search here and find more articles

Ekspresikan Dirimu dengan Keindahan Pesona Banggai yang Patut Kita Banggakan

Saatnya memasuki bulan April 2017 menjadi momen yang sangat selalu dirindukan terutama bagi saya. Pada bulan inilah saya mendapati tanggal kelahiran saya disetiap tahunnya. Tentunya kita berharap dengan bertambahnya umur, segala sesuatu yang menjadi keinginan dan harapan kita mampu memberikan pencapaian terbaik. Berbeda dengan orang lain yang selalu menulis resolusinya di awal tahun,saya lebih memilih untuk menuliskannya pada hari dimana saya dilahirkan. Karena dihari itulah saya merasa terlahir kembali untuk menggapai harapan baru dengan usia yang baru dan semakin bertambah.

Berbicara mengenai resolusi, ada satu hal yang menjadi resolusi saya ditahun lalu yang belum tercapai ditahun ini yaitu melakukan perjalanan keluar Pulau Jawa setelah Bali dan Kepulauan Seribu. Dalam agenda yang saya buat, jalan-jalan keluar pulau merupakan salah satu resolusi yang wajib untuk dituliskan. Alasanya adalah karena dengan mengunjungi pulau yang belum pernah saya kunjungi akan memberikan sebuah pengalaman baru terhadap kehidupan saya, berkomunikasi dengan masyarakat lokal, mengenal budayanya, menjelajah tempat pariwisatanya, dan bahkan mengenal karakter kearifan masyarakat didaerah tersebut.

Indonesia itu merupakan negara kepulauan, lebih dari 17.000 pulau ada di negeri tercinta ini. Walau sampai matipun saya tidak akan mampu menjelajah setiap pulau yang ada, setidaknya saya pernah berkunjung keberbagai pulau besar yang ada di Indonesia untuk mengenal ragam budayanya. Untuk melakukan perjalanan keluar pulau tidak mudah bagi saya untuk melakukannya, butuh persiapan yang matang seperti fisik yang kuat, kelengkapan pribadi dan juga biaya yang tidak sedikit. Namun apa daya kalo kita sudah tertarik dengan wisata tersebut mau tidak mau harus berjuang agar bisa melakukan perjalanan yang telah dinanti-nantikan. Mudah-mudahan saja semua jeripayah menabung bisa untuk mengekspresikan diri dengan keindahan pesona Banggai yang memang patut untuk dibanggakan.

Mendengar kata Banggai apa yang terpikirkan oleh kalian?
Bukit Luwuk di Banggai | Foto dari http://www.banggaikab.go.id/
Sejujurnya saya belum tahu betul apa itu Banggai sebelum adanya kompetisi blog yang telah diselenggarakan oleh Babasal Mombasa yang merupakan salah satu agenda kegiatan dari Festival Sastra Banggai. Namun sebelumnya saya sudah tahu daerah Luwuk dari salah satu teman saya yang berasal dari Luwuk dan disitulah saya ditunjukan berbagai tempat wisata yang sangat populer di daerah Luwuk yang ternyata merupakan bagian dari Kabupaten Banggai. Dari situ saya baru menyadari ternyata Banggai menyimpan banyak tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh orang lain. Keindahan dan pesonanya mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kalian yang belum pernah tahu apa itu banggai.

Banggai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Sulawesi tepatnya berada di Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia. Kabupaten ini ternyata memiliki luas wilayah 9.672 km² (data UU No 51/1999), dan berpenduduk sebanyak 323.626 jiwa (2010)[wikipedia]. Kabupaten banggai juga tidak terlepas dari sejarahnya yang kala itu bernama Kerajaan Banggai, wilayahnyapun meliputi Banggai daratan dan Banggai Kepulauan termasuk Luwuk yang saat ini menjadi Ibu Kota Kabupaten Banggai. Berbagai sumber daya alam yang melimpah seperti aneka hasil bumi, pertambangan dan juga hasil laut menjadikan wilayah ini sangat makmur dan juga mandiri. Terlebih lagi ditunjang dari sektor pariwisata yang saat ini memiliki banyak objek pariwisata.

Pariwisata saat ini memang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Banyak saat ini masyarakat yang peduli dengan lingkungan pariwisata sehingga mampu menghasilkan objek wisata didaerah tersebut guna untuk menggenalkan berbagai keindahan dan pesona daerah tersebut termasuk wilayah Banggai. Tidak hanya itu saja bahkan dari sektor pariwisata juga mampu mendatangkan turis mancanegara untuk menunjang perekonomian warga dan juga menambah devisa negara. Nah, seperti apa sih Banggai yang memiliki berbagai keindahan dan pesona yang ditawarkan, langsung saja kita cari tahu yuk tempat mana saja yang menyimpan keindahan di wilayah ini!

1. Pantai Kilo Lima
Pantai Kilo Lima yang Jaraknya dekat dengan Kota Luwuk | Foto dari http://www.hipwee.com/
Pantai ini memang sangat indah, yah jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Kota Luwuk. Memiliki pasir putih dan juga pemandangan pantainya yang biru bersih. Kalian juga bisa snorkling di pantai ini. Sekedar melepas dahaga akan keindahan pantai, melihat birunya laut, dan menghirup udara segar di pantai sangatlah cocok ke pantai Kilo Lima. Pokoknya sangat asyik deh!, kalo berlibur ke Banggai jangan lupa mampir ke pantai yang satu ini ya!.

2. Air Terjun Molino Tontouan
Air Terjun Air Biru Molino Tontouan | Foto dari : https://pesonawisataalam.wordpress.com/
Air terjun memang sangat menjadi alternatif wisata saat liburan tiba. Siapa sangka di Banggai ternyata ada air terjun yang memiliki keindahan yang luar biasa, airnya yang biru dan jernih menjadi sesuatu yang menarik dari tempat ini. Air terjun yang merupakan aliran air dari uwe mulino ini memberikan kesegaran bagi setiap orang yang berenang di pemandian ini, rasanya pasti segerrrr deh!

3. Danau Tower
Danau Tower di desa Tower | Foto dari : http://news.luwukpost.info/
Setelah dari pantai dan air terjun kita beralih ke Danau Tower. Jarang-jarangkan traveling ke danau, nah disini tepatnya kalian bisa berekspresi di danau yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Danau Tower yang berada di Desa Tower menjadi objek wisata yang tidak kalah menarik, pasalnya disini kalian bisa melakukan kegiatan berenang, menghirup udara segaar, dan menikmati hembusan angin dibibir danau yang rindang. So, tunggu apa lagi cus men!

Indonesia bagian timur itu ternyata tidak hanya Bali dan Lombak saja yang memiliki keindahan alamnya, namun di Banggai ternyata juga memiliki keindahan yang luar biasa mempesona. Nah sangat dirindukan lah bagi para pecinta alam, traveller dan backpaker yang sudah melalang buana untuk turut menikmati keindahan Banggai yang patut untuk dibanggakan. Ayo main-main ke Banggai, surga yang tersembunyo dengan keindahan pesona alamnya...

--- Always Pray and Stay Creative ---

2 komentar

click to leave a comment!

17 Mei 2017 14.45 Delete comments

Semoga bisa menginjakkan kaki ke sana. Ke Timur, paling jauh sampai Jember.
Salam -- Blog Walking.

Reply
avatar
15 Juni 2017 12.55 Delete comments

You see there re alot of things that can make you happy and you have all the chaces to be like that.

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *