4 Plugin Wordpress untuk Melancarkan Bisnis Online Kalian


Saat ini makin banyak pengusaha, baik dalam skala kecil hingga besar, memilih untuk memasarkan produknya secara online. Digitalisasi marketing telah diakui oleh para pemilik bisnis sebagai cara yang cukup efektif untuk mendapatkan lebih banyak pemasukan. Salah satu caranya adalah dengan memiliki website berbasis WordPress dan mempromosikannya secara online. 

Walau begitu, tidak semua pebisnis memahami tools yang diperlukan untuk mengembangkan website bisnis online miliknya. Tanpa fitur seperti riwayat pembelian maupun metode pembayaran, sebuah website hanyalah media yang menampung informasi produk dan tidak dapat digunakan untuk transaksi jual beli online.

Selain menemukan jasa penyedia domain harga murah untuk mengelola website kalian, ada berbagai tools lain seperti plugin yang perlu kita ketahui fungsi dan kegunaannya. Tentu saja untuk memaksimalkan performa website bisnis online kita agar bisa digunakan untuk bertransaksi secara online oleh baik untuk kita sendiri maupun para pelanggan. Lalu plugin WordPress apa saja yang bisa digunakan untuk membuat kinerja website bisnis online menjadi lebih maksimal? Berikut 4 plugin WordPress yang bisa kita install agar website onliner berfungsi secara optimal.

1. Easy Digital Downloads
Plugin untuk website berbasis WordPress ini layak digunakan untuk memaksimalkan bisnis online yang menjual produk-produk digital berupa file PDF seperti eBook maupun file-file audio dan video. Kita bisa melakukan penjualan dengan mengunggah file-file tersebut di WordPress. Situs-situs lain seperti Amazon S3 dan Dropbox juga dapat menyimpan produk-produk digital yang kita jual dan mengintegrasikannya dengan website kita melalui plugin ini.

Adanya Easy Digital Download memungkinkan para penggunanya untuk membuat halaman akun khusus bari para pelanggannya dan menyertakan riwayat pembayaran di dalamnya. Tersedia juga fitur yang mampu mengintrgrasikan program afiliasi dan mailing list untuk kebutuhan newletter. Plugin ini bisa dimanfaatkan secara gratis. Namun apabila kita ingin menggunakan versi premiumnya dan menginstall ekstensi-ekstensi berbayar untuk mengoptimalkannya secara fungsional, Kita bisa mendapatkannya dengan biaya Rp 117.000,- per bulan.

2. WC Vendor Marketplace
Memiliki toko online bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapatkan penghasilan dari internet dan mempunyai bisnis online milik kita sendiri. Adanya eCommerce WordPress bisa dimanfaatkan untuk membuat marketplace online kepunyaanmu dan mengajak para vendor lain untuk berjualan di sana. Plugin yang bisa digunakan untuk memaksimalkan fungsi eCommerce WordPress yang kita kelola adalah WC Vendor Marketplace.

Dari segi fungsi, plugin ini memungkinkan para penggunanya untuk memiliki marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Etsy, dan lain-lain. Vendor-vendor yang berjualan di dalamnya pun mampu menjual berbagai jenis produk fisik dan digital. Keuntungannya pun tidak hanya dirasakan dari sisi bisnis kita saja, namun juga para vendor yang tergabung di dalamnya. Penyaringan vendor-vendor yang dirasa layak untuk berjualan di eCommerce juga bisa dilakukan agar kualitas bisnis online kita tetap terjaga. Terdapat lisensi premium yang bisa kita dapatkan dengan membayar biaya kurang lebih $199 per tahunnya.

3. WooCommerce
Untuk memaksimalkan kinerja bisnis online, WooCommerce bisa digunakan sebagai plugin WordPress website kita. Dari waktu ke waktu, makin banyak penyedia web-hosting yang menawarkan jasa hosting khusus untuk plugin ini karena penggunanya yang juga makin banyak. Hosting berbasis WordPress bisa menjadi website bisnis online yang menjajikan dengan adanya WooCommerce. Dengan plugin ini, kita dapat menjual produk fisik maupun digital melalui website yang kita miliki.
Setelah menginstall WooCommerce, penambahan fitur dasar bisnis online seperti metode pembayaran, proses pengiriman, hingga potongan harga/pajak bisa dilakukan. Kita pun bisa melakukan pengaturan dan kostumisasai halaman produk. Plugin ini tidak berbayar. Namun, kita bisa mengaktifkan berbagai ekstensi berbayar apabila ingin memaksimalkan fungsi dari plugin ini di website kita.

4. MemberPress
Kamu ingin memiliki website berbasis membership? MemberPress bisa menjadi pilihan plugin yang tepat untuk digunakan. Fokus utamanya berbeda dengan plugin yang memungkinkan untuk jual-beli produk digital maupun fisik. Plugin ini menawarkan fitur yang memaksimalkan fungsi membership atau keanggotaan. Sehingga pengguanaanya cocok untuk website berbasis komunitas maupun private forum.

Sebagai sebuah plugin, MemberPress layak dimaksimalkan pada website-website forum online, di mana hanya para anggotanya yang bisa mengakses konten-konten eksklusif setelah membayar dengan jumlah biaya tertentu. Fitur dari plugin ini pun juga dapat dimanfaatkan untuk menjalankan suatu program afiliasi di dalam website. Penggunaan fitur analytic juga bisa dilakukan untuk memudahkan penggunanya dalam menganalisa data. Selain itu, ada pula fitur untuk mengakses informasi dan tutorial lebih mendalam, serta melakukan proses pembayaran untuk mendapatkan ijin aksesnya.

Kesimpulan
Dengan memanfaatkan plugin-plugin tersebut, website bisnis online yang kita miliki bisa difungsikan secara maksimal. Tanpa plugin maupun tools lain yang tepat, sebuah website hanya akan menjadi media informasi dan tidak bisa digunakan sebagai tempat transaksi jual-beli online. Sehingga apabila ingin bisnis berjalan lebih lancar, kenalilah plugin yang tepat untuk diinstall di website kita. 
Selamat berbisnis online!

Labels