search here and find more articles

5 Aplikasi Online Infographic Mudah, Simple dan Paling Favorite

Hai Sahabat Storylio !
Bicara soal konten kreatif pastinya gak jauh-jauh dari yang namanya tulisan dan design. Belakangan ini banyak sekali para blogger menambahkan berbagai informasi kreatif lainya tidak hanya berupa tulisan namun juga gambar, infographic atau bahkan videomotion. Ya benar saja.... pandangan orang saat ini tentang blog sedikit berubah. Blog yang dulunya identik dengan tulisan dan tulisan, saat ini sudah semakin banyak bentuk gambar atau animasi yang mengiringinya. Blog terlihat lebih menarik dan juga memiliki informasi yang lebih tersampaikan, karena tidak semua orang suka membaca tulisan yang monoton namun lebih tertarik dengan gambar-gambar yang mengandung informasi seperti infographic.

Tidak bisa dipungkiri juga dengan adanya Infographic akan lebih memudahakan kita dalam membuat konten informasi yang lebih kreatif dan mudah dimengerti. Infograhic juga sangat membantu dengan adanya informasi yang didesign kreatif sehingga terlihat menarik dan tidak membosankan. Ada beberapa teknik dalam pembuatan infographic simak deh...
  • Tentukan judul yang singkat, padat dan jelas
Judul merupakan informasi pertama yang akan dibaca oleh para pembaca, jadi sebisa mungkin judul harus singkat, padat dan jelas. Walaupun singkat namun juga harus mampu deskripsikan semua tentang isi dari infographic yang akan kita buat.
  • Informasi yang disampaikan harus ringkas dan pokok
Ingat ya kita buat infographic bukan artikel, sebisa mungkin informasi yang kita sampaikan harus ringkas. Infogarphic adalah informasi yang kita sampaikan dalam bentuk ide design, jadi jangan berharap pembaca untuk menelusuri lebih detail.
  • Data harus atraktif, akurat dan transparan
Informasi data yang disampaikan harus memiliki ukuran yang akurat atau proporsional untuk dilihat. Sumber data informasi yang ditampilkan harus transparan. Jangan lupa menyertakan gambar atau logo yang atraktif untuk menambah visualisasi agar terlihat menarik.
  • Gambar atau chart yang bervariasi lebih menarik
Jangan takut untuk mengkombinasikan style visualisasi bersamaan dalam satu infographic. Gambar yang bervariasi akan membuat infograhic semakin menarik, tentunya nyaman dilihat dan tidak monoton. Tampilan warna yang proporsional juga akan menambah daya tarik.
  • Sertakan informasi sumber, nama atau alamat agar tetap ramah
Seperti yang kita tahu infographic mungkin akan dilihat atau dibagikan tanpa artikel yang kita tulis sendiri. Jadi pastikan infographic mencantumkan beberapa hal penting seperti hak cipta, sumber data, nama desainer, alamat gambar/tulisan asli atau sosial media.

Untuk bisa merealisasikan itu semua pastinya kita membutuhkan alat atau aplikasi dalam membuat infographic. Jangan kuatir sobat!, sekarang ini sudah banyak juga aplikasi online untuk menunjang kita dalam pembuatan infographic. Nah ini ada beberapa aplikasi online yang aku rekomendasikan untuk kalian. Yuk simak dan kunjungi aplikasinya, jangan lupa di praktekkan ya...

1. Easel.ly | Create and share visual ideas
Aplikasi ini sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat report, timeline, resume dan lain sebagainya. Easel.ly juga menyediakan banyak tamplate sehingga memudahkan kalian dalam pembuatan infographic. Easel.ly juga memiliki fitur yang menarik dan pastinya akan lebih simple dan mudah saat menggunakanya. Kunjungi alamatnya dan buat infographicnya.


Berbagai design clipart terdapat pada menu yang telah disediakan, jadi kalian tinggal menggunakannya dengan mudah sesuai objek yang ingin kalian tampilkan. Informasi yang kalian tampilkan akan lebih bermakna dan mudah untuk dimengerti. So, Let's do it!..

