Amazingnya Jelajahi Jepang, Negerinya si Kantong Ajaib

"Aku ingin begini, aku ingin begitu, Ingin ini ingin itu banyak sekali, Semua semua semua dapat dikabulkan, dapat dikabulkan dengan kantong ajaib".

Hai sobat storylio!
Kalian pasti pernah mendengar penggalan lagu diatas atau bahkan kalian hafal dengan lirik lagunya, nampaknya kita bisa dibilang seumuran. Lagu diatas merupakan pengiring film dari sebuah komik yang dijadikan tontonan untuk anak kecil pada waktu itu termasuk saya. Seekor kucing yang mampu mengeluarkan alat canggih dari sebuah kantong ajaib diperutnya merupakan film yang paling saya gemari, bahkan sampai saat ini saya masih sering menonton kembali film kartun yang biasanya disebut dengan nama doraemon si kucing ajaib.

Alat-alatnya yang dikeluarkan dari kantong si kucing seakan membuat kita semakin berkhayal dengan kegunaan alat tersebut. Coba kalian bayangkan dengan alat canggih seperti baling-baling bambu yang hanya ditempelkan diatas kepala dapat menerbangkan orang keliling angkasa, konyaku penerjemah yang hanya berupa spon dapat menterjemahkan bahasa dari berbagai negara lainnya atau printer tiga dimensi yang dapat membuat permainan sungguhan hanya dengan sebuah printer. Jika kita bayangkan semua itu terjadi dikehidupan komik saja dan akan menjadi hal yang mustahil jika terjadi dikehidupan nyata.

Hal yang sangat mencengangkan sekarang ini adalah sebagian dari innovasi khayalan yang telah diceritakan dalam sebuah komik maupun film tersebut menjadi kenyataan di kehidupan nyata sekarang ini. Dari sebuah peralatan ajaib yang dulu sangat mustahil untuk terwujud di dunia nyata kini sebagian telah menjadi kenyataan dan semua itu merupakan ide khayalan dari seorang pembuat kartun doraemon.
Sekarang kita banyak belajar dari sebuah kartun dengan segudang khayalan kini sebagian berubah menjadi kenyataan. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah impian dapat menjadi kenyataan apabila kita berusaha keras untuk mewujudkanya. Jika kita mampu meresapi setiap episode kartun doraemon, kita akan banyak pelajaran dari film tersebut, diantaranya :
  • Jangan takut bermimpi untuk sesuatu hal yang sangat mustahil sekalipun.
  • Bahwa impian itu akan terwujud seiring berjalannya waktu, disertai usaha dan kerja keras.
  • Impian merupakan keinginan setiap orang dan kantong ajaib itulah merupakan wujud dari kerja keras, usaha dan doa.

Itulah mengapa sejak menonton film doraemon sampai dengan detik ini, saya penasaran dengan negerinya si kantong ajaib doraemon yaitu Jepang. Mungkin ada banyak hal yang ingin saya pelajari juga dari sebuah negeri yang terkenal dengan bunga sakuranya, kebudayaannya, tradisi, wisata dan segala bentuk teknologi tercanggihnya. Walaupun saya belum pernah menginjakkan kaki di negara Jepang namun saya selalu tertarik dan menyempatkan waktu untuk mengenal Jepang lebih dalam melalui informasi yang saya dapatkan dari internet.

Banyak hal yang saya ambil pelajaran dari sesosok negeri bernama Jepang terutama terkait dengan teknologi, wisata dan kebudayaanya. Semua yang berkaitan dengan Jepang menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk ditelusuri. Jepang juga sangat terkenal dengan wisatanya yang menyimpan sejuta pesona. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang mendambakan Jepang sebagai tujuan wisata impiannya. Mungkin berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang Jepang sebelum kalian melakukan perjalanan menuju Jepang agar makin bertambah rasa penasaran kalian.
Let's Explore...
Disiplin adalah slogan yang paling terkenal untuk budaya orang Jepang. Berbagai negara iri dengan sikap dan prilaku masyarkat jepang yang memiliki komitmen kuat untuk tetap disiplin. Hal ini mungkin berbanding terbalik dengan negara yang masih banyak masyarakatnya enggan melakukan kedisiplinan. Di Jepang sendiri memang seluruh komponen masyarakat selalu menerapkan sikap disiplin, baik dilingkungan keluarga maupun dilingkungan luar. Oleh karena itu, budaya prilaku masyarakat jepang sangat berdampak terhadap perkembangan negaranya yang terbukti sangat cepat dan pesat.

Saya sendiri pernah bekerja disebuah perusahaan jepang dibidang otomotif dan selama saya bekerja diperusahaan tersebut banyak hal yang saya pelajari dari karakter orang jepang. Kebetulan sekali atasan saya adalah orang jepang yang sudah lama bekerja di Indonesia, jadi segala bentuk prilakunya memang mencerminkan pemimpin yang sikapnya patut dicontoh dan diterapkan oleh bawahanya. Nah, beberapa budaya perilaku masyarakat jepang yang patut kita contoh lainnya yaitu :
Budaya Jepang selain disiplin juga terkenal dengan kerja keras dan tepat waktu. Selama ini saya juga mengenal "Just in Time" yang bisa dibilang tepat waktu dan tepat guna yang diajarkan selama saya bekerja di perusahaan jepang. Selain itu, budaya yang perlu dicontoh lainnya yaitu budaya antri dan saling menghormati, budaya membuang sampah pada tempatnya dan juga budaya membaca yang merupakan jendela untuk menjelajah dunia. Kalian jangan terkejut jika melihat banyak orang jepang yang memanfaatkan waktu untuk membaca pada saat diruang tunggu, didalam kereta ataupun ditempat umum lainnya.

Di Indonesia memang banyak sekali tradisi kebudayaan dan sebagian tradisi tersebut merupakan adat istiadat suatu penduduk atau kaum. Tradisi kebudayaan itu sendiri adalah suatu kegiatan atau upacara yang memang merupakan peninggalan nenek moyang kita dulu. Begitu juga dengan Jepang, segala bentuk tradisi yang sudah bertahun-tahun dilakukan di Jepang menjadi kebudayaan yang sangat mengagumkan bagi wisatawan asing termasuk Indonesia. Banyak sekali tradisi di Jepang yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur atau sekedar untuk hiburan semata. Nah untuk mengetahui beberapa tradisi kebudayaan jepang yang mengagumkan, Ayo kita telusuri!
Karena sejak kecil saya sangat hobi dengan layang-layang, oleh karena itu saya begitu kagum sekali dengan Tako layang-layang jepang yang sedikit berbeda dari yang lainnya, ukurannya pun terbilang sangat besar dan biasanya akan dapat dijumpai ketika ada festival kebudayaan saja. Selain itu saya juga sangat tertarik dengan kesenian melipat yang mana sudah dari kecil saya diajarkan melipat dan membuat burung dari origami yang ternyata merupakan kebudayaan jepang.

Tradisi kebudayaan Jepang sangatlah mengagumkan dan memiliki rasa khas tersendiri dengan nuansa Jepang. Dan beberapa tradisi lainnmya yang paling saya kagumi adalah pakaian tradisional jepang yang biasa disebut dengan Kimono. Kimono adalah pakaian yang digunakan wanita maupun pria Jepang pada saat musim kemarau. Pakaian ini memiliki khas bentuk lengan yang lebar dan panjang, yang pasti jika kalian mengenakan pakaian ini akan merasakan nuansa jepangnya.

Kalian pasti pernah mendengar JAK-JAPAN MATSURI atau bisa dibilang festival kebudayaan antara Indonesia dan Jepang yang bertempat di Jakarta. Acara ini biasanya diadakan setahun sekali dengan menampilkan kebudayaan antara kedua bangsa tersebut. Matsuri itu sendiri merupakan arti dari kata festival. Saya tidak pernah melewatkan festival Jepang ini, karena hanya dengan mendatangi acara tersebut saya jadi tahu banyak tentang berbagai macam kebudayaan jepang tanpa harus pergi ke Jepang. Di Jepang sendiri ternyata juga memiliki banyak festival yang sangat unik dan menarik. Mari simak infographic berikut:
Ternyata masih banyak lagi festival jepang selain dari yang disebutkan diatas semisal peluncuran balon kertas Kamihinoki-nai, festival lentera kastel Hirosaki dan festival salju Ouchijuku. Semua festival dilakukan sesuai musim yang sedang berlangsung atau biasanya untuk memperingati hari besar tertentu. Festival jepang yang sangat mengagumkan dan membuat rasa keinginan saya bertambah untuk traveling ke Jepang adalah festival Sapporo Yuki Matsuri. Festival yang dilakukan dengan pembentukan 150 patung besar terbuat dari salju dan es dengan karakter seperti tokoh terkenal hingga arsitek dunia dapat kita nikmati di Hokaido saat musim dingin berlangsung.

