Visit Tidore Island - Pulau To adao Rahe Bersejarah dengan Sejuta Pesona

Hai Sahabat Storylio! Pulau yang satu ini memang sangat indah dan mempesona dengan keindahan lautnya dan menjulang tingginya gunung-gunu...

Hai Sahabat Storylio!
Pulau yang satu ini memang sangat indah dan mempesona dengan keindahan lautnya dan menjulang tingginya gunung-gunung. Siapa yang tidak kenal dengan pulau Tidore, sebuah pulau yang kita kenal melalui pelajaran sejarah sewaktu disekolah dulu bernama pulau "To adao Rahe" dan keberadaanya pun tidak pernah luput dari sejarah. Pulau yang terkenal sangat dekat dengan pulau Ternate, memang menyimpan sejuta pesona yang sangat mengagumkan. Keindahannya memancar dari berbagai penjuru belahan tempat, mulai dari keindahan dasar lautnya hingga pesona tingginya gunung berapi. Semua yang ada di pulau Tidore menjadi warisan alam Indonesia yang patut untuk kita syukuri.

Sejarahlah yang mengenalkan kita dengan pulau Tidore. Tanpa sejarah mungkin saya sampai dengan saat ini belum tentu tahu dimana dan seperti apa itu pulau Tidore. Sejarah memang sangat penting untuk kita pelajari, karena dengan sejarah kita akan belajar banyak hal tentang masa lalu. Oh iya, mengenai sejarah guru saya selalu berkata bahwa mempelajari sejarah akan memberikan kita tiga hal yang sangat penting, diantaranya:

1. Sejarah akan memberimu pelajaran yang berharga
Sejarah berarti belajar dari sebuah pengalaman yang pernah dilakukan seseorang atau masyarakat, baik pada masa sekarang atau pada masa sebelumnya. Dari pengalaman itulah kita belajar untuk bisa melangkah lebih maju kedepannya.
2. Sejarah berguna memberikan inspirasi (ilham kepada kita)
Berbagai kisah tentang sejarah para penemu membuat kita terinspirasi dari sebuah perjuangan mereka dalam percobaan yang telah mereka lakukan untuk menyempurnakan penemuan baru. Sejarah memberikan kita inspirasi dari kejadian masalalu agar lebih innovatif di masa yang akan datang.
3. Sejarah dapat berguna sebagai rekreatif
Proses rekreasi terhadap berbagai peristiwa di masa lampau memungkinkan orang untuk bercermin diri. Orang yang maju pasti akan lebih dinamis sebab melihat adanya masa depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa lalu yang indah dan menarik.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dulu pulau yang satu ini. Tidore adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari provinsi Maluku Utara, tepatnya terletak sebelah barat pulau Halmahera, letaknya pun sangat dekat dengan pulau Ternate. Sejarah tentang pulau Tidore juga tidak terlepas dari sejarah pulau ternate yang biasa kita pelajari disekolah dulu. Untuk lebih singkatnya tentang sejarah pulau Tidore, langsung aja simak informasi berikut ini!

Berbicara tentang sejarah pulau Tidore seakan tidak pernah luput dari bangsa Portugis yang telah lama menjadi tamu dipulau tersebut, hingga terdapat dua buah bangunan bersejarah berupa benteng yang kini menjadi peninggalan bersejarah di pulau Tidore. Kedua benteng Portugis tersebut hancur karena diserang oleh Belanda diabad ke-17. Kedua Benteng itu terletak dibagian Barat laut pulau Tidore.

Berdasarkan legenda asal usulnya, tampak bahwa empat kerajaan ini berasal dari keturunan yang sama yaitu: Djafar Noh dan Siti Nursafa. Terlepas dari benar atau salah, kemunculan dan perkembangan legenda asal-usul tersebut secara jelas menunjukkan adanya kesadaran persaudaraan di antara kerajaan Kie Raha (gabungan empat kerajaan utama di Maluku Utara, yaitu: Ternate, Tidore, Makian dan Moti) sehingga mereka kemudian melegitimasinya dengan sebuah mitos asal-usul.