2. Piktochart | Magic your Design
Membuat infographic saat ini memang sangat mudah, berbagai aplikasi saat ini banyak melahirkan kemudahan dalam mendesign. Apalagi semua objek muali dari gambar, tamplate dan font yang menarik sudah disediakan. Semua persediaan yang ada pada piktochart telah membuktikan bahwa membuat infographic yang indah tidak perlu membutuhkan waktu yang sangat lama.


Dengan piktochart semua tugasmu akan lebih menarik dan informasi yang kalian tampilkan akan terlihat lebih tersampaikan. 400 lebih tamplate telah disediakan, semua akan membantu segala aktifitas designmu. Tentunya untuk mendapatkan full service kalian harus merogoh kocek yang lumayan, yah setara dengan uang makan selama tiga hari lah. Kalian juga dapat menggunakan secara free alias gratisan. So, Ciptakan konten kreatifmu dengan piktochart.

3. Google Chart | Display live data on your site
Mungkin sebagian infographic tidak hanya berupa tulisan dan gambar, ada juga yang berbentuk chart. Chart berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk diagram, histogram, scatter dan lain sebagainya. Nah ada yang baru dari aplikasi ini. semua didesign agar informasi yang diberikan seolah-olah terlihat seperti nyata dan menarik dengan animasi data yang real.


Coba kalian arahkan kursor pada peta diatas, kalian akan dapat informasi mengenai nama negara beserta peringkat berdasarkan Global School Rankings. Nah, diatas adalah salah satu contoh dari pengaplikasian dari google chart. Tidak berupa peta saja namun juga kalian bisa gunakan google chart sebagai bentuk diagram pie, diagram balok, scatter diagram dan lain sebagainya. So, explore kreatifitasmu bersama google chart.

4. Infogr.am | Make Beautiful Charts & Infographics
Tidak berbeda dengan pembuatan infographic lainnya, infogram juga lebih memfokuskan terhadap pembuatan chart atau graphic dengan proses yang sangat mudah. Kalian akan mendapatkan variasi warna yang baik untuk sebuah diagram dengan nilai yang telah disesuaikan. Dengan tampilan pendukung seperti pengolahan data kalian akan mudah menciptakan gambar graphic dengan mudahnya.


Tampilan yang menarik dan juga sangat informatif akan membuat visualisasinya menjadi lebih mudah untuk dimengerti. Kalian dapat gunakan infogram sebagai alat pendukung untuk menciptakan data seperti keuangan, data kependudukan, ataupun data yang berhubungan dengan tugas akhirmu. So, siapkan dirimu untuk menjadi orang yang kreatif lebih cepat.

5. Creately | At Creately, Your Experience Matters.
Tampilan yang simple dan juga elegan akan membuat infographic kamu semakin menarik dan pastinya akan memberikan informasi sungguhan. Semua akan mudah kalian lakukan dengan creately, yang memiliki aplikasi otomatis untuk membuat berbagai infographic yang ada. Perusahaan besarpun juga banyak yang menggunakan Creately untuk mendesign infographic sebagai laporan perusahaan.


Semua terasa mudah dengan creately yang dapat digunakan seperti aplikasi design basic yang memiliki banyak fitur dan clipart. Kalian juga bisa membuat mapping concept dengan creately untuk menemukan ide pemikiran dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu juga kalian dapat gunakan fitur ini melalui smartphone kalian sehingga semua jenis lapaoran kamu dapat gunakan kapanpun dan dimanapun kalian berada. Ayo, Create to Real-Time collaboration & Projects !...

Baca juga Artikel : Blog Lebih Menarik dengan Konten Kreatif ala ASUS PC

Sudah saatnya ciptakan konten kreatifmu dengan menggunakan berbagai aplikasi infographic diatas yang sangat recommended untuk kalian. Sekarang tidak perlu waktu lama untuk menciptakan berbagai infographic karena semua memiliki fitur yang sangat memudahkan untuk kalian semua. Nah itulah beberapa informasi terkait dengan tools untuk menciptakan berbagai infographic terfavorit by artadhitive.com semoga bermanfaat untuk kalian semua, salam kreatif dan keep writing!..

--- Always Pray and Stay Creative ---

41 komentar

click to leave a comment!

6 Februari 2017 12.33 Delete comments

Biasanya saya pakai Canva. Itu juga jarang banget din bikin infographic. Gak ada waktunya. Tapi boleh lah infonya disimpan. Siapa tau lagi pengen bikin lagi :)

Reply
avatar
6 Februari 2017 12.42 Delete comments

Wah CAnva juga bagus sih mbak... Tapi suka error kalo saya yang pake hehe...
Secara laptopnya gak mumpuni...
Semoga bermanfaat ya informasinya...

Reply
avatar
6 Februari 2017 13.23 Delete comments

ya ampun, baa ini jadi mupeng. AKu masih apa adana bange. Blogku masih sederhana, huhuhu.. makasih sharingnya ya

Reply
avatar
6 Februari 2017 14.19 Delete comments

aku belum tahu semua kang hahaha biasanya canva doang to mentok :p nuhun infonya kang pantesang euy juara pake yg canggih :p apa akunya yg kudet yah hahaa

Reply
avatar
6 Februari 2017 15.29 Delete comments

Sama-sama Mbak Widya...
Semoga aja bisa bermanfaat untuk buat laporan keuangan ke suami ya mbak...heheh

Reply
avatar
6 Februari 2017 15.31 Delete comments

Hahaha Mbak Herva bisa aja...
Iya mbak kita harus sering-sering eksplore informasi biar gak ketinggalan jaman...
Kalo Carva sih aku belum pernah coba soalnya Gak bisa di browser aku...

Reply
avatar
6 Februari 2017 15.32 Delete comments

Iyuppp Bener banget mas Fajar...
Mungkin ini lebih ke buat grafik yang automatis gitu mas...
Terus tersedia gambar2 ciamik yang udah disediakan... tinggal pake deh pokoknya...

Reply
avatar
6 Februari 2017 16.00 Delete comments

Akumah ngandelin corel aja bang.
sama sedikit photoshop.
imajinasi juga tentunya :)

Reply
avatar
6 Februari 2017 17.36 Delete comments

Mau dicoba ah... Saya biasanya pake sotosop... Tapi kalo ada yang instan kenapa g dicoba

Reply
avatar
6 Februari 2017 18.16 Delete comments

agak bingung mas, makainya, ada yang free, tpi ada juga yang harus bayar untuk beberapa design di situs itu.
ya cukup terbantu juga sih, klu untuk presentasi yang baru belajar sama pro , heheh

Reply
avatar
7 Februari 2017 05.16 Delete comments

Aku cuman pake google earth 😂😂😂😂

Reply
avatar
7 Februari 2017 08.19 Delete comments

Lagi pengin coba coba bikin info grafik juga biar blog makin ketjeh kaya blog ini :(

Reply
avatar
7 Februari 2017 08.30 Delete comments

saya pakenya corel *ya emang bisanya juga cuma itu hehe

kalau buat animasi biasanya pake aplikasi apa mas? *butuh referensi

Reply
avatar
7 Februari 2017 10.12 Delete comments

Iya mas gak semuanya itu gratis... Ada beberapa fitur tambahan yang mengharusan kita untuk membayar... Ya kalo aku sih suka cari yg gratisan aja heheh... Klo masih bingung bolehlah beralih yang softwer manual aja.
Siapa tahu bisa...

Reply
avatar
7 Februari 2017 10.13 Delete comments

Wah kerenlah kalo begitu mah... Mantab sekali bang irul....
Pantesan blognya kece badai ....

Reply
avatar
7 Februari 2017 10.14 Delete comments

Hahaha iya pake gooogel earth apa google chart...
Kali aja masnya mau jalan-jalan keliling dunia hehe...

Reply
avatar
7 Februari 2017 10.16 Delete comments

Siap... Kalo mau makin kece sering sering latihan mas...
Ditunggu ya karyanya...

Reply
avatar
7 Februari 2017 10.17 Delete comments

Wah kalo pake corel biasanya udah expert nih,,,
Kalo buat animasi gerak aku biasanya pke sotoshop mas...
Lain kali deh aku buat tutorailnya hehe...

Reply
avatar
7 Februari 2017 10.18 Delete comments

Wah sotoshop juga enak mas... apalagi makannya pake nasi...
Silahkan dicoba.... banyak2in praktek yang penting ya...

