search here and find more articles

Amazingnya Jelajahi Jepang, Negerinya si Kantong Ajaib

"Aku ingin begini, aku ingin begitu, Ingin ini ingin itu banyak sekali, Semua semua semua dapat dikabulkan, dapat dikabulkan dengan kantong ajaib".

Hai sobat storylio!
Kalian pasti pernah mendengar penggalan lagu diatas atau bahkan kalian hafal dengan lirik lagunya, nampaknya kita bisa dibilang seumuran. Lagu diatas merupakan pengiring film dari sebuah komik yang dijadikan tontonan untuk anak kecil pada waktu itu termasuk saya. Seekor kucing yang mampu mengeluarkan alat canggih dari sebuah kantong ajaib diperutnya merupakan film yang paling saya gemari, bahkan sampai saat ini saya masih sering menonton kembali film kartun yang biasanya disebut dengan nama doraemon si kucing ajaib.

Alat-alatnya yang dikeluarkan dari kantong si kucing seakan membuat kita semakin berkhayal dengan kegunaan alat tersebut. Coba kalian bayangkan dengan alat canggih seperti baling-baling bambu yang hanya ditempelkan diatas kepala dapat menerbangkan orang keliling angkasa, konyaku penerjemah yang hanya berupa spon dapat menterjemahkan bahasa dari berbagai negara lainnya atau printer tiga dimensi yang dapat membuat permainan sungguhan hanya dengan sebuah printer. Jika kita bayangkan semua itu terjadi dikehidupan komik saja dan akan menjadi hal yang mustahil jika terjadi dikehidupan nyata.

Hal yang sangat mencengangkan sekarang ini adalah sebagian dari innovasi khayalan yang telah diceritakan dalam sebuah komik maupun film tersebut menjadi kenyataan di kehidupan nyata sekarang ini. Dari sebuah peralatan ajaib yang dulu sangat mustahil untuk terwujud di dunia nyata kini sebagian telah menjadi kenyataan dan semua itu merupakan ide khayalan dari seorang pembuat kartun doraemon.
Sekarang kita banyak belajar dari sebuah kartun dengan segudang khayalan kini sebagian berubah menjadi kenyataan. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah impian dapat menjadi kenyataan apabila kita berusaha keras untuk mewujudkanya. Jika kita mampu meresapi setiap episode kartun doraemon, kita akan banyak pelajaran dari film tersebut, diantaranya :
  • Jangan takut bermimpi untuk sesuatu hal yang sangat mustahil sekalipun.
  • Bahwa impian itu akan terwujud seiring berjalannya waktu, disertai usaha dan kerja keras.
  • Impian merupakan keinginan setiap orang dan kantong ajaib itulah merupakan wujud dari kerja keras, usaha dan doa.

Itulah mengapa sejak menonton film doraemon sampai dengan detik ini, saya penasaran dengan negerinya si kantong ajaib doraemon yaitu Jepang. Mungkin ada banyak hal yang ingin saya pelajari juga dari sebuah negeri yang terkenal dengan bunga sakuranya, kebudayaannya, tradisi, wisata dan segala bentuk teknologi tercanggihnya. Walaupun saya belum pernah menginjakkan kaki di negara Jepang namun saya selalu tertarik dan menyempatkan waktu untuk mengenal Jepang lebih dalam melalui informasi yang saya dapatkan dari internet.

Banyak hal yang saya ambil pelajaran dari sesosok negeri bernama Jepang terutama terkait dengan teknologi, wisata dan kebudayaanya. Semua yang berkaitan dengan Jepang menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk ditelusuri. Jepang juga sangat terkenal dengan wisatanya yang menyimpan sejuta pesona. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang mendambakan Jepang sebagai tujuan wisata impiannya. Mungkin berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang Jepang sebelum kalian melakukan perjalanan menuju Jepang agar makin bertambah rasa penasaran kalian.
Let's Explore...
Disiplin adalah slogan yang paling terkenal untuk budaya orang Jepang. Berbagai negara iri dengan sikap dan prilaku masyarkat jepang yang memiliki komitmen kuat untuk tetap disiplin. Hal ini mungkin berbanding terbalik dengan negara yang masih banyak masyarakatnya enggan melakukan kedisiplinan. Di Jepang sendiri memang seluruh komponen masyarakat selalu menerapkan sikap disiplin, baik dilingkungan keluarga maupun dilingkungan luar. Oleh karena itu, budaya prilaku masyarakat jepang sangat berdampak terhadap perkembangan negaranya yang terbukti sangat cepat dan pesat.

Saya sendiri pernah bekerja disebuah perusahaan jepang dibidang otomotif dan selama saya bekerja diperusahaan tersebut banyak hal yang saya pelajari dari karakter orang jepang. Kebetulan sekali atasan saya adalah orang jepang yang sudah lama bekerja di Indonesia, jadi segala bentuk prilakunya memang mencerminkan pemimpin yang sikapnya patut dicontoh dan diterapkan oleh bawahanya. Nah, beberapa budaya perilaku masyarakat jepang yang patut kita contoh lainnya yaitu :
Budaya Jepang selain disiplin juga terkenal dengan kerja keras dan tepat waktu. Selama ini saya juga mengenal "Just in Time" yang bisa dibilang tepat waktu dan tepat guna yang diajarkan selama saya bekerja di perusahaan jepang. Selain itu, budaya yang perlu dicontoh lainnya yaitu budaya antri dan saling menghormati, budaya membuang sampah pada tempatnya dan juga budaya membaca yang merupakan jendela untuk menjelajah dunia. Kalian jangan terkejut jika melihat banyak orang jepang yang memanfaatkan waktu untuk membaca pada saat diruang tunggu, didalam kereta ataupun ditempat umum lainnya.

Di Indonesia memang banyak sekali tradisi kebudayaan dan sebagian tradisi tersebut merupakan adat istiadat suatu penduduk atau kaum. Tradisi kebudayaan itu sendiri adalah suatu kegiatan atau upacara yang memang merupakan peninggalan nenek moyang kita dulu. Begitu juga dengan Jepang, segala bentuk tradisi yang sudah bertahun-tahun dilakukan di Jepang menjadi kebudayaan yang sangat mengagumkan bagi wisatawan asing termasuk Indonesia. Banyak sekali tradisi di Jepang yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur atau sekedar untuk hiburan semata. Nah untuk mengetahui beberapa tradisi kebudayaan jepang yang mengagumkan, Ayo kita telusuri!
Karena sejak kecil saya sangat hobi dengan layang-layang, oleh karena itu saya begitu kagum sekali dengan Tako layang-layang jepang yang sedikit berbeda dari yang lainnya, ukurannya pun terbilang sangat besar dan biasanya akan dapat dijumpai ketika ada festival kebudayaan saja. Selain itu saya juga sangat tertarik dengan kesenian melipat yang mana sudah dari kecil saya diajarkan melipat dan membuat burung dari origami yang ternyata merupakan kebudayaan jepang.

Tradisi kebudayaan Jepang sangatlah mengagumkan dan memiliki rasa khas tersendiri dengan nuansa Jepang. Dan beberapa tradisi lainnmya yang paling saya kagumi adalah pakaian tradisional jepang yang biasa disebut dengan Kimono. Kimono adalah pakaian yang digunakan wanita maupun pria Jepang pada saat musim kemarau. Pakaian ini memiliki khas bentuk lengan yang lebar dan panjang, yang pasti jika kalian mengenakan pakaian ini akan merasakan nuansa jepangnya.

