Merintis Usaha Clothing Line Menyambut Berkahnya Ramadhan

Ramadhan kali ini tentunya berbeda dengan ramadhan sebelumnya. Jika ramadhan sebelumnya saya hanyalah seorang pengangguran, namun ramdahan t...

Ramadhan kali ini tentunya berbeda dengan ramadhan sebelumnya. Jika ramadhan sebelumnya saya hanyalah seorang pengangguran, namun ramdahan tahun ini ada sesuatu yang bisa saya kerjakan. Saya tidak lagi meratapi nasib menjadi pengangguran, tetapi masih ada harapan yang saya harus perjuangkan untuk menjadi seorang entrepreneur.

Kisah ini berawal saat pandemi merengkuh segala kehidupan saya. Sejak awal pandemi perusahaan tempat saya bekerja memutus hubugan kerja sejumlah karyawan termasuk saya. Kehidupan pun menjadi semakin rumit. Segala kebutuhan hidup sulit di dapat, mencari pekerjaan pun serasa sia-sia. Tak hanya kehilangan pekerjaan, saya pun harus rela kehilangan orang yang paling saya cintai. Saya harus merelakan Ibunda tercinta pergi ke haribaan-Nya akibat terpapar virus Covid-19. Saya pun semakin tak berdaya.

Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambaNya. Saya yakin dan percaya bahwa kita semua bisa melalui pandemi ini. Pastinya semua akan mendatangkan hikmah di setiap kesabaran dan ketabahan dalam menjalani musibah ini.

Sebelum ramadhan, saya mencoba bangkit dengan merintis usaha clothing line atau sablon kaos. Dengan modal dari sisa tabungan, saya nekad merintis usaha sablon meski di tengah pandemi. Meski pada awalnya ekspektasi berbanding terbalik dengan realita, namun semua menjadi lebih mudah karena saya menjalani usaha karya anak bangsa ini atas dasar passion dan beberapa alasan sebagai berikut.

Berbekal dari Bakat dan Potensi Diri

Hobi menggambar dan mecorat-coret buku mengantarkan saya menjadi seorang pecinta seni, dari sinilah saya mulai mengembangkan potensi diri. Bakat terpendam mengolah ide menjadi gambar yang menghasilkan visual menarik menjadi potensi besar dalam diri saya. Potensi inilah yang kemudian berkembang menjadi keahlian saya dibidang desainer grafis.

Berbekal dari bakat dan potensi diri inilah saya ingin memiliki usaha yang dapat dikembangkan dari keahlian yang saya miliki. Melihat peluang usaha clothing line dikalangan pemuda yang semakin marak dan berkembang akhirnya saya memutuskan untuk merintis usaha clothing line berbasis sablon digital. 

Merupakan Usaha yang Sesuai Passion

Alasan lain yang mendorong saya merealisasikan usaha clothing line yaitu karena usaha ini merupakan pekerjaan yang sesuai dengan passion saya. Berbagai proses produksi mulai dari design hingga proses cetak, meskipun cukup melelahkan, namun saya sangat menikmatinya. Saya rasa inilah pekerjaan yang sesuai dengan passion, menikmati setiap pekerjaan tanpa merasakan beban.

Tentunya bisnis yang sesuai dengan passion tidak hanya membantu saya untuk “bertahan” terhadap tantangan bisnis, melainkan menyemburkan ide dan membakar energi untuk terus berkarya dalam mengembangkan bisnis itu sendiri.

Bidang Usaha yang Tak Pernah Mati

Saya masih teringat dengan alasan Ayah saya menjadi seorang penjahit, yaitu karena semua orang membutuhkan pakaian, karena pakaian itu dijahit, dan itu artinya menjadi seorang penjahit akan selalu dibutuhkan setiap orang. Itu sama halnya dengan usaha yang saya geluti dibidang fashion, karena saya yakin bidang usaha ini tak akan pernah mati. 

Selain usaha clothing line merupakan usaha yang tak pernah mati, usaha ini juga minim resiko karena menjalankannya kita hanya menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Jadi resikonya hanya sebatas stok sisa atau belum laku terjual. So, usaha ini menjadi pilihan kawula muda seperti saya.

Menjadi Platform untuk Berkarya

Selain saya bisa mengekspresikan ide design saya, usaha ini juga bisa menjadi platform siapa saja untuk terus berkarya. Tak hanya sekedar bergelut menciptkaan design, bahkan bisa juga menciptakan model fashion kekinian dengan berbagai perpaduan design, bahan, model dan berbagai pernak-pernik lainnya sesuai kebutuhan kawula muda. 

Tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi saya jika karya saya dikenakan oleh banyak orang. Setiap karya, tentunya ada pesan dibalik design yang terpampang jelas pada setiap medianya. Design inilah yang tanpa sadar bisa mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan sesuai pesan dari design yang diterimanya. 

