Lima Sekolah Dasar Islam Terbaik di Kelapa Gading

Sebagai orang tua tentu menginginkan sang buah hati bersekolah sekolah terbaik. Hingga memilih SD Islam Terbaik seringkali membuat orang tua dilema. Apalagi menimbang setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Terlebih lagi jenjang Sekolah Dasar yang akan menghabiskan 6 tahun waktu pendidikan. Berikut ini daftar lima Sekolah Dasar Islam terbaik di Kelapa Gading.

1 SD IT Al Huda

SDIT Al Huda terletak di Kompleks BCS, Jl. Musik Raya No.2, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Memiliki visi Terwujudnya pendidikan dasar Islam yang modern dan profesional sehingga mampu mencetak peserta didik yang sehat, cerdas, kreatif, mandiri, berakhlak mulia dan penghafal Al-Qur’an. Menjadikannya sebagai satu dari 5 SD Islam Terbaik di Kelapa Gading.


Demi mencapai generasi yang taat beribadah dan berakhlakul karimah, SDIT Al Huda menerapkan sistem pendidikan yang terintegrasi Al-Qur’an dan Sunnah. Metode menghafal Al Quran yang kembangkan secara khusus untuk mendidik generasi muslim dan muslimah yang saleh, cerdas, kreatif dengan staf pendidik yang profesional, metode belajar social care, hingga event dan perlombaan lainnya.


2 SDIT Al Mu'min


SD Islam Terbaik selanjutnya berada di Jl. Bangun Cipta Raya No.16 A, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Sumbangsih prestasi akademik dan non akademik siswa-siswinya menjadikan SDIT Al Mu’min menjadi salah satu rekomendasi SDIT di Jakarta. 


Di sisi fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap, penamaan dan metode pengajaran karakter iman menjadi pendidikan yang utama di sekolah ini. Siswa juga diberikan standar Tahfidz 3 juz baik tartil maupun muqim Al Quran dengan metode Ummi Penanaman holistik. Siswa bisa memilih ekskul mulai dari Robotic, Tahfidz Club, English Club, Sains Club, Futsal, Silat, Pramuka, Memanah, Renang, Marawis, Hadroh, dan lain sebagainya.


3 SDIT Al Barkah (MI) 


SDIT Al Barkah yang berada di area Jl. Teguh Raya Selatan,Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara menjadi SD Islam Terbaik yang patut dipertimbangkan untuk tempat bersekolah berbasis islam di Kelapa Gading.


Melalui metode rohani dan hafalan Al Quran yang diterapkan SDIT Al Barkah mendorong siswa untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang siap menghadapi era kecanggihan teknologi dengan menerapkan prinsip islami dan akhlak terpuji. 


4 SDI Al Azka


SDI AL Azka berada di Jl. Boulevard Timur No.1,  Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Sebagai SD Islam Terbaik, SD Islam Alazka mengedepankan pendekatan humanistic terhadap siswa-siswinya demi memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda setiap bakat peserta didik. 


karena setiap anak memiliki minat dan bakat yang istimewa. Pada usia SD, anak membutuhkan keteladanan yang kuat, untuk itu para pendidik dituntut untuk selalu memberikan tuntunan dengan sikap dan perilaku positif yang tulus. 


Guru-guru SD Islam Al Azka menekankan kemampuan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, penuh kehangatan dan keakraban. Hal ini sebagai kebutuhan keteladanan yang baik dari para pendidik untuk siswa-siswinya baik segi agama maupun ilmu formal.


5 MI Nur At Taqwa


MI Nur At Taqwa menjadi SD Islam Terbaik berikutnya yang masuk ke dalam daftar sekolah unggulan. Lokasinya berada di Jl. Pegangsaan Dua, KM 4 Pegangsaan Dua Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Sekolah dilengkapi dengan ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, lapangan olahraga, masjid, kantin dan fasilitas lainnya.


Adapun pelajaran yang diberikan meliputi semua mata pelajaran wajib sesuai kurikulum nasional dengan tambahan nilai-nilai agama Islam dengan staf pengajar guru yang kompeten pada bidang pelajarannya sehingga berkualitas.


Sayangnya memilih sekolah untuk buah hati tidak cukup dengan melihat status SD Islam Terbaik saja. Poin yang tidak kalah penting yaitu memastikan sekolah pilihan orang tua benar-benar menerapkan pembelajaran agama dan akhlak yang baik. Pelajari dan riset lebih rinci mengenai kurikulumnya dan sebaiknya pilih sekolah yang pelajaran agamanya banyak dan padat seperti SDIT Al Huda.


Sebagai orang tua, jangan sungkan untuk bertanya kepada Bapak/Ibu Guru seputar program yang ada di sekolah tersebut. Apa saja ekskul yang tersedia, cakupan kegiatan sekolah, target pengetahuan atau hafalan siswa ketika lulus, hingga sistem pembelajaran akhlak dan agamanya. Di SDIT Al Huda sebagai SD Islam Terbaik menargetkan peserta didiknya untuk hafal minimal 3 juz Al Quran saat lulus. 


Memilih sekolah yang sudah terakreditasi A juga tidak kalah penting. Biasanya sekolah yang terakreditasi A memiliki fasilitas dan manajemen sekolah lebih baik. Cari informasi juga tentang rekam jejak sekolah baik melalui media sekolahnya, bertanya kepada masyarakat setempat, atau kepada alumni dan teman yang anaknya sekolah di SD Islam Terbaik terkait prestasi dan lain-lain. 







Labels