4 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mulai Ngeblog

Peluang ngeblog yang masih terbuka lebar dan terus menjanjikan, membuat sejumlah orang ingin menekuni kegiatan menulis. Ngeblog pada dasa...

blogger

Peluang ngeblog yang masih terbuka lebar dan terus menjanjikan, membuat sejumlah orang ingin menekuni kegiatan menulis. Ngeblog pada dasarnya adalah sebuah hobi menulis yang dituangkan dalam sebuah tulisan yang kemudian di publish pada platform digital seperti blogger, medium, wordpress, dll.

Nah, bagi kalian yang ingin membangun sebuah blog, sebaiknya memperhatikan 4 hal berikut ini agar tidak mengalami kegagalan di masa depan :

1. Ngeblog Itu Tentang Menulis
Menjadi bloger itu sama halnya berkomitmen menjadi penulis. Tidak ada hari tanpa menulis. Karena
jika kamu berhenti menulis dalam jangka waktu lama, maka blog lambat laun akan ditinggalkan oleh para pembacanya.

Apabila kalian belum punya pengalaman menulis atau tidak mengetahui apapun tentang dunia
kepenulisan, itu bukan masalah besar. Tentunya selama masih ada niat sungguh-sungguh di dalam hati untuk mempelajarinya.

Jadi, hal pertama yang harus kamu ingat adalah tidak akan ada blog sukses jika kamu masih malas menulis. Begitulah aturan di blogsphere. Semakin besar produktivitas kamu menulis konten-konten blog, pintu kesuksesan akan semakin terbuka. Itulah mengapa kamu harus belajar menulis konten secepat mungkin segera setelah blog pertama kamu tercipta.

2. Ngeblog Itu Tentang Kesabaran
Mungkin kamu pernah mendengar bahwa blog bisa menghasilkan uang dengan cepat. Itu benar. Blog
yang ramai dan populer bisa menjadi mesin uang. Tapi untuk membuat blog yang populer tentu membutuhkan kerja keras dan kesabaran.

Kamu harus terus menulis ketika blog masih sepi pengunjung. Kamu harus terus menulis ketika kamu
sedang tidak mood. Intinya, kamu harus terus konsisten mempublikasikan konten-konten baru di blog
kamu dalam keadaaan apapun.

Pada awalnya saya merasa pesimis dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa Artadhitive tidak akan
berkembang. Namun, saya tetap menulis dan terus menerbitkan konten. Secara perlahan pengunjung blog saya naik dari 20 pengunjung/hari menjadi 50. Kemudian menjadi 100/ hari. Dan hingga saat ini
April 2020, pengunjung Artadhitive bisa mencapai 300 pengunjung/ hari.

Jadi, bersabarlah ketika membangun blog. Jangan putus asa dan berpikir bahwa blog akan cepat
terkenal dalam waktu singkat karena itu hanya akan membuat kamu putus asa. Kecuali kamu jenius,
kamu tidak perlu menghiraukan perkataan saya.

3. Anda Tidak Bisa Sukses Sendirian
Jangan pernah berpikir kamu bisa sukses dengan mengandalkan kekuatan diri sendiri, itu adalah tindakan konyol. Pada tahun pertama saya hanya menulis dan menerbitkan konten saja, alhasil blog berkembang dengan lambat. Dan tak ada seorang pun yang memberitahu saya bahwa ngeblog itu tentang menjalin network dengan bloger lainnya. Itu adalah kesalahan pertama saya dan saya harap kamu tidak melakukannya juga.

Baru di tahun kedua saya mulai membuka diri. Saya berkenalan dan berteman dengan bloger lainnya. Blog saya pun diulas di blog-blog lain. Beberapa konten saya pun menjadi rujukan bloger lain. Perkembangan blog saya menjadi sangat cepat. Bahkan jumlah pengunjung dan komentar terus meningkat tanpa bisa saya kendalikan.

Ingatlah, kamu butuh bloger lain untuk sukses. Semakin banyak jaringan yang kamu miliki, semakin
dekat kamu dengan kesuksesan. Bahkan saya telah membuat project dengan bloger lain. Dan kamu
pun bisa berkolaborasi dalam hal apapun dengan teman-teman ngeblog untuk mempercepat
perkembangan blog yang kamu kelola. Hanya jika kamu bersikap baik kepada bloger-bloger lainnya.

4. Segera Ciptakan Blog Pertama Anda
Baiklah... mungkin kamu sudah membaca puluhan konten sebelum benar-benar menciptakan blog.
Kamu mungkin berpikir bahwa kamu harus merencanakan semuanya dengan detail dan
mempelajarinya semuanya agar semua berjalan lancar. Tapi itu bukan tindakan bijaksana.

Terlalu banyak berpikir dan takut akan kegagalan adalah kesalahan. Saatnya kamu ciptakan blog dan kemudian belajar sambil melewati lika-liku ngeblog. Itu lebih bijaksana. Dan lebih mudah memahami apa yang kamu baca dibandingkan dengan berpikir tanpa melakukan tindakan apapun.

Baca Juga : Pilih Blog Gratisan atau Blog Berbayar?

Itulah, 4 hal yang harus kalian ketahui sebelum mulai ngeblog. Semoga sharing kali ini bermanfaat bagi kalian yang ingin menekuni dunia blogger. Jangan membuang waktu, saatnya ciptakan blog pertamamu. Selamat mencoba!

COMMENTS

Name

#BeMoreProductive,1,6th Indonesian Pearl Festival 2016,1,Adobe Premier Pro,1,Asusintel,1,Award,1,Babasal Mombasa,1,Backsound,2,Balancing,1,Bangga di Banggai,1,Be Gravitasi,1,Bebas Bayar,1,Bengkel Mobil,1,Bika Bogor,1,Bika Bogor Talubi,1,Biznis,1,Blog Design,17,Blogger,32,Bumper,1,CC 2015,1,Citra Maja Raya,1,Co-working Space,1,Colidan,1,Competition,32,Competition DEV+,1,Corel Draw X7,1,Coreldraw,1,CV Design,1,Cyko Handbreak,1,dealoka,1,Design Blog,1,Designer,5,Digital Marketing,1,Domain,1,Dotcomforme.com,1,DUMET School,1,Education,6,Ekspresikan Dirimu,1,Elevenia,1,Excite Shop,1,FestHAM2016,1,Fintech,1,Footer,1,FSB,1,Goverment PR,1,HAnavi,1,Header,6,Himawan Putra,1,HIS Travel Indonesia,1,Hosting,1,hostinger,1,HRIS Software,1,Hunian Murah,1,Indramayu Kota Budaya,1,Influenzer,31,Inspirasi Astra,1,JIBB,1,Jual Rumah,1,Kuliner Bogor,1,Kursus Editing Video,1,Lawan Neuropati,1,LinovHR,1,Luna Smartphone,1,Main Post,3,Marketz,3,Meeting Room,1,Menulis Konten,1,Milkshake,1,Motion Graphic,2,Neurobion,1,Neuropati,1,Niagahoster,1,Obat maag paling ampuh,1,Office Room,1,Oleh-oleh Bogor,1,Oleh-oleh Khas Bogor,1,Paket Meeting,1,Panduan Blog,1,Pesona Jawa Tengah,1,Plugin,1,Pop Ice,1,Ralali.com,2,Review,29,Ruang Kantor,1,Ruang Meeting,1,rukamen,1,Serumah.com,1,sewa apartemen,1,Shop n Drive,2,Shopee,1,Sidebar,8,Sidoarjo,1,Skyscanner,1,Software,3,Sound Effect,2,Sponsor,14,Spooring,1,Storylio,1,Tempat Kursus Digital Marketing,1,THRBIGRAMADHAN,1,Tips Blogging,11,Tips Design,3,Travel,8,Traveloka,2,Tutorial Blog,1,Tutorial Motion,1,Vector,1,Video Editor,5,Video Effect,1,Visit Tidore Island,1,Wordpress,1,XWORK,1,Youtuber,7,
ltr
item
Artadhitive | Daily Art Creator: 4 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mulai Ngeblog
4 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mulai Ngeblog
https://1.bp.blogspot.com/-irkrZsQb7YY/XqpiTR7U4qI/AAAAAAAAAy4/OYh-II_bPNwyoph7KG4X4_mIGnloel31ACLcBGAsYHQ/s1600/blogger.png
https://1.bp.blogspot.com/-irkrZsQb7YY/XqpiTR7U4qI/AAAAAAAAAy4/OYh-II_bPNwyoph7KG4X4_mIGnloel31ACLcBGAsYHQ/s72-c/blogger.png
Artadhitive | Daily Art Creator
http://www.artadhitive.com/2020/04/4-hal-yang-harus-anda-ketahui-sebelum-ngeblog.html
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/2020/04/4-hal-yang-harus-anda-ketahui-sebelum-ngeblog.html
true
9208609652601285124
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy