Ketahui Manfaat Menabung dan Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

(Image: Unsplash.com)

Sejak kecil seringkali kita diajarkan untuk menabung sejak dini. Melatih menabung sejak dini merupakan langkah awal agar kita terbiasa hidup hemat. Bahkan manfaat menabung sudah tidak terbantahkan. Hanya saja, banyak orang yang masih belum mampu membiasakan diri disiplin menabung secara rutin. Pada kenyataannya banyak yang gagal menjalankan kebiasaan untuk mengatur keuangan yang baik ini.

Membiasakan diri agar disiplin dalam hal menabung memang membutuhkan upaya khusus agar menabung menjadi kebiasaan yang baik. Oleh karena itu, mengetahui manfaat menabung dan cara atau strategi dalam mengatur keuangan menjadi langkah tepat agar menabung menjadi kebiasaan yang tidak lagi sulit dijalankan secara rutin.

Manfaat Menabung yang Terlupakan

Menabung merupakan aktivitas baik dalam mengelola keuangan. Secara garis besar menabung pada dasarnya yaitu menyisihkan sebagian pendapatan untuk mengantisipasi kebutuhan yang akan datang, baik yang terduga maupun tak terduga. Jika sebelumnya banyak orang yang beranggapan bahwa menabung identik dengan menempatkan uang di rekening bank. Namun, pengertian itu tidak selalu tepat. Akibat inflasi yang sering diabaikan, maka menabung saat ini tidak selalu menyimpan uang di bank, melainkan lebih dari itu seperti halnya investasi.

Jika Anda memiliki dana sebesar Rp1 juta hari ini mungkin akan berbeda nilainya 10 atau 20 tahun mendatang. Dengan demikian, menabung dalam pengertian yang tepat adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan secara memadai dengan memperhitungkan tingkat inflasi jangka panjang.

Maka itu, ada baiknya juga menimbang instrumen lain sebagai "kendaraan" menabung untuk mengimbangi laju inflasi. Misalnya, instrumen investasi seperti reksa dana atau saham, juga Asuransi yang di-bundling dengan fitur tabungan. Saat ini sudah banyak produk Asuransi yang juga dilengkapi fitur tabungan baik untuk tabungan pendidikan anak maupun fitur tabungan hari tua. Jadi, sebaiknya tidak hanya membatasi diri dengan menabung di bank saja, karena manfaat menabung di bank berbeda dengan Asuransi yang memiliki manfaat proteksi dan dilengkapi dengan investasi.

Berikut ini manfaat menabung yang penting untuk Anda catat:

1. Kebutuhan Dana Darurat

Kita tidak dapat memproyeksikan bahaya apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita. Oleh karena itu manfaat menabung yang utama tentu saja untuk membantu mengantisipasi kebutuhan yang datang tak terduga. Dalam keuangan yang sehat, setiap kita perlu memiliki dana darurat yang memadai. Besarnya antara 6-12 kali nilai pengeluaran rutin bulanan. Jadi, bila pengeluaran rutin Anda sekitar Rp7 juta per bulan, maka upayakan memiliki dana darurat minimal sebesar Rp42 juta.

Dana darurat akan membantu ketika mendadak muncul kebutuhan tak terduga seperti atap rumah bocor, anak sakit yang tidak bisa ditanggung oleh Asuransi, atau antisipasi kehilangan pendapatan karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan menabung sebagian pendapatan untuk emergency fund, Anda meminimalisir risiko terjebak pinjaman kala muncul keperluan mendadak.

2. Kebutuhan Terduga Di Masa Mendatang

Setiap kita tentunya memiliki keinginan untuk merencanakan sesuatu di masa yang akan datang seperti halnya memiliki rumah impian, memiliki kendaraan, menikah dan lain sebagainya. Namun, agar bisa mewujudkannya, perlu menabung agar bisa memiliki dana cukup untuk membeli rumah. Ini adalah salah satu contoh kebutuhan terduga.

Contoh kebutuhan terduga lainnya adalah dana sekolah anak, dana liburan tahunan, dan dana mudik lebaran. Kebutuhan terduga ada yang harus dipenuhi dalam jangka pendek, ada juga yang baru perlu dipenuhi dalam jangka panjang. 

Untuk kebutuhan terduga yang baru muncul 5 tahun mendatang, kamu perlu menabung dana di instrumen investasi agar bisa mengantisipasi laju inflasi jangka panjang. Dengan begitu, dana yang ditabung memadai dalam membiayai keperluan tersebut di masa depan.

3. Keamanan Finansial

Berada di zona aman finansial tentunya harapan setiap orang untuk masa depan yang lebih baik. Memiliki tabungan dalam bentuk investasi membuat kamu akan selangkah lebih maju. Ini sudah jelas. Seseorang yang memiliki tabungan ataupun investasi akan lebih tenang dalam menghadapi berbagai peristiwa di masa depan yang sekiranya membutuhkan biaya. Tabungan bisa menjadi sumber dana untuk menutup kebutuhan mendadak tersebut. Sebaliknya, bila kamu tidak memiliki tabungan sama sekali, keuangan berisiko terpapar masalah finansial kapan saja.

Ketika kamu dihadapkan dengan maslah mendadak dengan kebutuhan dana yang harus segera ditutup sedangkan tabungan tidak ada, kemungkinan besar akan melirik pinjaman atau utang untuk menutup kebutuhan tersebut. Karena membutuhkan dana cepat, kamu pun terpaksa mengambil pinjaman berbunga mahal. Alhasil, pinjaman cepat hampir pasti menetapkan bunga tinggi.

4. Tujuan Keuangan Lebih Mungkin Diwujudkan

Agar hidup bebas secara finansial, ada banyak hal yang perlu dipenuhi. Mulai dari dana darurat yang memadai, pemenuhan kebutuhan primer secara layak, memiliki proteksi Asuransi yang cukup, hingga menyiapkan kebutuhan dana pensiun untuk masa tua yang sejahtera. Supaya semua itu bisa diwujudkan, kamu tentu membutuhkan perencanaan keuangan yang tepat supaya pendapatan yang dihasilkan hari ini bisa memungkinkan tujuan keuangan itu terwujud.

Dalam hal ini. kunci penting mewujudkan kesejahteraan finansial adalah memiliki kebiasaan keuangan yang baik, salah satunya yaitu menabung secara rutin hingga investasi. Tanpa kebiasaan menabung, didukung dengan investasi tujuan keuangan yang ingin kamu wujudkan akan sulit dicapai.

5. Cashflow Terkelola Lebih Sehat

Cashflow adalah keterampilan finansial yang perlu dikuasai untuk mengatur keuangan secara baik. Bila kamu ingin mewujudkan keuangan yang sejahtera, penting untuk diingat untuk menabung agar tercipta arus kas yang sehat.

Ketika tidak memiliki tabungan, begitu ada kebutuhan mendesak yang harus terpenuhi saat itu juga, mau tidak mau kita akan memakai pendapatan yang tersisa untuk menutupnya. Padahal, pendapatan tersebut seharusnya digunakan untuk membiayai keperluan lain, misalnya. Tanpa tabungan yang sudah kamu siapkan, arus kas keuangan akan lebih rentan terganggu.

Jadi, manfaat menabung dan investasi sangatlah banyak manfaatnya. Agar tujuan menabung dapat berjalan dengan baik, pastikan kamu juga memiliki investasi agar dapat merasakan keuntungan. Dengan menabung dan investasi, keuangan bisa terkelola lebih sehat dan peluang kamu mewujudkan kesejahteraan finansial di masa depan menjadi lebih besar. Masih ragu dengan tujuan dan manfaat menabung? Yuk, jangan tunda lagi menabung dan investasi untuk masa depan lebih sejahtera.

Labels