5 Aplikasi Online Infographic Mudah, Simple dan Paling Favorite

Hai Sahabat Storylio !
Bicara soal konten kreatif pastinya gak jauh-jauh dari yang namanya tulisan dan design. Belakangan ini banyak sekali para blogger menambahkan berbagai informasi kreatif lainya tidak hanya berupa tulisan namun juga gambar, infographic atau bahkan videomotion. Ya benar saja.... pandangan orang saat ini tentang blog sedikit berubah. Blog yang dulunya identik dengan tulisan dan tulisan, saat ini sudah semakin banyak bentuk gambar atau animasi yang mengiringinya. Blog terlihat lebih menarik dan juga memiliki informasi yang lebih tersampaikan, karena tidak semua orang suka membaca tulisan yang monoton namun lebih tertarik dengan gambar-gambar yang mengandung informasi seperti infographic.

Tidak bisa dipungkiri juga dengan adanya Infographic akan lebih memudahakan kita dalam membuat konten informasi yang lebih kreatif dan mudah dimengerti. Infograhic juga sangat membantu dengan adanya informasi yang didesign kreatif sehingga terlihat menarik dan tidak membosankan. Ada beberapa teknik dalam pembuatan infographic simak deh...
  • Tentukan judul yang singkat, padat dan jelas
Judul merupakan informasi pertama yang akan dibaca oleh para pembaca, jadi sebisa mungkin judul harus singkat, padat dan jelas. Walaupun singkat namun juga harus mampu deskripsikan semua tentang isi dari infographic yang akan kita buat.
  • Informasi yang disampaikan harus ringkas dan pokok
Ingat ya kita buat infographic bukan artikel, sebisa mungkin informasi yang kita sampaikan harus ringkas. Infogarphic adalah informasi yang kita sampaikan dalam bentuk ide design, jadi jangan berharap pembaca untuk menelusuri lebih detail.
  • Data harus atraktif, akurat dan transparan
Informasi data yang disampaikan harus memiliki ukuran yang akurat atau proporsional untuk dilihat. Sumber data informasi yang ditampilkan harus transparan. Jangan lupa menyertakan gambar atau logo yang atraktif untuk menambah visualisasi agar terlihat menarik.
  • Gambar atau chart yang bervariasi lebih menarik
Jangan takut untuk mengkombinasikan style visualisasi bersamaan dalam satu infographic. Gambar yang bervariasi akan membuat infograhic semakin menarik, tentunya nyaman dilihat dan tidak monoton. Tampilan warna yang proporsional juga akan menambah daya tarik.
  • Sertakan informasi sumber, nama atau alamat agar tetap ramah
Seperti yang kita tahu infographic mungkin akan dilihat atau dibagikan tanpa artikel yang kita tulis sendiri. Jadi pastikan infographic mencantumkan beberapa hal penting seperti hak cipta, sumber data, nama desainer, alamat gambar/tulisan asli atau sosial media.

Untuk bisa merealisasikan itu semua pastinya kita membutuhkan alat atau aplikasi dalam membuat infographic. Jangan kuatir sobat!, sekarang ini sudah banyak juga aplikasi online untuk menunjang kita dalam pembuatan infographic. Nah ini ada beberapa aplikasi online yang aku rekomendasikan untuk kalian. Yuk simak dan kunjungi aplikasinya, jangan lupa di praktekkan ya...

1. Easel.ly | Create and share visual ideas
Aplikasi ini sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat report, timeline, resume dan lain sebagainya. Easel.ly juga menyediakan banyak tamplate sehingga memudahkan kalian dalam pembuatan infographic. Easel.ly juga memiliki fitur yang menarik dan pastinya akan lebih simple dan mudah saat menggunakanya. Kunjungi alamatnya dan buat infographicnya.


Berbagai design clipart terdapat pada menu yang telah disediakan, jadi kalian tinggal menggunakannya dengan mudah sesuai objek yang ingin kalian tampilkan. Informasi yang kalian tampilkan akan lebih bermakna dan mudah untuk dimengerti. So, Let's do it!..

2. Piktochart | Magic your Design
Membuat infographic saat ini memang sangat mudah, berbagai aplikasi saat ini banyak melahirkan kemudahan dalam mendesign. Apalagi semua objek muali dari gambar, tamplate dan font yang menarik sudah disediakan. Semua persediaan yang ada pada piktochart telah membuktikan bahwa membuat infographic yang indah tidak perlu membutuhkan waktu yang sangat lama.


Dengan piktochart semua tugasmu akan lebih menarik dan informasi yang kalian tampilkan akan terlihat lebih tersampaikan. 400 lebih tamplate telah disediakan, semua akan membantu segala aktifitas designmu. Tentunya untuk mendapatkan full service kalian harus merogoh kocek yang lumayan, yah setara dengan uang makan selama tiga hari lah. Kalian juga dapat menggunakan secara free alias gratisan. So, Ciptakan konten kreatifmu dengan piktochart.

3. Google Chart | Display live data on your site
Mungkin sebagian infographic tidak hanya berupa tulisan dan gambar, ada juga yang berbentuk chart. Chart berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk diagram, histogram, scatter dan lain sebagainya. Nah ada yang baru dari aplikasi ini. semua didesign agar informasi yang diberikan seolah-olah terlihat seperti nyata dan menarik dengan animasi data yang real.


Coba kalian arahkan kursor pada peta diatas, kalian akan dapat informasi mengenai nama negara beserta peringkat berdasarkan Global School Rankings. Nah, diatas adalah salah satu contoh dari pengaplikasian dari google chart. Tidak berupa peta saja namun juga kalian bisa gunakan google chart sebagai bentuk diagram pie, diagram balok, scatter diagram dan lain sebagainya. So, explore kreatifitasmu bersama google chart.

4. Infogr.am | Make Beautiful Charts & Infographics
Tidak berbeda dengan pembuatan infographic lainnya, infogram juga lebih memfokuskan terhadap pembuatan chart atau graphic dengan proses yang sangat mudah. Kalian akan mendapatkan variasi warna yang baik untuk sebuah diagram dengan nilai yang telah disesuaikan. Dengan tampilan pendukung seperti pengolahan data kalian akan mudah menciptakan gambar graphic dengan mudahnya.


Tampilan yang menarik dan juga sangat informatif akan membuat visualisasinya menjadi lebih mudah untuk dimengerti. Kalian dapat gunakan infogram sebagai alat pendukung untuk menciptakan data seperti keuangan, data kependudukan, ataupun data yang berhubungan dengan tugas akhirmu. So, siapkan dirimu untuk menjadi orang yang kreatif lebih cepat.

5. Creately | At Creately, Your Experience Matters.
Tampilan yang simple dan juga elegan akan membuat infographic kamu semakin menarik dan pastinya akan memberikan informasi sungguhan. Semua akan mudah kalian lakukan dengan creately, yang memiliki aplikasi otomatis untuk membuat berbagai infographic yang ada. Perusahaan besarpun juga banyak yang menggunakan Creately untuk mendesign infographic sebagai laporan perusahaan.


6. Canva | Amazingly Simple Graphic
Semua serasa mudah dengan canva yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan design seperti membuat poster, meme lucu, kata mutiara atau semangat dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membuat mapping concept untuk resolusi barumu dengan canva untuk menemukan ide pemikiran dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu juga kalian dapat gunakan fitur ini melalui smartphone kalian, tapi sayangnya canva masih belum tersedia di smartphone android kesayanganmu hanya bisa melalui IOS atau Ipad. Tapi jangan kuatir sobat karena canva masih bisa kalian gunakan melalui PC atau laptop tentunya secara online dan harung menggunakan browser chrome ya. Ayo saatnya berkreasi dengan canva kapanpun dan dimanapun kalian berada. Canva - Amazingly Simple Graphic!...




Baca juga Artikel : Blog Lebih Menarik dengan Konten Kreatif ala ASUS PC

Sudah saatnya ciptakan konten kreatifmu dengan menggunakan berbagai aplikasi infographic diatas yang sangat recommended untuk kalian. Sekarang tidak perlu waktu lama untuk menciptakan berbagai infographic karena semua memiliki fitur yang sangat memudahkan untuk kalian semua. Nah itulah beberapa informasi terkait dengan tools untuk menciptakan berbagai infographic terfavorit by artadhitive.com semoga bermanfaat untuk kalian semua, salam kreatif dan keep writing!..

--- Always Pray and Stay Creative ---

Labels