Berbagi dan Mengantarkan Kebahagiaan 

Satu goal yang menjadi fokus saya dalam merintis usaha ini yaitu bisa berbagi dengan semua orang. Banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi, semoga saja usaha ini bisa berbagi dengan membuka lapangan pekerjaan. Tak sedikit orang yang tidak percaya diri dengan penampilan, semoga saja design yang kami ciptakan mampu memancarkan sikap percaya dirinya.

Selain berbagi, saya juga ingin setiap karya mampu mengantarkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Setiap design mampu mengantarkan pesan yang tersirat dalam setiap karya. Dan orang yang mengenakan produk kami menjadi semakin semangat dalam menjalankan kehidupan ini. Semoga! 

Itulah beberapa alasan yang melandasi saya dalam menciptakan usaha clothing line. Meskipun saat ini UMKM banyak yang gulung tikar akibat dilanda pandemi, namun selalu ada hikmah di setiap peristiwa. Hikmah yang saya dapatkan yaitu saya bisa belajar dari setiap kegagalan yang saya alami.

Belajar dari Kegagalan

Setiap kita tentunya pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Sebelum usaha clothing line, saya pernah mengalami beberapa kegagalan dalam berbisnis. Dari sebuah kegagalan tersebut tentu saya belajar banyak hal untuk terus memperbaiki diri dalam mengatur sebuah usaha. Saya juga sudah mempersiapkan strategi bisnis yang cocok untuk mengembangkan bisnis clothing line ini. Beberapa strategi bisnis telah saya persiapkan yaitu sebagai berikut:

1. Menciptakan ide design yang kreatif

Kawula muda saat ini sangat tertarik dengan design yang unik dan menarik, apalagi design tersebut menjadi trend di kalangan generasi muda. Ada beberapa trik khusus dalam menciptakan design yang menarik mulai dari Reference Idea, Drawing Sketch, Colouring, dan yang terakhir adalah Applying to Media.

2. Menentukan segmentasi, lokasi dan target pasar

Membangun sebuah bisnis tak hanya sekedar produksi saja, melainkan juga harus memikirkan setiap seluk-beluk bisnis mulai dari segmentasi pembeli, lokasi bisnis yang strategis hingga target pasar yang menentukan siapa pembeli produk kita. Karena usaha ini di bidang clothing line jadi untuk target pasar yaitu semua kalangan terutama generasi milenial. 

3. Menentukan kualitas & kapasitas produksi

Kualitas sangatlah penting dalam sebuah usaha, apalagi sebagai pemula. Jika kualitas produk bagus, tentu pelanggan akan lebih memprioritaskan produk kita. Jika kualitas produk menurun tentu banyak pelanggan kita yang akan kecewa. Jadi menjaga kualitas adalah prioritas. Soal kuantitas juga perlu untuk diperhitungkan agar kesepakatan sesuai dengan waktu yang ditentukan. So, ini menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan, jangan sekali-kali menerima orderan dengan kapasitas besar atau diluar dari kemampuan kita. Ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan terhadap kita.

4. Marketing produk secara digital

Teknologi internet yang terus berkembang, mewarnai serangkaian cara untuk mempromosikan suatu usaha. Jangkauannya lebih luas daripada pemasaran manual, apa salahnya kita mencoba beralih ke internet marketing agar segala terget market terpenuhi. Apalagi sudah banyak marketplace yang menyediakan lapak untuk kita menjajakan produk serta berjualan di dalamnya.

5. Memilih Kurir yang Tepat

Jika produk yang kita miliki sudah berkualitas, tentunya ada yang perlu dijaga selain kualitas, yaitu ketepatan dan kecepatan delivery produk ke pelanggan. Banyaknya pelanggan yang komplain soal pengiriman barang kini menjadi permasalahan serius yang dialami setiap UMKM dengan toko onlinenya. Oleh karena itu kita harus memilih jasa delivery yang tepat dan berkualitas. Rekomendasi jasa pengiriman terbaik untuk mendukung UMKM yaitu JNE Express

JNE Express selain merupakan jasa pengiriman yang tepat dan terbaik di Indonesia juga menghadirkan berbagai promo dan diskon menarik selama bulan ramadhan, tak hanya itu JNE juga mendorong berbagai UMKM dengan pengiriman gratis ongkir ke seluruh plosok Indonesia. Semoga JNE terus berkiprah dalam mendukung UMKM karya anak bangsa seperti usaha yang saya miliki saat ini. JNE Express pun siap mengantarkan kebahagiaan.

Menyambut Berkahnya Ramadhan

Tak ada perjuangan yang sia-sia jika kita fokus pada apa yang ingin kita capai. Begitu juga saat saya merintis usaha sablon kaos ini dengan jeripayah. Meskipun pada awalnya sulit, namun seiring berjalannya waktu, kita akan mendapatkan hikmah dibalik perjuangan kita. 

Ramadhan kali ini tidak hanya mengajarkan kita tentang bersabar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga mengajarkan kita bersabar menanti pelanggan, bersabar saat berkarya dan bersabar menunggu tanggapan dan testimoni baik dari pelanggan kita.

Berkahnya ramadhan tentu akan banyak orang yang mulai mencari fashion untuk dikenakan saat lebaran tiba. Tak menutup kemungkinan UMKM yang sedang kami rintis menjadi salah satu rekomendasi bagi kaum kawula muda. Tentu ini keberkahan bagi kami yang mampu mengantarkan kebahagiaan kepada setiap orang yang membeli produk kami.

Semoga saja ramadhan tahun ini menjadi titik awal kebangkitan UMKM di seluruh Indonesia. Menjadi bangkit dan terus bertahan melawan pandemi. Terus berjaya UMKM Indonesia.

#JNE #JNERamadhan2021 #BlogBerkahRamadhanAntarkanKebahagiaan #BahagiaBersama

*Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi JNE Express Blog Competition

COMMENTS

Name

#BeMoreProductive,1,6th Indonesian Pearl Festival 2016,1,Adobe Premier Pro,1,Asusintel,1,Award,1,Babasal Mombasa,1,Backsound,2,Balancing,1,Bangga di Banggai,1,Be Gravitasi,1,Bebas Bayar,1,Bengkel Mobil,1,Bika Bogor,1,Bika Bogor Talubi,1,Biznis,1,Blog Design,17,Blogger,33,Bumper,1,CC 2015,1,Citra Maja Raya,1,Co-working Space,1,Colidan,1,Competition,32,Competition DEV+,1,Copywriting,1,Corel Draw X7,1,Coreldraw,1,CV Design,1,Cyko Handbreak,1,dealoka,1,Design Blog,1,Designer,5,Digital Marketing,1,Domain,1,Dotcomforme.com,1,DUMET School,1,Education,6,Ekspresikan Dirimu,1,Elevenia,1,Excite Shop,1,FestHAM2016,1,Fintech,1,Footer,1,Forumula AIDA,1,FSB,1,Goverment PR,1,HAnavi,1,Header,6,Himawan Putra,1,HIS Travel Indonesia,1,Hosting,1,hostinger,1,HRIS Software,1,Hunian Murah,1,Indramayu Kota Budaya,1,Influenzer,31,Inspirasi Astra,1,JIBB,1,Jual Rumah,1,Kuliner Bogor,1,Kursus Editing Video,1,Lawan Neuropati,1,LinovHR,1,Luna Smartphone,1,Main Post,3,Marketz,3,Meeting Room,1,Menulis Konten,1,Milkshake,1,Motion Graphic,2,Neurobion,1,Neuropati,1,Niagahoster,1,Obat maag paling ampuh,1,Office Room,1,Oleh-oleh Bogor,1,Oleh-oleh Khas Bogor,1,Paket Meeting,1,Panduan Blog,1,Pesona Jawa Tengah,1,Plugin,1,Pop Ice,1,Ralali.com,2,Review,29,Ruang Kantor,1,Ruang Meeting,1,rukamen,1,Serumah.com,1,sewa apartemen,1,Shop n Drive,2,Shopee,1,Sidebar,8,Sidoarjo,1,Skyscanner,1,Software,3,Sound Effect,2,Sponsor,14,Spooring,1,Storylio,1,Tempat Kursus Digital Marketing,1,THRBIGRAMADHAN,1,Tips Blogging,12,Tips Design,3,Travel,8,Traveloka,2,Tutorial Blog,1,Tutorial Motion,1,Vector,1,Video Editor,5,Video Effect,1,Visit Tidore Island,1,Wordpress,1,XWORK,1,Youtuber,7,
ltr
item
Artadhitive | Daily Art Creator: Merintis Usaha Clothing Line Menyambut Berkahnya Ramadhan
Merintis Usaha Clothing Line Menyambut Berkahnya Ramadhan
https://1.bp.blogspot.com/-2aFBwL6xuPg/YIbuxdei9II/AAAAAAAABPg/49Y0BXZFnMAvtbJNyE-PttToeBnMvjz9ACLcBGAsYHQ/w640-h426/lampu-ramadhan-karim-.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2aFBwL6xuPg/YIbuxdei9II/AAAAAAAABPg/49Y0BXZFnMAvtbJNyE-PttToeBnMvjz9ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/lampu-ramadhan-karim-.jpg
Artadhitive | Daily Art Creator
https://www.artadhitive.com/2021/04/merintis-usaha-clothing-line-bersama-JNE.html
https://www.artadhitive.com/
https://www.artadhitive.com/
https://www.artadhitive.com/2021/04/merintis-usaha-clothing-line-bersama-JNE.html
true
9208609652601285124
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy