lega dan luas. 

Namun jika memisahkan ruangan perlu dilakukan, kamu perlu menggunakan furnitur seperti lemari atau rak buku sebagai sekat yang ditata dengan rapi. Untuk opsi lainnya, kamu bisa mengganti sekat ruangan dengan pintu lipat atau gorden yang dapat dibuka tutup dengan leluasa ketika dibutuhkan.

3. Maksimalkan Penyimpanan Vertikal

Ruangan yang seringkali menghabiskan space dengan banyaknya perabotan adalah dapur. Oleh karena itu, untuk mengakalinya kita perlu memiliki rak yang tinggi dengan sekat dan laci untuk menyimpan perabotan tersebut. Setelah itu susun bumbu dapur dan peralatan memasak lainnya dapat dikelompokan dan diurutkan berdasarkan benda yang paling sering digunakan.

Selain menghemat cukup banyak tempat, menggunakan penyimpanan vertikal juga dapat membuat kamu lebih mudah menemukan barang yang hendak kamu cari.

4. Pilih Cat atau Wallpaper Minimalis

Penggunaan warna cat tembok atau motif wallpaper yang tidak tepat dapat membuat rumah mungil kamu terlihat makin sempit. Meskipun terkesan agak sepele, perlunya kamu memilih warna cat ruangan atau wallpaper interior yang cerah agar terlihat elegan dan bersih. Pilihlah warna-warna minimalis seperti putih, abu-abu, pastel, dan krem yang dapat memberikan kesan ruangan lebih luas. 

Cara menata rumah kecil agar rapi ini akan memberikan kesan lega pada ruangan. Bahkan, warna krem yang dipadukan dengan perabotan kayu dapat menimbulkan kesan hangat dan nyaman, lho.Sebaliknya, hindari penggunaan wallpaper dengan motif besar dan aneka warna yang terlalu mencolok. Wallpaper dengan terlalu banyak warna yang menabrak furnitur ruang dapat menimbulkan kesan berantakan dan sempit. 

5. Gunakan Box untuk Menyimpan Barang

Selanjutnya, barang-barang kecil seperti mainan anak yang tidak ditata dengan benar dapat membuat ruangan terlihat berantakan. Selain itu, barang yang tercecer akan membuat kamu sulit mencarinya ketika dibutuhkan. Tentu kamu memerlukan box mainan untuk menyimpan mainan tersebut.

Solusinya lain, kamu dapat membeli kotak penyimpanan atau box untuk meletakkan barang-barang tadi dan pisahkan sesuai kategori. Terapkan juga pada pakaian kecil seperti kaos kaki atau pakaian dalam agar lemari terlihat lebih rapi

6. Sesuaikan Ukuran Perabotan dengan Rumah

Tanpa disadari, perabotan besar juga membuat ruangan menjadi lebih sempit. Seringkali kita membeli perabotan besar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan. Sebagai contoh, jika ukuran ruang tamu tidak terlalu besar, hindari membeli sofa dengan ukuran yang bersar. Kamu dapat memilih ukuran sofa yang lebih kecil sehingga masih tersisa tempat untuk meletakkan barang lainnya.

Tidak hanya lebih sedap dipandang, cara menata rumah kecil biar rapi ini juga berguna untuk menyisakan ruang gerak bagi kamu dan keluarga.

7. Manfaatkan Pintu Sebagai Tempat Penyimpanan

Agar rumah terlihat lebih rapi dan luas kamu perlu memanfaatkan pintu sebagai penyimpanan. Seringkali peralatan pembersih rumah yang cukup banyak memakan banyak tempat. Nah, salah satu caranya yaitu dengan memasang gantungan atau rak kecil di belakang pintu kamar mandi atau ruang cuci. Kamu bisa menempatkan rak khusus sabun, sikat kecil, handuk, cairan pembersih meja, dan sebagainya. Kini, tidak ada lagi alasan kamu lupa meletakkan peralatan mandi, bukan?

8. Maksimalkan Penggunaan Klem Kabel

Kabel yang berantakan seringkali tidak enak dipandang. Selain, kabel terebut berpotensi mencelakai orang yang melintas. Oleh karena itu, manfaatkanlah klem kabel dan juga kabel ties untuk merapikan kabel yang berantakan. Agar tetap terlihat estetik, kamu bisa menyamarkan klem kabel dengan menyamakan warnanya dengan kabel yang ada. Terapkan juga pada charging ponsel atau menyatukkan 2 rak gantung agar tidak mudah berubah posisi.

9. Menyimpan Barang dalam Barang

Panduan selanjutnya agar rumah tampak lega yaitu dengan strategi menyimpan barang. Perabotan besar dalam rumah memang sangat menyita tempat, oleh karena itu kita harus menggunakan strategi untuk meringkasnya dengan menyimpan barang didalam barang. Manfaatkan perabotan besar tadi untuk menyimpan benda kecil ke dalam  barang tersebut. Contohnya, gunakan panci berukuran besar yang jarang digunakan untuk menyimpan mangkuk atau panci lain berukuran kecil.

Trik ini akan membuat ruangan terlihat lebih rapi dan ketika diperlukan, kamu dapat mengetahui dengan mudah kemana harus mencari.

10. Rutin Membereskan Rumah

Langkah terakhir yang tak kalah penting yaitu dengan rutin membereskan rumah. Buatlah jadwal rutin untuk membereskan dan merapikan benda-benda di dalam ruangan. Kegiatan ini akan membantumu untuk memilah barang mana yang masih bisa terpakai atau dapat disumbangkan. Selain itu, kamu akan dengan mudah mengelola barang yang ada dengan baik. 

Itulah serangkaian panduan dalam menata rumah yang kecil. Sudah tidak ragu lagi kan untuk membeli rumah meskipun kecil. Memiliki rumah sendiri dengan ukuran kecil tentu akan nyaman saat mengaturnya. Tidak ada alasan untuk tidak memiliki rumah meski dengan buget yang minim.

Nah, bagi kamu yang menginginkan rumah kecil dan sederhana, kamu bisa menemukan pada platform realestate yang menjual rumah kecil. Untuk perhitungan biaya tentunya bisa kamu atur sedemikian rupa untuk membayarnya. Ketika kamu memiliki rumah kecil, kamu bisa menerapkan panduan menata ruang di atas agar rumahmu terasa lebih rapi dan luas.

Labels