Sepeninggal Portugis, Belanda datang ke Tidore dengan tujuan untuk memonopoli dan menguasai Tidore demi keuntungan sendiri. Dalam sejarah perjuangan di Tidore, sultan yang dikenal paling gigih dan sukses melawan Belanda adalah Sultan Nuku (1738-1805 M). Selama bertahun-tahun, ia berjuang untuk mengusir Belanda dari seluruh kepulauan Maluku, termasuk Ternate, Bacan dan Jailolo.
Di masa Sultan Nuku inilah, Tidore mencapai masa kegemilangan dan menjadi kerajaan besar yang disegani dikawasan itu, termasuk oleh kolonial Eropa. Di masa Sultan Nuku juga, kekuasaan Tidore sampai ke Kepulauan Pasifik. Menurut catatan sejarah Tidore, Sultan Nuku sendiri yang datang dan memberi nama pulau-pulau yang ia kuasai, dari Mikronesia hingga Melanesia dan Kepulauan Solomon. Nama-nama pulau yang masih memakai nama Nuku hingga saat ini adalah Nuku Hifa, Nuku Oro, Nuku Maboro, Nuku Nau, Nuku Lae-lae, Nuku Fetau dan Nuku Nono.

Seiring dengan masuknya kolonial Eropa, agama Kristen juga masuk ke Tidore. Namun, karena pengaruh Islam yang sudah begitu mengakar, maka agama ini tidak berhasil mengembangkan pengaruhnya di pulau Tidore. Begitulah sejarah asal muasal pulau Tidore yang saat ini masih menyimpan sejarah dengan peninggalan benteng-benteng yang saat ini dijadikan wisata pendidikan. Nah, untuk mengetahui wisata apa aja yang ada di pulau Tidore, yuk simak!

Tidore saat ini tidak hanya sebuah tempat peningglan sejarah saja, namun semua telah menjelma menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh para traveller. Berbagai tempat wisata di pulau Tidore menjadi alternatif liburan bagi kalian yang suka menjelajah tempat wisata. Semua tempat yang menarik dan indah dapat kalian dapatkan ketika berkunjung di pulau Tidore. Mulai dari keindahan pantainya yang masih bersih dan asri dengan nuansa alam yang mempesona, Pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung tertinggi di pulau Tidore, hingga pengetahuan tentang sejarah pulau Tidore yang dapat kalian ambil manfaatnya.

1. Wisata Sejarah Benteng Tore dan tahula
Benteng Torre terletak di Soa Sio Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, tepatnya berada pada koordinat UTM 52 N 326683 72320. Berdasarkan buku sejarah, benteng ini dibangun tahun 1578 oleh Portugis atas perintah Sancho de Vasconcelos yang mendapat ijin dari Sultan Gapi Bagunan tanggal 6 Januari 1578. Nama benteng “Torre” kemungkinan berhubungan dengan nama Kapten Portugis pada saat itu yaitu Hernando De La Torre. Jika kita melihat dari ketinggian benteng itu seluruh pemandangan disekitarnya akan terlihat indah dan mempesona.

2. Wisata Pemandangan Alam dari Puncak Gunung Kie Matubu
Gunung Kie Matubu merupakan gunung tertingi di Provisnsi Maluku Utara, sangat cocok sekali bagi kalian pecinta alam yang suka mendaki. Gunung dengan tinggi sekitar 1.730 meter diatas permukaan laut ini akan menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan dari atas puncaknya, tidak hanya itu saja kalian juga dapat melihat sekeliling pulau tidore yang dikelilingi lautan dan dapat melihat pemandangan pulau-pulau disekitaran pulau Tidore.

3. Wisata plesiran pulau Failonga yang tidak berpenghuni
Pulau yang tidak berpenghuni ini merupakan pulau kecil di kepulauan Tidore. Tempatnya yang sepi ini sangat memanjakan mata dengan keindahan pasir putihnya yang halus dan lembut serta pemandangan air yang sangat jernih pada bibir pantainya. Batuan yang berada dipinggir pantai menjadi salah satu spot untuk berfoto-foto bersama keluarga ataupun teman terdekat kalian. Pastinya kalian tidak akan melupakan momen yang sangat menakjubkan ditempat ini.

Sebenarnya tidak hanya itu saja yang dapat kalian kunjungi, masih banyak tempat-tempat wisata yang bisa kalian kunjungi seperti : pantai cobo, taman laut pulau maitara, rumah ikan lumba-lumba di pulau mare, pantai ake sahu, air terjun luku cileng, air terjun goheba, dan pantai rum. Pokoknya masih banyak sekali wisata yang bisa kalian jelajah ketika berkelana ke Tidore Island. Tidak hanya itu saja, Tidore juga memiliki berbagi makanan khas yang pastinya akan menggoyang lidah kalian, simak yuk selengkapnya!

Jangan pernah lewatkan kuliner dari kepulauan Tidore ketika kalian mampir kesana. Berbagai makan unik dengan rasa yang berbeda dari bisanya akan kalian jumpai disana, pastinya akan menarik lidah kalian untuk terus mencoba dan mencicipi makanan khas dari pulau Tidore. Makan khas tidore akan memberikan sensasi berbeda dengan sekali gigitan, dan pasti bakal bikin kamu ketagihan, seperti apa dan bagaimanakah bentuknya, Ayo kita telusuri!

1. Papeda yang bikin kamu ketagiahan
Papeda merupakan makanan khas tidore yang memiliki keunikan tersendiri menurut saya, bentuknya yang kenyal seperti lem ini memang benar-benar makanan, biasanya disajikan bersamaan dengan ikan. Rasanya yang enak dan lezat pastinya akan membuat kalian makin ketagihan. Nah bagi kalian yang akan mampir ke pulau Tidore jangan lupakan makan yang satu ini ya!

2. Lapis Tidore yang enaknya beda dari yang lain
Bicara soal lapis memang sudah menjadi makanan khas tiap daerah, namun lapis kali ini berbeda dengan biasanya. Lapis tidore ini terlihat tidak jauh berbeda dengan lapis dari berbagai daerah lainnya, namun soal rasa bisa kalian coba potongan lapis ini, dijamin enak markotop dan mengenyangkan. Ayo yang belum pernah makan lapis tidore berkunjung yuk ke Tidore!.

3. Bukan Lemper atau kue, tapi ini Nasi Jaha khas Tidore
Entah apa yang kalian pikirkan tentang nasi yang dibungkus daun pisang, pasti kalian akan menjawab bahwa ini adalah lemper, arem-arem atau yang lainnya lah. Mungkin untuk bahanya sama namun untuk bentuk dan tampilanya akan sedikit berbeda, dan inilah dia Nasi Jaha makanan khas tidore. Soal rasa sih saya sendiri belum pernah nyobain, jadi ya belum bisa mendiskripsikan kekalian ya!, Jadi kalo kalian penasaran dengan rasanya, silahkan deh ke pulau Tidore.

Untuk soal kuliner Tidore tidak kalah jauh deh dengan tempat lainya, bahkan dengan keunikan tersendiri menjadi hal yang sangat menyenangkan ketika kita suatu saat menginjakkan kaki kita ke pulau Tidore. Sebenarnya juga masih banyak makanan khas dari Tidore diantaranya, kue bilolo, mam raha, sagu tore dan uge aku. Denger namanya aja beda dari yang lain, apalagi soal rasa ya! makin penasaran aja dan gak sabar mau jalan-jalan ke pulau Tidore!

Begitulah sejarah Tidore, tempat-tempat wisata yang mengesankan dan juga kuliner di pulau Tidore yang merupakan kekayaan alam Indonesia yang patut untuk dibanggakan, semoga bermanfaat dan memberikan sebuah pelajaran yang berharga untuk kita semua. Sudah saatnya kita melihat pengaruh sejarah bagi kehidupan kita dan saatnya kita berkunjung ke Tidore pulau yang memiliki keindahan yang sangat mempesona untuk dinikmati.
Ayo Visit Tidore Island!..