Reply
avatar
7 Februari 2017 16.45 Delete comments

wah...sip ini, tak tunggu mas *anak desain yg ngga bisa animasi* XD

itu yg animasi buat konten blog juga pakenya potosop?

Reply
avatar
7 Februari 2017 21.41 Delete comments

semakin banyak praktik semakin butuh banyak kuota hihihi

Reply
avatar
8 Februari 2017 02.55 Delete comments

ya mas, heheheh. lebih mahir pake manual mas . :)
karena powerpointkan induknya 5 aplikasi yang mas posting.

Reply
avatar
8 Februari 2017 10.17 Delete comments

Iya mas aku pakai photoshop... Kalo amimasi gak geraknya sih pake corel mas lebih mudah soalnya...

Reply
avatar
10 Februari 2017 10.49 Delete comments

Aku baru tau yang Piktochar aja.
bagus banget.

Cuma kadang masih kaku gitu kalau bikin, bingung soal padu padan warnanya. Kalau udah bete, yaudah hitam putih akhirnya hahaha.

Makasih ya... infonya..
Aku bookmark dulu kapan kapan kalau mau nyobain bikin infografis selain pake piktochart bisa pake aplikasi yang lain :D

Reply
avatar
11 Februari 2017 10.31 Delete comments

saya coba ke tekapeh, harus regiser dulu :D tadinya niat nyoba,

bagus saya suka yang piktochart, jadi tertantang bikin infografis pakai adobe, ahaha, habisnya saya punya aplikasi tapi di anggurin,

memang ngeblog sekarang udah bergeser, ga melulu soal tulisan, malah harus dicombine dengan gambar agar terlihat menarik

Reply
avatar
13 Februari 2017 12.02 Delete comments

Aaaaakkkkk maaci qaqaaaa buat infonya refrensi banget buat aku yang blog nya masih tulisan 2 tok. Hehehe

Reply
avatar
13 Februari 2017 12.16 Delete comments

wihhh keren, aku juga suka desain tapi biasa pakai photoshop sama illustrator aja sih...

Reply
avatar
13 Februari 2017 15.38 Delete comments

Siap Mbakyu...Monggo...
Semoga informasnya bermanfaat ya...

Reply
avatar
13 Februari 2017 22.31 Delete comments

Info yang sangat bermanfaat

Follow www.mangandosetiawan.com

Reply
avatar
14 Februari 2017 05.46 Delete comments

Mas, ada gak aplikasi infogratis yang bisa di install di PC atau Android gitu?

Reply
avatar
14 Februari 2017 13.20 Delete comments

gillls keceeee terbuaikkkkkkkkkkk :D

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.35 Delete comments

Iyup Bener banget banget bang Sabda...
Makin kesini makin banyak blogger yang multiskill...
Mau ngak mau kita harus makin belajar dan terus menambah skill kit juga...
termasuk bikin infografis semacam itu...

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.37 Delete comments

Iya mas kalo bisa pakai photoshop dan islustrator mending bikin infografisnya pakai itu..

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.42 Delete comments

Iya mas bener banget... Basicnya dari power point soalnya ya...
Kalo buat pake power point sih bisa juga sepertinya ya..

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.43 Delete comments

Iya mbak May... Semoga bermanfaat ya...
Di tunggu lho hasil infographicnya..

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.44 Delete comments

Wah kalo setau sya yang manual punya seperti corel atau ilustrator mas...
Kalo yang manual jadul pake power point juga bisa...
Monggo di jajal...

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.46 Delete comments

Iya Makasih Mbakyu...

Semoga bermanfaat ya... Salam kenal...

Reply
avatar
15 Februari 2017 05.55 Delete comments

Hahaha... kuota terbayarkan kok mas sama hasil karya kita...
Semakin menarikkan semakin banyak mendatangkan uang mas heheh

Reply
avatar
3 Maret 2017 10.41 Delete comments

Wah bagus sekali infonya mas. Andai saya bisa memakai aplikasi ini yaa..

Secara saya orangnya gaptek banget, kalau buka aplikasi malah bingung dan ga kelar-kelar hehe..

Yadah yang biasa dulu lah, siapa tahu besok-besok ada waktu mempelajari biar ga gaptek terus. TFS yaa mas.. :)

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *