Asik dan Seru! 5 Money Games Unik untuk Melatih Kecerdasan Sang Anak

Apakah anak boleh bermain game? Pertanyaan tersebut sering kali muncul dalam sebuah parenting. Bermain game tentu memiliki dampak baik positif maupun negatif. Game akan berdampak negatif jika para orang tua tidak mampu mengawasi sang anak. Namun, jika anak diberikan pengawasan dan pemahaman yang baik dalam bermain game tentu akan mampu memberikan dampak positif bagi anak.

Banyaknya game telah berkembang dari yang sebelumnya hanya permainan biasa hingga berubah menjadi game online seiring perkembangan teknologi. Game online ternyata juga memiliki peranan penting sebagai media belajar anak. Banyaknya game online yang bekembang di tengah masyarakat harus betul-betul mampu memberikan dampak positif bagi anak. Salah satu game online yang wajib Anda ketahui bagi para orang tua yaitu game online menghitung.

Game online menghitung adalah jenis game yang memerlukan pemain untuk menghitung secara akurat untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan dalam permainan. Jenis game ini dapat berupa game matematika, game puzzle, game strategi, atau game lainnya yang memerlukan pemain untuk menggunakan keterampilan matematika dan hitungan untuk mencapai kemenangan dalam permainan.

Dalam game online menghitung, pemain dapat memperbaiki kemampuan hitungannya, meningkatkan pemahaman tentang operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah matematika. Game online menghitung dapat menjadi cara yang menyenangkan dan interaktif untuk memperbaiki keterampilan matematika seseorang.

Bermain game dapat memberikan banyak manfaat bagi anak, seperti meningkatkan keterampilan kognitif anak, misalnya keterampilan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, logika, kreativitas, dan pemikiran kritis. Selain itu juga dapat mengembangkan keterampilan sosial, karena beberapa game memungkinkan anak untuk bermain dengan orang lain, baik secara online maupun offline. Dalam prosesnya, anak dapat mengembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama tim, komunikasi, dan menghargai perbedaan.

Bermain game juga mampu meningkatkan keterampilan motorik, misalnya game yang melibatkan gerakan fisik, seperti game olahraga atau game yang membutuhkan tangan untuk bergerak secara cepat. Dalam prosesnya, anak dapat meningkatkan keterampilan motoriknya. Serta dapat menambah pengetahuan misal membantu anak menambah pengetahuannya di berbagai bidang.

Terdapat banyak sekali money games yang dapat membantu melatih kecerdasan anak. Berikut adalah beberapa contohnya:

Cash Back

Cash Back adalah permainan di mana pemain memberikan kembalian yang benar kepada pelanggan menggunakan uang kertas dan koin. Langkah awal sebelum melakukan permainan ini pastikan kamu memilih untuk menonton tutorialnya, jika sudah paham kamu bisa lanjut untuk memainkannya. Cara bermainnya cukup mudah yaitu dengan memilih pengaturan yang ingin kamu mainkan termasuk tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit), petunjuk, dan jika kamu ingin menunjukkan jumlah perubahan. 

Selanjutnya yaitu pilih tagihan dan koin yang diperlukan untuk menjumlahkan dengan benar jumlah perubahan pelanggan. Ketuk tombol "beri perubahan" untuk melalukan perubahan. Jawab pertanyaan sebanyak mungkin dengan benar sampai kamu kehabisan waktu. Kamu dapat menjawab pertanyaan dengan berbagai kombinasi uang yang berbeda selama jumlah total akhir sesuai dengan perubahan yang jatuh tempo.

Treze Coins

Permainan yang sati ini meupakan permainan penambahan uang sederhana di mana anak-anak menambahkan koin untuk disetorkan ke sebuah mesin. Kamu juga bisa memilih bahasa pada permainan tersebut berdasarkan bendera negara yang sering dikaitkan dengan bahasa populer. Pilihannya meliputi bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Prancis.

Langkah selanjutnya pilih denominasi koin mana yang ingin Anda gunakan. Pilihan Anda adalah: 1, 1 dan 10, atau 1 dan 5 dan 10. Lihat jumlah yang ditampilkan di bagian tengah atas layar dan klik koin dari area bawah untuk memasukkan koin yang berjumlah jumlah tersebut. Ketika kamu telah menambahkan jumlah koin yang benar, klik pada mesin untuk memasukkan koin. Jika kamu perlu melakukan perubahan, ada konverter koin di pojok kanan bawah. Terus beli permen karet sampai kamu kehabisan uang.

Supermarket Numbers

Permainan yang satu ini berkaitan dengan latihan aritmatika. Pada sudut kiri atas permainan terdapat angka. Di awal permainan kebanyakan blok adalah blok tambahan. Jika sebuah blok tidak memiliki simbol di atasnya, operator numerik defaultnya adalah penjumlahan. Pilih blok yang mencoba menambahkan hingga sasaran numerik yang ditampilkan. Saat kamu melanjutkan permainan, blok tambahan ditambahkan dengan fungsi seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Selanjutnya kamu harus memilih setidaknya satu blok tanpa operator sebelum dapat memilih blok perkalian atau pembagian. Saat kamu memilih blokir persamaan yang ditunjukkan di bawah nomor tujuan berubah untuk mencerminkan pilihan kamu. Isi meteran keranjang belanja hingga 100% untuk melanjutkan ke tahap berikutnya & mainkan semua 10 level.

LEGO City Adventures Build And Protect

Seperti permainan yang biasa kita mainkan, permainan LEGO City Adventures ini bertujuan untuk melatih keterampilan kita dalam menemukan solusi. Bangun gedung-gedung yang dibutuhkan untuk menciptakan kota metropolis yang berkembang. Kemudian gali minipiece tersembunyi yang dapat digunakan untuk membangun jenis bangunan unik yang tersedia di setiap zona. Kumpulkan pajak dari setiap bangunan untuk mendanai pengembangan lebih lanjut & lebih banyak penggalian. 

Setiap bangunan mengharuskan kamu memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membelinya bersama dengan minipiece yang dibutuhkan. Lalu, buka kunci masing-masing dari enam zona kota dengan mengisi setiap zona dengan 25 bangunan. Setiap zona memiliki kepingan LEGO yang unik dan tipe bangunan dengan jadwal perolehannya sendiri. Pastikan setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran sehingga kamu dapat melindungi warga. Jangan lupa padamkan api dan hentikan perampokan untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Hero Elementary Treehouse Trouble

Untuk melatih ketangkasan anak, permainan Hero Elementary Treehouse Trouble sangat cocok dimainkan yang secara tidak langsung akan melatih anak untuk belajar fisika sederhana. Struktur permainan ini terdapat dua level pertama yang berfungsi sebagai tutorial, karena awalnya hanya level pertama yang dibuka, tetapi saat kamu maju melalui permainan, kamu dapat membuka banyak jalur di dalam setiap zona jadi jika kamu terjebak pada level tertentu, kamu dapat mengambil jalur alternatif dan kemudian kembali untuk menyelesaikan level yang terlewat. Mainkan melalui 22 level yang tersebar di 3 area: Hero Elementary, Downtown, dan Citytown Park.

Itulah beragam permainan money games yang dapat melatih ketangkasan dan kecerdasan anak yang dapat diakses melalui browser. Sangat mudah digunakan dan hanya membutuhkan jaringan internet. Praktis juga karena kamu tidak perlu instal aplikasi dan cukup berkunjung melalui browser. Semoga bermanfaat.

Labels