Sumber Referensi dan Data Pendukung :
http://tips-wisata-indonesia.blogspot.co.id
http://sejarahtidore.blogspot.co.id
https://sarbanunarsyad.wordpress.com
https://iramaon.blogspot.co.id

COMMENTS

BLOGGER: 26
Loading...
Name

#BeMoreProductive,1,6th Indonesian Pearl Festival 2016,1,Abutours.com,1,Adobe Premier Pro,1,Asusintel,1,Award,1,Babasal Mombasa,1,Backsound,2,Balancing,1,Bangga di Banggai,1,Be Gravitasi,1,Bebas Bayar,1,Bengkel Mobil,1,Bika Bogor,1,Bika Bogor Talubi,1,Biznis,1,Blog Design,18,Blogger,24,Bumper,1,CC 2015,1,Citra Maja Raya,1,Co-working Space,1,Colidan,1,Competition,32,Competition DEV+,1,Corel Draw X7,1,Coreldraw,1,CV Design,1,Cyko Handbreak,1,dealoka,1,Designer,5,Digital Marketing,1,Domain,1,Dotcomforme.com,1,DUMET School,1,Education,6,Ekspresikan Dirimu,1,Elevenia,1,Excite Shop,1,FestHAM2016,1,Fintech,1,Footer,1,FSB,1,Goverment PR,1,HAnavi,1,Header,6,Himawan Putra,1,HIS Travel Indonesia,1,Hosting,1,hostinger,1,HRIS Software,1,Indramayu Kota Budaya,1,Influenzer,31,Inspirasi Astra,1,JIBB,1,Kuliner Bogor,1,Kursus Editing Video,1,Lawan Neuropati,1,LinovHR,1,Luna Smartphone,1,Main Post,3,Marketz,3,Meeting Room,1,Milkshake,1,Motion Graphic,2,Neurobion,1,Neuropati,1,Niagahoster,1,Obat maag paling ampuh,1,Office Room,1,Oleh-oleh Bogor,1,Oleh-oleh Khas Bogor,1,Paket Meeting,1,Pesona Jawa Tengah,1,Pop Ice,1,Ralali.com,2,Review,29,Ruang Kantor,1,Ruang Meeting,1,rukamen,1,Serumah.com,1,sewa apartemen,1,Shop n Drive,2,Sidebar,8,Skyscanner,1,Software,3,Sound Effect,2,Sponsor,14,Spooring,1,Storylio,1,Tempat Kursus Digital Marketing,1,Tips Blogging,3,Tips Design,3,Travel,8,Traveloka,2,Tutorial Blog,1,Tutorial Motion,1,Vector,1,Video Editor,5,Video Effect,1,Visit Tidore Island,1,XWORK,1,Youtuber,6,
ltr
item
Artadhitive | Daily Content Creator: Visit Tidore Island - Pulau To adao Rahe Bersejarah dengan Sejuta Pesona
Visit Tidore Island - Pulau To adao Rahe Bersejarah dengan Sejuta Pesona
https://4.bp.blogspot.com/--6hoMIIHmIU/WM7Ws2f0LCI/AAAAAAAAHos/75WrfFzSlQ8VjJ7GP4nJWVFCjT-FoPWFACPcB/s1600/Tidore%2B1.png
https://4.bp.blogspot.com/--6hoMIIHmIU/WM7Ws2f0LCI/AAAAAAAAHos/75WrfFzSlQ8VjJ7GP4nJWVFCjT-FoPWFACPcB/s72-c/Tidore%2B1.png
Artadhitive | Daily Content Creator
http://www.artadhitive.com/2017/03/visit-tidore-island-pulau-to-adao-rahe.html
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/2017/03/visit-tidore-island-pulau-to-adao-rahe.html
true
9208609652601285124
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy