Rumah Dijual di Sidoarjo, Pilihan Hunian Murah di Kawasan Potensial

photo: portal.sidoarjokab.go.id

Membeli rumah dijual di Sidoarjo bisa jadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari hunian di kota berkembang namun masih memiliki harga terjangkau.

Sidoarjo sendiri adalah salah satu kota penyangga Surabaya, yang notabene adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia, selain Jakarta.

Dan layaknya kota besar, Surabaya juga memiliki permintaan yang tinggi akan hunian. Hal ini tentu tak terlepas dari perkembangannya di berbagai bidang, seperti industri, perdagangan, termasuk juga di sektor pariwisata dan pendidikan.

Dan karena permintaan yang tinggi ini pula, nilai properti di Surabaya juga ikut melesat. Sehingga kemudian banyak yang bergeser ke kota-kota di sekitarnya, termasuk Sidoarjo.

Berada di sebelah selatan Surabaya, Sidoarjo yang secara geografis tampak menyatu dengan ibukota Jawa Timur ini, menjadi salah satu kawasan dengan perkembangan cukup baik sehingga dinilai sangat potensial, khususnya di sektor properti.

Memiliki penduduk hampir 2,3 juta jiwa Sidoarjo kini sudah menjadi sasaran pengembangan properti baik berupa rumah tapak maupun hunian vertikal.

Hal ini juga disebabkan oleh perekonomian Sidoarjo yang mengalami perkembangan di sektor industri dan jasa.

Dan yang jadi andalan utamanya adalah hasil perikanan. Maklum saja, berada dekat dengan Selat Madura, membuat kawasan ini kaya dengan hasil ikan, utamanya adalah bandeng dan udang.

Sementara untuk sektor industri, didukung oleh posisinya yang sangat berdekatan dengan Surabaya yakni sekitar 26km atau 44 menit berkendara.

Begitu juga dengan Pelabuhan Tanjung Perak yang bisa ditempuh dalam 35 menit dan 48 menit ke Bandara Juanda.

Selain itu, industri kecil (UKM)-nya juga berjalan dengan baik, dimana hasilnya berupa barang kerajinan seperti tas, sandal hingga produk kuliner seperti kerupuk.

Ingin Cari Rumah Dijual di Sidoarjo? Ini Berbagai Pilihan Menariknya

photo: pixabay.com
Meski berada dekat ke kota metropolitan dan sudah mengalami kemajuan di berbagai sektor ekonomi, harga hunian di Sidoarjo masih bisa terjangkau.

Buktinya Anda masih bisa menemukan rumah dijual di Sidoarjo harga 150 juta rupiah. Contohnya adalah salah satu rumah di Citra Harmoni, Sidodadi dengan luas 43m2 dan 2 kamar tidur.

Pilihan menarik lainnya dari rumah dijual di Sidoarjo adalah hunian 2 lantai di Mutiara City yang memiliki 2 kamar tidur.

Berada di lingkungan yang nyaman dengan berbagai fasilitas salah satunya adalah club house. Lalu lokasinya juga dekat ke pusat perbelanjaan dan tol serta rumah sakit.
Tersedia berbagai tipe pilihan rumah di sini dengan harga mulai dari Rp 550 juta.
Bicara lokasi strategis, Anda juga bisa pertimbangkan rumah di The Mezzanine Wage. Perumahan yang dikembangkan oleh salah satu developer syariah terpercaya ini dijual dengan harga mulai dari Rp 236 juta saja.

Dan untuk mengetahui info rumah dijual di Sidoarjo lainnya bisa Anda dapatkan secara lengkap di www.99.co/id.

Sebelum Cari Rumah Dijual di Sidoarjo, Ketahui Tips Membeli Hunian Berikut Ini

Mencari dan survei rumah secara online saat ini bisa jadi pilihan yang tepat dan praktis. Apalagi saat ini sudah tersedia situs properti seperti 99.co Indonesia yang akan memudahkan Anda dalam menyeleksi rumah yang akan dicari.

photo: pixabay.com



Tapi apa saja ya, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyeleksi pilihan rumah yang tersedia?

Agar tidak bingung, berikut beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam mencari hunian:

1. Lokasi strategis dan akses mudah
Mencari rumah dijual di Sidoarjo bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan hunian strategis dengan akses yang mudah.

Apalagi transportasi publiknya cukup lengkap, mulai dari angkutan dalam kota, bis, hingga kereta, kapal dan pesawat. Ditambah pula dengan berbagai infrastruktur seperti jalan tol.

Hanya saja, tentu Anda perlu menyesuaikan juga dengan kebutuhan sehari-hari. Artinya, strategis di sini berarti harus bisa menjangkau tempat Anda beraktivitas (kantor atau sekolah) dengan mudah.
Begitu juga dengan fasilitas sosial, seperti pasar, rumah sakit, mal dan sebagainya.

2. Harga yang terjangkau
Salah satu pertimbangan mencari rumah dijual di Sidoarjo tentunya karena harga yang masih relatif terjangkau.

Namun secara spesifik, jika Anda ingin mencari hunian di satu tempat, maka ketahui lebih dulu harga pasaran di sekitar kawasan itu. Karena nilai properti akan berbeda-beda di setiap kawasan.

Jadi, bandingkan harga rumah di kawasan tersebut dengan spesifikasi yang tentuya juga sama, misalnya dari segi luas bangunan maupun fasilitas.

Kalau perlu tanyakan pada sumber terpercaya, misalnya agen properti atau yang lainnya.
Oya, bicara harga, perlu diketahui juga bahwa nilai properti yang ditawarkan bukan semata-mata total nilai uang yang akan Anda keluarkan.

Karena juga ada biaya-biaya lain mulai dari biaya administrasi, pajak, dan lain sebagainya.
Ditambah lagi jika Anda akan mengisi rumah dengan perabotan dan melakukan renovasi misalnya dengan melakukan penambahan ruang dan lain sebagainya.

Jadi, perlu perhitungan yang cermat, termasuk saat menghitung biaya cicilan yang harus Anda keluarkan tiap bulan, karena ini akan jadi beban biaya yang akan dikeluarkan secara rutin dalam jangka panjang.

Kalau perlu, cari informasi ke setiap bank untuk mendapatkan komparasi dan penawaran produk KPR terbaik. Hal yang harus diperhatikan antara lain adalah bunga, tempo cicilan dan sebagainya.

3. Kondisi rumah dan lingkungan
Jika sudah mendapatkan pilihan rumah dengan lokasi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya adalah melakukan survei langsung.

Inilah kelebihannya jika Anda mencari informasi via online terlebih dahulu.

Karena ini akan menghemat waktu dan tenaga, dimana Anda hanya perlu mendatangi pilihan-pilihan yang sudah diseleksi melalui online. Berbeda tentunya jika Anda harus mendatangi setiap lokasi satu per satu.

Dengan survei langsung, Anda bisa mengecek kondisi dan situasi dari rumah tersebut. Anda juga bisa berbincang langsung dengan penjual sehingga bisa melakukan negosiasi dan menanyakan penawaran atau bonus menarik.

Atau Anda juga bisa menanyakan hal-hal kecil sekali pun. Hal ini tentunya sangat wajar mengingat hunian akan ditempati dalam jangka panjang, jadi tentunya sangat penting untuk memastikan bahwa rumah ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan apakah rumah memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, serta ketersediaan air bersih, karena ini bisa menjadi indikasi rumah ini sehat atau tidak. Begitu juga dengan kebersihan lingkungan sekitarnya.

Cek pula faktor keamanan apakah lingkungannya rawan tindak kejahatan dan sebagainya.

4. Kelengkapan dokumen
Membeli rumah tentunya melibatkan nominal yang tidak sedikit. Jadi pastikan Anda membeli properti yang sudah dilengkapi dengan dokumen legalitas misalnya sertifikat dan lain sebagainya.
Karena jika tidak, Anda bisa saja mendapat masalah di kemudian hari dan bisa juga mengalami kerugian materi.

Jika Anda belum terlalu paham soal aspek legalitas ini, tanyakan pada sumber-sumber yang sudah berpengalaman, salah satunya adalah agen properti.

Kalau ingin terhindar dari masalah-masalah legalitas dan sejenisnya, Anda bisa membeli rumah langsung dari agen properti terpercaya.

Agen akan menjelaskan sedetail mungkin pada Anda perihal kelengkapan dokumen ini. Dan beberapa pilihan agen properti bisa juga Anda cek di 99.co Indonesia.

Nah, sekarang Anda sudah siap mencari rumah dijual di Sidoarjo. Semoga bermanfaat!

Labels