Kalian pasti pernah mendengar JAK-JAPAN MATSURI atau bisa dibilang festival kebudayaan antara Indonesia dan Jepang yang bertempat di Jakarta. Acara ini biasanya diadakan setahun sekali dengan menampilkan kebudayaan antara kedua bangsa tersebut. Matsuri itu sendiri merupakan arti dari kata festival. Saya tidak pernah melewatkan festival Jepang ini, karena hanya dengan mendatangi acara tersebut saya jadi tahu banyak tentang berbagai macam kebudayaan jepang tanpa harus pergi ke Jepang. Di Jepang sendiri ternyata juga memiliki banyak festival yang sangat unik dan menarik. Mari simak infographic berikut:
Ternyata masih banyak lagi festival jepang selain dari yang disebutkan diatas semisal peluncuran balon kertas Kamihinoki-nai, festival lentera kastel Hirosaki dan festival salju Ouchijuku. Semua festival dilakukan sesuai musim yang sedang berlangsung atau biasanya untuk memperingati hari besar tertentu. Festival jepang yang sangat mengagumkan dan membuat rasa keinginan saya bertambah untuk traveling ke Jepang adalah festival Sapporo Yuki Matsuri. Festival yang dilakukan dengan pembentukan 150 patung besar terbuat dari salju dan es dengan karakter seperti tokoh terkenal hingga arsitek dunia dapat kita nikmati di Hokaido saat musim dingin berlangsung.

Selain Saporro Yuki Matsuri, festival yang tidak kalah uniknya yaitu Hina Matsuri, fesival ini dilakukan oleh keluarga yang memiliki anak perempuan dengan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyŨ. Aikita Kanto Matsuri juga merupakan festival unik dengan merentangkan beratus-ratus lentera kertas choochin direntangkan di sepanjang struktur bambu panjang yang tingginya lebih dari 10 meter dan dipamerkan ketika malam hari. Masih banyak festival jepang lainnya yang sangat menarik antara lain Sheijin Shiki, Nabuta Matsuri, Hakata Gion Yamasaka, Tenjin Matsuri, Tanabata dan lain sebagainya.

Negara yang pernah diruntuhkan dengan adanya bom Hirosima dan Nagasaki tersebut ternyata tak pantang menyerah. Walaupun semuanya hancur berkeping-keping namun semua telah berbanding terbalik dengan kondisi yang sekarang ini. Dengan kegigihan orang-orang yang memiliki mimpi, akhirnya semua terwujud segala pencapaianya. Jepang kini merupakan negara yang memiliki tekhologi canggih yang tidak kalah dengan negara-negara lainnya. Berbagai macam tekhologi dibuat untuk memudahkan segala aktifitas manusia.
Mulai dari alat transportasi, robot pembantu manusia, alat medis hingga teknologi luar angkasa semua berasal dari negara Jepang. Hal yang mungkin bisa kalian coba dengan kecanggihan teknologi mutakhir di Jepang yang saat ini menjadi dambaan negara lainnya yaitu alat transportasi cepat seperti Japan Railways (JR). Kalian akan menikmati sensasi kecepatan transportasi darat supercepat di Jepang dengan menggunakan dengan menggunakan JR. Kereta Api Peluru atau biasanya disebut dengan "Shinkansen" memberikan perjalanan sangat cepat dan terpercaya ke hampir semua tempat di Jepang. Selain kereta api cepat juga masih banyak berbagai alat yang membantu kebutuhan manusia dengan teknologi tercanggih lainnya.

Mungkin hal yang satu ini wajib untuk kalian ketahui sebelum melakukan perjalanan menuju ke negeri yang terkenal dengan keindahan bunga sakura. Jepang merupakan negara yang memiliki empat musim diantaranya yaitu Musim Semi (Autumn, Haru), Musim Panas (Summer, Natsu), Musim Gugur (Autumn, Aki) dan Musim Dingin (Winter, Fuyu). Setiap musim pasti memiliki ciri khas yang membedakan selain cuacanya yaitu perayaan atau bisa dibilang sebuah festival. Festival atau dalam bahasa nihongo adalah Matsuri, akan memanjakan kalian semua dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Kunjungi berbagai tempat wisata di Jepang dan jangan pernah melewatkan acara festival yang paling seru.