Selain Saporro Yuki Matsuri, festival yang tidak kalah uniknya yaitu Hina Matsuri, fesival ini dilakukan oleh keluarga yang memiliki anak perempuan dengan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō. Aikita Kanto Matsuri juga merupakan festival unik dengan merentangkan beratus-ratus lentera kertas choochin direntangkan di sepanjang struktur bambu panjang yang tingginya lebih dari 10 meter dan dipamerkan ketika malam hari. Masih banyak festival jepang lainnya yang sangat menarik antara lain Sheijin Shiki, Nabuta Matsuri, Hakata Gion Yamasaka, Tenjin Matsuri, Tanabata dan lain sebagainya.

Negara yang pernah diruntuhkan dengan adanya bom Hirosima dan Nagasaki tersebut ternyata tak pantang menyerah. Walaupun semuanya hancur berkeping-keping namun semua telah berbanding terbalik dengan kondisi yang sekarang ini. Dengan kegigihan orang-orang yang memiliki mimpi, akhirnya semua terwujud segala pencapaianya. Jepang kini merupakan negara yang memiliki tekhologi canggih yang tidak kalah dengan negara-negara lainnya. Berbagai macam tekhologi dibuat untuk memudahkan segala aktifitas manusia.
Mulai dari alat transportasi, robot pembantu manusia, alat medis hingga teknologi luar angkasa semua berasal dari negara Jepang. Hal yang mungkin bisa kalian coba dengan kecanggihan teknologi mutakhir di Jepang yang saat ini menjadi dambaan negara lainnya yaitu alat transportasi cepat seperti Japan Railways (JR). Kalian akan menikmati sensasi kecepatan transportasi darat supercepat di Jepang dengan menggunakan dengan menggunakan JR. Kereta Api Peluru atau biasanya disebut dengan "Shinkansen" memberikan perjalanan sangat cepat dan terpercaya ke hampir semua tempat di Jepang. Selain kereta api cepat juga masih banyak berbagai alat yang membantu kebutuhan manusia dengan teknologi tercanggih lainnya.

Mungkin hal yang satu ini wajib untuk kalian ketahui sebelum melakukan perjalanan menuju ke negeri yang terkenal dengan keindahan bunga sakura. Jepang merupakan negara yang memiliki empat musim diantaranya yaitu Musim Semi (Autumn, Haru), Musim Panas (Summer, Natsu), Musim Gugur (Autumn, Aki) dan Musim Dingin (Winter, Fuyu). Setiap musim pasti memiliki ciri khas yang membedakan selain cuacanya yaitu perayaan atau bisa dibilang sebuah festival. Festival atau dalam bahasa nihongo adalah Matsuri, akan memanjakan kalian semua dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Kunjungi berbagai tempat wisata di Jepang dan jangan pernah melewatkan acara festival yang paling seru.

Wisata Jepang yang memiliki pesona dan keindahan menjadi alternatif liburan bagi kalian yang suka dengan traveling. Wisata yang paling mengagumkan bagi saya adalah Gunung Fuji, karena memang paling populer dan merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan tinggi 3.776 meter diatas permukaan laut, It's Amazing!. Gunung Fuji yang terkenal sebagai icon wisata jepang menjadi daya tarik tersendiri bagi traveller lokal maupun asing yang berkunjung untuk menikmati keindahan gunung tersebut. Gunung Fuji yang gagah dan tinggi sangat cocok sekali bila disandingkan dengan Bunga Sakura yang mekar merona disetiap musim semi, pastinya pemandangan tersebut akan menjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan, begitu indah dan mempesona. Selengkapnya dengan wisata di Jepang ? Let's check it out !
Wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Jigokudani Monkey Park merupakan wisata di Jepang dengan pemandangan monyet-monyet yang sedang mandi disepanjang hari. Keunikan monyet-monyet dan juga panorama disekitar saat musim salju akan menambah keindahan pemandangan. Wisata lainnya yang menarik perhatian untuk dikunjungi antara lain seperti bermain di Tokyo Disneyland, mengunjungi Kastil Himeiji, mengenang sejarah di museum Hirosima Peace Memorial, menikmati keindahan bunga sakura di Ueno Park dan masih banyak wisata seru lainnya.

HIS Travel Indonesia merupakan agen travel terbaik yang direkomendasikan untuk kalian yang ingin melakukan perjalanan ke Jepang. Berbagai kebutuhan untuk melengkapi perjalanan ke Jepang menjadi suatu hal yang sangat diprioritaskan HIS untuk melayani dengan sepenuh hati. Mulai dari reservasi tiket hingga pelayanan tiket, paket personal, paket grup, JR Pass hingga paket tour ke jepang semua telah tersedia. HIS Travel juga memiliki berbagai keunggulan yang berbeda dari agen tour lainnya antara lain :
Kenyamanan Service
HIS Travel bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kalian mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah. Semua pelayanan akan dilakukan semaksimal mungkin demi kenyamanan para pelanggan.

Global Network Pendukung Keamanan
Jaringan global yang dimiliki HIS akan memberikan keuntungan dalam hal mendukung perjalanan kalian. Dengan adanya sistem terbaik akan selalu melayani para pelanggan mulai dari reservasi hingga kembali ke Indonesia.

Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
Dengan memiliki cabang HIS di luar negeri akan memberikan penawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun kalian butuhkan. Jangan kuatir dengan harga murah namun memiliki fasilitas terbaik.

Unggul dalam Individual Tour
HIS Travel juga menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan tempat wisata yang kalian inginkan. Dengan adanya penyusunan perjalanan, kalian akan menikmati perjalanan tanpa harus pusing mempersiapkan segala sesuatunya.
Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
HIS Travel Indonesia ternyata memiliki 273 cabang di Jepang, kalian juga dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, serahkan perjalanan ke Jepang kalian kepada HIS Travel!. Apalagi HIS Travel memiliki paket yang bernama HAnavi. Segala kebutuhan mulai dari pesawat dan hotel semua dipersiapkan dan diatur dengan penuh keharmonisan untuk memberikan pelayanan terbaik dari paket HAnavi. Seperti apa sih paket HAnavi itu, selengkapnya!

HAnavi merupakan sebuah paket hotel dan penerbangan untuk wisata ke Jepang. Semua bentuk pelayanan mulai dari pemesanan tiket pesawat, hotel di wisata tujuan, hingga lokasi wisata di Jepang semua telah disediakan dengan berbagai pilihan. Agenda paket tour liburan ke Jepang juga sudah tersusun rapih dengan harga dan pelayanan terbaik. JAPAN Hotel & Air Package yang telah direkomendasikan untuk segala kebutuhan perjalanan Jepang akan memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik.
Untuk urusan traveling ke Jepang saat ini bukanlah sesuatu hal yang menyulitkan lagi, karena semua telah tersedia dengan HAnavi. Beberapa keunggulan menjadi perioritas HAnavi untuk kalian semua diantaranya:
1. Memberikan pelayanan terbaik untuk paket tour Jepang baik individu maupun berkelompok.
2. Lebih dari 800 Pesawat dan 3.500 kereta dapat kalian pesan.
3. Semua pelayanan dapat kalian akses selama 24 Jam / 7 Hari
4. Kalian dapat dengan mudah cek ketersediaan kursi dan dilanjutkan dengan pemesanan
5. Menghemat waktu traveling kalian, karena kemudahan pelayanannya.
6. Kalian juga dapat mengambil LCC atau menentukan penerbangan lainnya.

HAnavi juga memberikan rekomendasi perjalanan baik dalam domestik maupun luar negeri, kalian dapat mencampur atau mengkombinasikan tour dan kegiatan yang kamu telah persiapakan juga. Dengan Plus One Destination, kalian juga dapat menambahkan satu destinasi wisata untuk kalian jelajahi tanpa harus menambah banyak biaya. Selain itu berbagai tips untuk menyusun akomodasi juga dapat kalian simak pada halaman website berikut HAnavi, agar perjalanan kalian dapat lebih hemat dan juga tersusun sangat rapi. Untuk rekomendasi tempat wisata semua juga tersedia dengan lokasi dan informasi tentang wisata tersebut. So, manfaatkan sebaik mungkin agar liburanmu menyenangkan ya!.

Ingin memiliki tiket penerbangan internasional, ingin merencanakan perjalanan sendiri, ingin menemukan perjalanan baru di Jepang dan melihat pemandangan gunung fuji dari langit semua akan kalian dapatkan hanya dengan HAnavi. Saatnya agendakan segera perjalanan ke Jepang kalian dengan memanfaatkan fitur HAnavi dan dapatkan pengalaman terbaik selama berkunjung ke Jepang.

HIS Amazing Sakura - Blogger Competition
--- Always Pray and Stay Creative ---

Sumber Referensi & Data Pendukung:
http://his-travel.co.id/
http://www.hisgo.co.id
http://sukajepang.com/
http://anekatempatwisata.com
http://www.jnto.or.id
http://www.freepik.com
Infographic artadhitive.com

Labels