Wisata Jepang yang memiliki pesona dan keindahan menjadi alternatif liburan bagi kalian yang suka dengan traveling. Wisata yang paling mengagumkan bagi saya adalah Gunung Fuji, karena memang paling populer dan merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan tinggi 3.776 meter diatas permukaan laut, It's Amazing!. Gunung Fuji yang terkenal sebagai icon wisata jepang menjadi daya tarik tersendiri bagi traveller lokal maupun asing yang berkunjung untuk menikmati keindahan gunung tersebut. Gunung Fuji yang gagah dan tinggi sangat cocok sekali bila disandingkan dengan Bunga Sakura yang mekar merona disetiap musim semi, pastinya pemandangan tersebut akan menjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan, begitu indah dan mempesona. Selengkapnya dengan wisata di Jepang ? Let's check it out !
Wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Jigokudani Monkey Park merupakan wisata di Jepang dengan pemandangan monyet-monyet yang sedang mandi disepanjang hari. Keunikan monyet-monyet dan juga panorama disekitar saat musim salju akan menambah keindahan pemandangan. Wisata lainnya yang menarik perhatian untuk dikunjungi antara lain seperti bermain di Tokyo Disneyland, mengunjungi Kastil Himeiji, mengenang sejarah di museum Hirosima Peace Memorial, menikmati keindahan bunga sakura di Ueno Park dan masih banyak wisata seru lainnya.

HIS Travel Indonesia merupakan agen travel terbaik yang direkomendasikan untuk kalian yang ingin melakukan perjalanan ke Jepang. Berbagai kebutuhan untuk melengkapi perjalanan ke Jepang menjadi suatu hal yang sangat diprioritaskan HIS untuk melayani dengan sepenuh hati. Mulai dari reservasi tiket hingga pelayanan tiket, paket personal, paket grup, JR Pass hingga paket tour ke jepang semua telah tersedia. HIS Travel juga memiliki berbagai keunggulan yang berbeda dari agen tour lainnya antara lain :
Kenyamanan Service
HIS Travel bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kalian mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah. Semua pelayanan akan dilakukan semaksimal mungkin demi kenyamanan para pelanggan.

Global Network Pendukung Keamanan
Jaringan global yang dimiliki HIS akan memberikan keuntungan dalam hal mendukung perjalanan kalian. Dengan adanya sistem terbaik akan selalu melayani para pelanggan mulai dari reservasi hingga kembali ke Indonesia.

Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
Dengan memiliki cabang HIS di luar negeri akan memberikan penawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun kalian butuhkan. Jangan kuatir dengan harga murah namun memiliki fasilitas terbaik.

Unggul dalam Individual Tour
HIS Travel juga menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan tempat wisata yang kalian inginkan. Dengan adanya penyusunan perjalanan, kalian akan menikmati perjalanan tanpa harus pusing mempersiapkan segala sesuatunya.
Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
HIS Travel Indonesia ternyata memiliki 273 cabang di Jepang, kalian juga dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, serahkan perjalanan ke Jepang kalian kepada HIS Travel!. Apalagi HIS Travel memiliki paket yang bernama HAnavi. Segala kebutuhan mulai dari pesawat dan hotel semua dipersiapkan dan diatur dengan penuh keharmonisan untuk memberikan pelayanan terbaik dari paket HAnavi. Seperti apa sih paket HAnavi itu, selengkapnya!

HAnavi merupakan sebuah paket hotel dan penerbangan untuk wisata ke Jepang. Semua bentuk pelayanan mulai dari pemesanan tiket pesawat, hotel di wisata tujuan, hingga lokasi wisata di Jepang semua telah disediakan dengan berbagai pilihan. Agenda paket tour liburan ke Jepang juga sudah tersusun rapih dengan harga dan pelayanan terbaik. JAPAN Hotel & Air Package yang telah direkomendasikan untuk segala kebutuhan perjalanan Jepang akan memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik.
Untuk urusan traveling ke Jepang saat ini bukanlah sesuatu hal yang menyulitkan lagi, karena semua telah tersedia dengan HAnavi. Beberapa keunggulan menjadi perioritas HAnavi untuk kalian semua diantaranya:
1. Memberikan pelayanan terbaik untuk paket tour Jepang baik individu maupun berkelompok.
2. Lebih dari 800 Pesawat dan 3.500 kereta dapat kalian pesan.
3. Semua pelayanan dapat kalian akses selama 24 Jam / 7 Hari
4. Kalian dapat dengan mudah cek ketersediaan kursi dan dilanjutkan dengan pemesanan
5. Menghemat waktu traveling kalian, karena kemudahan pelayanannya.
6. Kalian juga dapat mengambil LCC atau menentukan penerbangan lainnya.

HAnavi juga memberikan rekomendasi perjalanan baik dalam domestik maupun luar negeri, kalian dapat mencampur atau mengkombinasikan tour dan kegiatan yang kamu telah persiapakan juga. Dengan Plus One Destination, kalian juga dapat menambahkan satu destinasi wisata untuk kalian jelajahi tanpa harus menambah banyak biaya. Selain itu berbagai tips untuk menyusun akomodasi juga dapat kalian simak pada halaman website berikut HAnavi, agar perjalanan kalian dapat lebih hemat dan juga tersusun sangat rapi. Untuk rekomendasi tempat wisata semua juga tersedia dengan lokasi dan informasi tentang wisata tersebut. So, manfaatkan sebaik mungkin agar liburanmu menyenangkan ya!.

Ingin memiliki tiket penerbangan internasional, ingin merencanakan perjalanan sendiri, ingin menemukan perjalanan baru di Jepang dan melihat pemandangan gunung fuji dari langit semua akan kalian dapatkan hanya dengan HAnavi. Saatnya agendakan segera perjalanan ke Jepang kalian dengan memanfaatkan fitur HAnavi dan dapatkan pengalaman terbaik selama berkunjung ke Jepang.

HIS Amazing Sakura - Blogger Competition
--- Always Pray and Stay Creative ---

Sumber Referensi & Data Pendukung:
http://his-travel.co.id/
http://www.hisgo.co.id
http://sukajepang.com/
http://anekatempatwisata.com
http://www.jnto.or.id
http://www.freepik.com
Infographic artadhitive.com

39 komentar

click to leave a comment!

28 Februari 2017 00.03 Delete comments

Kalau udah sampe ke jepang ajak-ajak ya mas :D

Reply
avatar
28 Februari 2017 10.31 Delete comments

Obsesiku nih, ke Jepang. Ambil separuh hati yg tertinggal di sana :)

Reply
avatar
28 Februari 2017 11.11 Delete comments

jepang, negeri impian, setelah menonton dektektif conan. sama doraemon juga

Reply
avatar
28 Februari 2017 11.12 Delete comments

Gudluck kang aku juga kepengen euy ke Jepang hahaha

Reply
avatar
28 Februari 2017 18.06 Delete comments

we are doraemon fans *tooos*

wah kalo di Indonesia mah, pas naik kereta kebanyakan pada tidur atau malah pd asik sama gadget nya sendiri-sendiri. jarang banget yang baca buku kaya di jepang.

Reply
avatar
1 Maret 2017 21.56 Delete comments

Siap Om !... Nanti tak ajak liat foto2 aku ya...!
Kalo ngak nanti kita berangkat pake paket HAnavi aja yang Murah dan Terjamin!...

Reply
avatar
1 Maret 2017 21.56 Delete comments

Wah sama mbak dari dulu aku juga suka sama jepang!... Pengen banget rasanya pergi kesana!>..

Reply
avatar
1 Maret 2017 21.57 Delete comments

Wah Inspirasi banget mas FIlm film itu yang banyak memberi manfaat dan motivasi hidup...
Semoga kita bisa kesana ya mas!....Kalo ngal doain aku aja biar kesana duluan ya!...

Reply
avatar
1 Maret 2017 21.59 Delete comments

Sama-sama Mbak Herva!... Mudah2an bisa kesana bareng2 ya kita!>..
Apalagi mumpung ada paketan HAnavi yang super lengkap dan mudah untuk digunakan!>..

Reply
avatar
1 Maret 2017 22.00 Delete comments

Wah sama juga ya kita suka doraemon!>..
Aku suka sama ide2nya yang menarik dan terkadang khayalan tingkat dewa yang punya idea...
Semua bisa menjadi impian yang bakalan terwujud di masa yang akan datang.,...

Reply
avatar
2 Maret 2017 00.51 Delete comments

Wah, banyak budaya baik yang patut ditiru dari Jepang, ya :)

Reply
avatar
2 Maret 2017 07.03 Delete comments

Film doraemon gak pernah tua..

Semoga saja aku punya rejeki ke Jepang pengen lihat Sakra sama Gunung Fuji.

Reply
avatar
2 Maret 2017 07.23 Delete comments

keturutan foto sama background bunga sakura aja klo aku udah seneng :p nanti klo ke Jepang nitip tulisan dikertas ya :D

Reply
avatar
2 Maret 2017 19.28 Delete comments

Wah iya mbak...
Jepang memang terkenal dengan budaya orang-orangnya yang patut jadi contoh buat kita2 mbak...
Salam Kenal ya Mbak Indi

Reply
avatar
2 Maret 2017 19.34 Delete comments

Amin... Muda2an aja... Next Travelling kita ke Jepang Yokkk!>....
Kang Deddy Mah udah kemana2... kecil lah kalo mau keJepang mah!...

Reply
avatar
3 Maret 2017 11.00 Delete comments

Woww infografisnya bagus sekali, semoga menang ya mas :)

Reply
avatar
3 Maret 2017 22.33 Delete comments

Siap mas!...InsyaAllah inget selalu om Suga deh...
Kalo perlu kita kesana bareng ya mas...
Semoga aja... Amin...

Reply
avatar
3 Maret 2017 22.35 Delete comments

Amin... Amin... Amin... ya Rabbalamalin...
Pengen banget kesana dan mengijakkan kaki di sana mbak!...
Terimakasih banyak atas doanya... semoga aja mbak juga diberi kesempatan pergi ke Tanah Suci dulu... baru ke Jepang ya mbak...

Reply
avatar
4 Maret 2017 03.42 Delete comments

Tau nggak...aku terpesona sama infografisnya. Ulasan ttng Jepang juga lengkap.

Samaa..aku suka juga dengan Doraemon. Pengen bisa ke negaranya si Nobita pula..

Banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita tiru dari masyarakat/bangsa Jepang.

Goodluck ya lombanya. Pantas jadi juara nih

Reply
avatar
4 Maret 2017 08.32 Delete comments

aku pribadi suka banget sama disiplin nya orang jepang, patut banget buat kita contoh

Reply
avatar
4 Maret 2017 12.14 Delete comments

Nanti minta sesuatu sama doraemon kalau ke Jepang ya mas..he

Reply
avatar
4 Maret 2017 13.10 Delete comments

good luck ya adhi...aku sudah lama pingin banget ke jepang...tetapi ga ada yg ngajak kesana he3...jepang memang tempat wisata yg menyenangkan ya. apalagi ditunjang dengan masyarakatnya yg menjunjung tinggi adat istiadat dan disiplin

Reply
avatar
4 Maret 2017 13.58 Delete comments

saya doakan, semoga artikel in imembawa dirmu ke jepang ya dek. yang semangat, tulisanmu keceh kok, saya terpesona sama gambarnya :D

Reply
avatar
4 Maret 2017 19.57 Delete comments

Ihh kamu kok kalo bikin postingan selalu berwarna-warni keren gitu deh. Ajarin aku dong suhu....

Reply
avatar
5 Maret 2017 08.48 Delete comments

Iya mas ... Mau minta sesuatu sama si pemilik kantong ajaib biar segala sesuatunya dapat terkabulkan...

Reply
avatar
5 Maret 2017 14.30 Delete comments

Sudah lama gak nonton film doraemon, jadi pengen nonton film nya...

Reply
avatar
5 Maret 2017 22.12 Delete comments

Keren nih kalau bisa jalan - jalan ke negeri sakura Jepang. Apalagi dengan travel ini, saya cek di web nya harga - harganya cukup terjangkau. Mungkin yang perlu disiapkan adalah ketika sudah sampai disana. Untuk membeli oleh - olehnya dan kulinernya mungkin perlu dana tambahan. :D
Aku tunggu follow back nya ya :)

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.36 Delete comments

Terimakasih banyak Bunda Raka atas doanya...
Semoga saja impianku terwujud...hhe
Memang banyak yang bisakita contoh dari budaya orang jepang yang kadang aku ngiri banget pengen seperti mereka yang disiplin kerja keras dan rajin baca buku...
Semoga bermanfaat ya Bunda!...

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.37 Delete comments

Iya Perlu banget kita contoh ya Teh Ami
Semoga aja kita bisa memulai berdisiplin dengan diri kita terlebih dahulu...
Semoga bermanfaat ya teh Ami...

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.39 Delete comments

Wah bener banget nih Mbak Prana,... Banyak hal yang bisa kita pelaari dari Jepang...
Semoga aja bermanfaat ya mbak informasinya...
Lain kali aku ajak ke Jepang deh mbak... tapi bayar sendiri ya...ekekke

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.40 Delete comments

Terimakasih Mas Sabda, Amin...
Semoga impianku tersampikan dengan Doa Mas Sabda...
Semoga juga informasi diatas bermanfaat ya mas...

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.41 Delete comments

Iya mas biar mudah dimengerti dan juga terlihat menarik... biar gak bikin orang bosen dengan tulisannya...

InsyaAllah kalo ada waktu deh aku ajarin mas...

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.43 Delete comments

Ih coba mas tonton lagi... pasti berbagai innovasinya ada yang sudah terwujud mas...
Kalo misalkan innovasinya belum terwujud, saatnya giliran mas yang mewujudkannya didunia nyata,,..
Semoga bermanfaat ya!...

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.45 Delete comments

Wah bener banget mas Irfan... Travel ini memang memudahkan dan mewujudkan semua orang yang memiliki impian ke Jepang mas... Aku sendiri kagum banget bisa mengikuti event ini...
Semoga saja bisa terwujud... Semoga bermanfaat ya mas!... Cusslah buat Follbackknya...

Reply
avatar
6 Maret 2017 11.56 Delete comments

jepang negara yg ingin saya kunjugi juga karena katanya ramah turis muslim :)

Reply
avatar
6 Maret 2017 14.38 Delete comments

Salah satu wishlist negara wisata yang pengen aku datengin ya Jepang... Semoga bisa terlaksana, karena semakin ngiler pas liat postingan ini :D amiin

Reply
avatar
20 Maret 2017 01.45 Delete comments

Semoga saja bisa ikut kesana mas dan saya sangat sekali bisa datang kesana juga

Reply
avatar
10 April 2017 10.57 Delete comments

Hahaha... tahu aja isi hatiku, aamiin.. aamiin.. :)

Reply
avatar
11 Juli 2017 07.45 Delete comments

Ini keren banget ini aseli, keren grafisnya... Ajarin dong suhu. Ini kapan pengumumannya? Pengen banget ke Jepang ketemu Giant

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *