Follow Google+

Part Of Blogger

Photobucket

Statistic

DMCA.com Protection Status

Popular Posts


Art dan Adhi adalah dua kata yang tidak akan pernah terpisahkan, dengan adanya dua kata tersebut terciptalah karya creative itulah awal mulanya artadhitive dilahirkan. Art Design memang luas kaitanya, tapi segala sesuatu itu bermula dari Art Design, Art Design bukan hanya coretan tinta, bukan hanya goresan garis dan bukan hanya gesturan mouse melainkan adalah kehidupan seni yang setiap orang memilikinya. Art Design adalah Seni yang berhak dimiliki setiap manusia karena goresan tangan yang bodoh sekalipun bisa menghasilkan karya seni yang luar biasa.
Art of Adhi Creative ...

Instagram

Instagram

Advertise 970x90

Panduan Design

Follow This Site

Google+ Followers

Butuh Apartment ?

Friday, 4 November 2016

Sukses Muda dengan Mudahnya Jadi Usahawan Bersama Ralali.com

Susahnya mencari pekerjaan dengan lapangan kerja yang semakin sempit, membuat penganguran terus meningkat. Prihatin sih, dengan permasalahan bangsa kita yang satu ini. Banyaknya pelajar dan mahasiswa yang baru lulus dari pendidikannya malah semakin menambah angka pengangguran. Persaingan semakin ketat dan jumlah perusahaan yang terbilang masih tetap, sudah pasti tidak akan pernah menyelesaikan masalah ini.

Sebagai generasi muda sudah sepantasnya kita mampu ambil tindakan dalam menciptakan peluang usaha, bukan hanya sekedar mencari peluang. Kita tidak bisa terus menerus mengandalkan pemerintah untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada lulusan-lulusan baru yang jumlahnya lumayan banyak. Seharusnya kita lah yang harus berperan aktif untuk membangun lapangan pekerjaan tersebut. 

Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, Anda Tetap Seorang Pegawai...
Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bos nya...
- Bob Sadino -

Kata penyemangat yang dikatakan oleh pengusaha dan juga motivator Bob Sadino sebaiknya menjadi pemicu kita untuk selalu berfikir maju. Itulah yang harusnya menjadi pendorong kita untuk mengambil langkah menjadi seorang pengusaha. Pengusaha itu tidak memandang usia dan juga status, baik itu muda maupun tua, lulusan sekolah maupun sarjana, semua berhak untuk menjadi pengusaha.

Saya sangat sedih terhadap bangsa ini, setelah melihat data-data yang saya dapatkan dari beberapa sumber. Mari kita coba tenggok infographic dibawah ini pada tenaga kerja Indonesia. Berapakah pengangguran saat ini ?
Jika kita lihat dari infographic di atas, Indonesia merupakan negara terbesar kedua di Asean dengan jumlah pengangguran yang cukup banyak. Sedangkan data pengangguran di Indonesia sendiri mengalami penurunan pada tahun 2016 sebanyak 0,8% dari total pengangguran tahun sebelumnya. Meskipun terjadi penurunan namun angka ini masih cukup tinggi, dan ini membuktikan bahwa masih banyak orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Sebagai generasi muda kita harus turut serta dalam mengurangi pengangguran yang semakin hari semakin meningkat. Permasalahan ini tidak akan terselesaikan jika kita hanya menunggu dan menunggu. Ayolah kita jadi pemuda yang kreatif dalam menciptakan usaha baru dan menambah jumlah pengusaha muda di Indonesia. Di antara negara Asean sendiri bangsa kita masih sedikit pengusaha mudanya. coba kita telusuri infographic dibawah ini !
Dari data di atas kita bisa simpulkan bahwa Indonesia menjadi negara yang paling rendah dalam mencetak pengusaha muda dibandingkan dengan negara Asean lainnya. Indonesia hanya memiliki 1,5% pengusaha dari 252 juta penduduk Tanah Air dan setidaknya masih membutuhkan 1,7 juta lagi untuk mencapai angka 2%. Angka tersebut masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara Asean lainya yang sudah mencapai angka rata-rata 4%.

Rasa takut bersaing dan takut gagal inilah salah satu faktor yang menjadi penghambat pertumbuhan pengusaha muda di Indonesia. Yang harus kita lakukan adalah menghilangkan rasa takut dan kegagalan dalam benak kita, kemudian mulailah mencoba. Dengan terciptanya pengusaha baru, Indonesia akan mampu dalam menghadapi persaingan yang ketat di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan datang.
Tuh lihatlah mereka !

Mereka adalah beberapa pengusaha muda Indonesia yang sudah berhasil dalam bidang usahanya. Keberhasilan produk mereka pun sudah tersebar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan beberapa diantara mereka terdaftar sebagai "30 Under 30 Asia" yang dilansir oleh Majalah Forbes setiap tahunnya. Pastinya ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pengusaha muda seperti mereka.

Menjadi Pengusaha muda memang tidak hanya bermodal semangat namun juga kemauan yang keras untuk terus berjuang dalam membangun sebuah usaha. Ada kisah suka maupun duka yang menemani perjalanan mereka hingga sampai saatnya meraih kesuksesan walaupun di usia mereka yang terbilang masih sangat muda.
Tiga poin penting di atas lah yang mendasari saya untuk ikut terjun dalam membangun usaha di usia saya yang masih muda. Karena saya yakin akan ada jalan ketika kita memiliki keinginan keras untuk memulai dalam suatu bidang usaha. Tidak mudah memang, tapi kita perlu mencoba untuk membuktikan dan mengetahui setidaknya kemampuan kita saat mengelolah usaha tersebut. Saya akui memang diperlukan sekali pengorbanan dan perjuangan.
Sebagai orang yang mencintai design, membuat saya ingin memiliki usaha yang berkaitan dengan bidang saya. Pernah terbesit dalam pemikiran saya untuk membuka usaha percetakan, karena usaha inilah yang memiliki keterkaitan dengan design. Tapi setelah saya telusuri dari berbagai informasi bahwa usaha percetakan memiliki banyak bidang usahanya, seperti percetakan buku, percetakan foto, percetakan media iklan dan masih banyak lagi.

Akhirnya memutuskan untuk mengambil usaha percetakan pada bidang sablon kaos, sesuai bakat yang ditularkan orang tua saya dalam mendesign model kaos. Menurut saya fashion itu adalah jiwanya anak muda saat ini, mengingat banyaknya anak muda yang lebih suka tampil dengan gaya fashion mereka. Selain design ada beberapa strategi yang perlu saya perhatikan demi kemajuan bisnis sablon yang saya kelola, diantaranya...
1. Menciptakan ide design yang kreatif
Dengan adanya design yang menarik dijamin banyak orang yang melirik, apalagi design tersebut menjadi trending fashion dikalangan anak muda saat ini. Perlu adanya trik khusus dalam mendesign sebuah kaos mulai dari Reference Idea, Drawing Sketch, Colouring, dan yang terakhir adalah Applying to Media.
Proses design creative untuk sablon kaos

2. Menentukan target pasar
Kita harus cermat dalam menentukan target pasar mulai dari jenis kelamin, status pendidikan, tingkat usia, dan status ekonomi. Karena saya usahanya dibidang sablon jadi untuk target pasar sudah jelas untuk semua kalangan. Namun ada beberapa keterbatasan dalam hal produksi terkait objek yang akan disablon salah satunya benda yang tidak beraturan.

3. Tempat yang strategis untuk toko & produksi
Tempat adalah menjadi faktor utama saya dalam proses pembuatan produk dan juga pemasaran. Tempat yang strategis dapat meningkatkan produksi dan juga memperluas market. Selain menjual dari toko saya juga menjual lewat online untuk memperluas market saya dibidang usaha sablon yang saat ini menjadi pemamasukan terbesar saya.
Toko sekaligus tempat untuk produksi kaos

4. Menentukan harga produk
Kadang sempat bingung juga sih dalam menentuan harga produk, harus dilakukan dengan selektif sesuai dengan modal yang dikeluarkan agar bisa meraih keuntungan, ya walaupun sedikit yang penting lumayan. Tapi kalo temen sendiri yang order kadang suka tidak tegaan soal harga, ujung-ujungnya untung minim, tapi yang terpenting orderan jalan terus.

5. Menentukan kualitas & kapasitas produksi
Sebagai pemula usaha mungkin ini yang harus lebih diperhatikan mengingat kualitas itu penting. Jika kualitas produk kita bagus, pasti banyak orang yang menjadi pelanggan tetap kita. Soal kuantitas juga perlu untuk diperhitungkan saat kita sepakat dengan waktu yang ditentukan, jangan sampai terlewat batas waktunya. So, ini penting banget buat kalian yang merasa kapasitasnya hanya mampu sedikit, jangan sekali-kali menerima orderan dengan kapasitas besar atau diluar dari kemampuan kita. Ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan kita.
Beberapa produk dengan kualitas terbaik dari kami

6. Pemasaran produk
Sekarang ini sudah jamannya digital alias teknologi internet yang memudahkan kita dalam melakukan promosi. Jangkauan internet lebih luas dari marketing lokal, apa salahnya kita mencoba beralih ke internet marketing. Apalagi sudah banyak toko online yang menyediakan lapak untuk majang barang dagangan kita. Manfaatkan tekhnologi sebaik mungkin untuk kelancaran dan kemajuan usaha kita.

7. Berdoa dan tetap bersabar
Dan yang terakhir adalah semuanya itu perlu proses dan yang menentukan hasil akhir dari perjuangan kita yaitu Tuhan semesta alam, jadi terus berdoa dan tetap bersabar. Secapek apapun kita berusaha, sebanyak apapun waktu yang terbuang, sebesar apapun harta yang kita keluarkan semuanya memiliki arti tersendiri buat Sang Pencipta. Tetep semangat !!!

Itulah beberapa strategi saya dalam meningkatkan usaha dibidang sablon yang saya geluti saat ini. Pastinya butuh dukungan dan informasi lebih agar tidak berhenti di tengah jalan. Apalagi di era perkembangan jaman saat ini, kita tidak perlu bingung dan tidak perlu bersusah payah lagi dalam menciptakan sebuah usaha. Dengan diiringi kemajuan teknologi digital sekarang ini sudah banyak memudahkan dan membantu kita dalam segala hal, termasuk menciptakan peluang usaha yang menjadi keinginan kita. Salah satunya yaitu dengan Rarali.com.
Apa itu Ralali.com ?

Ralali merupakan online marketplace B2B terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dalam beragam katagori bisnis. Dengan Ralali antara penjual dan pembeli dapat melalukan transaksi online secara bulk atau grosir. Yang menjadi landasan Ralali adalah bagi para pemula usaha dapat memulai usahanya dengan berkulakan di Ralali.com
Ralali.com sebagai jembatan antara para pelaku usaha dengan market yang besar yang menjual secara grosir kepada para pelaku usaha maupun yang baru memulai usaha. Berbeda dengan aplikasi online lainya Ralali lebih mengutamakan marketplace B2B.

Apa sih itu B2B ?

B2B adalah kepanjangan dari Business to Business, sebuah transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya. Misal : Pengusaha interior dengan pemilik cafe, Pemilik usaha Ban dengan Pemilik usaha Bengkel Mobil, dll
Tahu gak perbedaaan Ralali dengan toko online lainnya ?

Ralali.com lebih mengutamakan marketplace B2B yang artinya "Business to Business". Jadi bagi kalian yang ingin memesan perlengkapan usaha kalian bisa dengan mudah mencari distributor atau agen melalui ralali.com. Berbeda dengan toko online lainya yang menggunakan sistem B2C (Business to Costumer) atau C2C (Costumer to Costumer).
Nah, makin mudahkan sekarang dalam memenuhi kebutuhan bisnis kalian. Ralali B2B Marketplace ini juga sangat cocok bagi kalian yang ingin memulai usaha tanpa harus mencari-cari agen yang lebih murah lagi. Saat ini ralali.com sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Jadi tidak perlu ragu lagi, sudah saatnya deh beralih ke ralali.com.
Mau belanja barang dagangan masih harus dateng ke agen toko, sampai disana ternyata tokonya tutup. Mau pulang kerumah harus nunggu taksi kalo gak ada terpaksa naik ojek. Sampai rumah barang dagangan abis banyak pelanggan yang nanyain. Niat jualan gak sih ! Costumer kecewa. Kemungkinan tadi tidak bakalan kalian jumpai jika kalian berbelanja di Ralali B2B Marketplace, karena Ralali memiliki keunggulan sebagai berikut :
1. Praktis dan Mudah
Belanja tinggal pakai ujung jari, lebih mudah begitu praktis tanpa keluar biaya untuk bahan bakar dan waktu saat macet. Belanja gak harus datengin tokonya, jamannya sudah berubah mbak dan mas tinggal pesen langsung di antar.

2. Aman dan Terpercaya
Belanja makin tenang dan pastinya barang yang sedang dipesan sudah sampai aja di depan rumah. Transaksi yang aman dan terpercaya tidak usah dikhawatirkan karena semua sudah diatur dengan pengamanan yang maksimal.

3. Efisien dan Transparan
Belanja selain mudah, praktis, aman juga efisien dan trasnparan. Kalian bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Harga yang relatif lebih murah bisa kalian dapatkan dengan mudahnya. Transaksi semua transparan tidak ada yang perlu ditutup-tutupi.
Terus gimana caranya order menggunakan Ralali ?

Untuk melakukan transaksi dengan menggunakan Ralali tidak berbeda jauh dengan pemesanan barang seperti toko online lainnya. Proses yang cepat dan pastinya mudah digunakan untuk semua kalangan baik yang masih muda-muda atau pun yang sudah dewasa dan berumur cukup.
Hal yang pertama harus kalian lakukan yaitu kunjungi website Ralali.comkemudian lanjutkan untuk melakukan pendaftaran dengan klik tombol register pada pojok kanan atas.
Saatnya kamu isi semua kolom sesuai dengan data diri kalian, jalan lupa untuk menggeser swipe to verify Ini penting sekali karena untuk menjaga keamanan kalian. Setelah semua diisi silahkan klik daftar sampai muncul tulisan seperti diatas Registrasi Sukses.
Ada banyak kategori jika belanja di Ralali, karena saya usaha dibidang sablon dan membutuhkan kaos yang polos saya mulai mencari kategori dengan kata textile, kemudian dilanjutkan dengan kata pakaian dan dalam sekejab semuanya sudah tertera disana.
Semuanya sudah ada sesuai kategori yang saya inginkan, saat nya tinggal pilih barang yang saya inginkan. Karena saya orangnya ngirit jadi saya mencoba membandingkan terlebih dahulu dengan harga yang lumayan murah.
Semua sudah masuk keranjang dan saatnya melakukan pembayaran melalui online juga, ada banyak jenis Bank jadi tidak perlu khawatir dalam proses pembayaran. Apalagi sekarang sudah ada mobile banking jadi lebih mudah untuk proses transaksinya deh.
Akhirnya sampai juga pada kesimpulan kita kali ini. Semua yang saya rangkum mulai dari data pengangguran di Indonesia, beralih ke kompetisi pengusaha muda era ekonomi asia setingkat Asean hingga dan pengusaha muda Indonesia yang sudah berhasil dengan hasil karyanya. Bukan tanpa maksud dan tujuan dari pribadi diri saya sendiri untuk mencoba mengingatkan, mengajak, dan menyemangati kalian para calon pengusaha Indonesia untuk terus aktif dan ikut campur dalam pengembangan dunia usaha di Indonesia. Masih ingatkah isi sumpah pemuda ?
Itulah jati diri pemuda Indonesia yang bersatu padu, bersama-sama untuk membangun bangsa ini menjadi negara yang maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain diseluruh dunia. Semoga kita bisa memaknai arti sumpah pemuda ini sebagai semangat kita dalam menggapai impian kita menjadi pengusaha sukses yang pastinya bersama Ralili.com.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kalian semangat berwirausaha. So, Tunggu apa lagi ayo kita menggunakan Ralali untuk meraih impian kita menciptakan usaha dengan semangat sumpah pemuda !
--- Always Pray and Stay Creative ---- 
Sumber dan data pendukung :
http://ralali.com
http://bps.go.id
http://bisnis.liputan6.com/
http://www.hipmi.org
http://www.suara.com/bisnis
Dokumen Pribadi

94 comments:
Write comments
  1. Bermanfaat mas, bisa dicoba nih :)
    Oh iya, ralali itu artinya tidak lupa ya .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ora : tidak, lali : itu lupa.. kalo digabung tidak lupa...
      hahah tau deh kalo yang ngasih nama maksudnya apa...

      Delete
  2. Replies
    1. ralali itu artine yo ora lali... tidak lupa...

      Tidak lupa kalo mau kulakan ya di ralali.com..

      Delete
  3. Yang tua, juga boleh kan ya berwirausaha dan berjiwa muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya boleh aja mbak Milda... Yang penting semangat Muda ya...

      Delete
  4. menarik nie, gw gak tau nir masih masuk muda pa gak, tapi meluncur ah.. cek rick webnya, kayak akibaba kali ya ini grosiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini web grosiran, jadi murah2 mbak Puput...
      coba aja cek...ckck

      Delete
  5. Dengan adanya ralali.com ini tentu menjadi kabar gembira ya kang untuk orang yang mau berwirausaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget kang Nurul... Pastinya memperlancar urusan soal kulakan barang dagangan...

      Delete
  6. Mantap informasi nya, terima kasih bang. Salam kenal ya dari @kakdidik13

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap semoga bermanfaat buat mas DIdik

      salam kenal juga mas Didik...

      Delete
  7. Bisa dicoba, biarpun saya tidak muda lagi. Hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarpun gak muda pasti jiwanya muda kan...

      terus semangat ya mbak Anisa

      Delete
  8. Siapa yang ngk mau jadi pengusaha muda mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo mau silahkan lah dikunjungi....

      biar gampang kulakannya mas...heheh

      Delete
  9. Aku terkesima sama infographic nya. Jago amat sih huu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih mbak... cuma mengantisipasi aja yang males pada baca hehe...

      Delete
  10. Baru sempet berkunjung nih, Dhi. heheee..
    aku juga pingin punya usaha sendiri, Baca awal kalimat ada kata pengangguran jadi syeediih.
    eh itu kalo pesen kaosnya bisa gak yang sablon? kamu punya sablon kaos??

    aku malah fokus ke gambar sama grafike. hehee.. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gpp mas... yang penting silaturahim kita tetep berjalan...

      Iya mas sekarang aku punya usaha sablon...
      Mau nyablon juga toh ?

      Delete
    2. Pinginya sih gitu, Dhi.
      Berapaan emang kalo pesen? hehee..
      kalo bisa jangan kemahalan, hehee

      Delete
    3. Hahah... tenang aja sih, kan kita sahabat blogger!..
      Mending Japri saya aja mas!...
      Lewat email atau apa lah!...

      Gak enak sama tetangga!....heheh

      Delete
    4. Japri ya Jaringan Pribadi.. Maksudnya Personal Chat gtu mas..hehe

      Delete
  11. Cukup bikin penasaran, langsung meluncur ke ralali ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap deh... monggo dijajal... siapa tau dari situ bisa langsung jadi pengusaha sukses...

      Delete
  12. Mas tolong desain grafisnya biasa aja bisa? Haha,

    Intinya semacam tempat kulakan online ya? Meluncur ke TKP.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak Meriska Putri saya ajarin deh...Ikhlas kok walaupun gak dibayar...

      Iya mbak disitu mbak bisa kulakan online dengan harga yang murah meriah...

      Delete
  13. komplit banget penjelasannya, suskse yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak Tuty Semoga bermanfaat buat menjadi referensi usaha,...

      Delete
  14. salah fokus deh sama desainnya, eye catching banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee... terimakasih mbak...
      Semoga lebih mudah dicerna dan bermanfaat

      Salam Kenal ya...

      Delete
  15. Salam kenal Mas..
    Infographicnya kece euuyy...

    Aku setuju banget kalau semakin hari tingkat pengangguran di Indonesia semakin banyak. Apalgi dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini. Nggak sedikit perusahaan yang mem-freeze penambahan pegawai baru.

    Makanya aku salut banget sama anak muda yang berani memulai bisnis. Berani ambil risiko bisnis yang nggal selalu menguntungkan. Sedangkan aku masih terjebak di dalam birokrasi perusahaan yang ngejelimet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam balik mbak Wian...

      Makanya ak kadang juga prihatin mbak walaupun usahaku masih kecil2an setidaknya aku sudah mencoba berusaha diusia aku yang masih muda...doakan aku ya semoga bisa maju dan tetap berjaya disini...

      semoga mbak diberikan kemudahan dalam meraih cita2nya juga...

      Delete
  16. Semoga sukses usaha sablonnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih Mas Mirwan...
      Kalo sukses biar bisa jalan2 bareng bang mirwan ye...

      Delete
  17. Iya, gue juga termasuk pengangguran nih. Soalnya masih kerja freelance. :')

    Keren juga nih Ralali! Gue baru tahu sumpah. Ahaha. Apalagi itu sistemnya B2B. Masih jarang banget emang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget kang Yoga personel WIRDY

      Buru2 deh ciptain usaha biar makin kece hidup bang YAS

      Delete
  18. keren ya, support UKM banget sih ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mas harus itu,... Ini penting sekaligus berpengaruh terhadap kemajuan bangsa kita mas...

      Monggo di coba... ojo lali yo...

      Delete
  19. Wah, smakin hari kita smakin dipermudah ya dhi' dngan teknologi yg smakin canggih ini.
    Smoga dngan kehadiran ralali.com ini tingkat pengangguran diseluruh indonesia dapat ditekan lagi supaya dpat diminimalisir dngan inisiatif dalam berwirausaha.

    Dan sperti biasa, desain kmu kren2 dhi', sngat mudah dipahami dan mndukung pmbhasan. Ajarin dong dhi'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas Reyhan, Ini merupakan inovatif dan pastinya bakalan berdampak kepada
      1. Meningkatkan lapangan pekrjaan
      2. Menurunkan pengangguran di Indonesia
      3. Kita bisa menjadi salah satu pengusaha muda
      4. .......

      No 4 diisi sendiri ya...

      Posisi di jakarta timur mas kalo mau belajar mampir sini aja..

      Delete
  20. Suka banget lihat anak anak muda semakin kreatif dan nggak melulu ngelamar pekerjaan. Sukses yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih dapet kunjungan balik dari mbak Dewi,...
      Iya mbak semoga makin kreatif anak indonesia dalam berkreasi dan berwirausaha...

      Delete
  21. Keren nih. Baru tau ada yg model B2B. Kirain sama dengan toko online yang lain. Semoga usaha mu lancar bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien.... makasih mas Tomi...

      Semoga bermanfaat ya...

      Delete
  22. Wah baru tau nih ane,,
    langsung cek TKP dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo gan...
      Semoga bermanfaat ya mas Eksapedia

      Delete
  23. Replies
    1. Bisa aja deh... Mang Cumi mah udah jadi bos kali...
      Bos traveling... Sukses selalu ya...
      Moga aja aku kecipratan kalo lagi jalan-jalan...

      Delete
    2. Amien ... jadi bos untuk diri sendiri meskipun melelahkan tapi di syukuri
      Ayo semangat piknik hehehe

      Delete
  24. Keren ilustrasinya gan..as always. Podium lagi nih sepertinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak beda jauh lah sama punya mas Juni...
      Suka aja sama tampilan webnya mas juniawan...keren
      kapan2 ajarin yak...

      Semoga bermanfaat artikelnya...

      Delete
  25. Berbisnis selagi muda, yes!! Setuju banget Mas Adhi :)
    Informasi juga lengkap banget, grafiknya wow! aku nggak bosen ngebacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mbak Ningrum...
      Semoga bermanfaat dan pastinya membuat kita jadi semangat Usahanya!...
      Tetap semangat ya!...

      Delete
  26. kebetulan saya masih muda yang bercita-cita ingin jadi usahawan sukses seperti contoh-contoh usahawan sukses yang ada diatas...pelajari dengan seksama ah...sapah tau rejeki saya ada disinih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya Mang Lembu masih muda kok...
      Silahkan dicoba deh... siapa tau dapet jodoh juga dari sini...

      jangan ampe ada yang kelewat ya!...

      Delete
    2. ya mudabalik lagi untuk lebih mempertegas pelajaran tenang jadipengusaha muda yang mudah di Ralalidotcom, kemarin ada poin yang kelewat soalnya

      Delete
  27. tulisan ini bisa aku ceritakan kepada anakku yang masih kecil,
    semoga suatu hari bisa mengikuti kesuksesan dari mas artadhitive

    menginspirasi sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas semoga bermanfaat ya...
      Sukses selalu buat anaknya...

      Tetap Semangat and Stay Creative

      Delete
  28. SAYA TURUT ANDIL DALAM HASIL PENGUMUMAN INI DIMANA SEBELUM NYA SUDAH TERLEWATI DARI TANGGAL YANG SUDAH DITENTUKAN KEMUDIAN SAYA PROTES DENGAN BAHASA YANG KASAR, LALU RALALI MENJAWAB KATANYA DIUNDUR / DIPERPANJANG PADAHAL TIDAK ADA PEMBERITAHUAN SEBELUM SAYA PROTES.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sabar Mungkin Nanti kedepanya buat intropeksi para penyelenggara supaya kejadian ini tidak terulang kembali...

      Delete
  29. Baru tau nih tentang ralali. kalo udah tau mah berarti ga bakalan lupa karena namanya juga ga lupa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Bener banget mas fajrin!...
      Mudah mudahan gak lupa juga sama sukses mudanya ya!...

      Delete
  30. Baru tau nih tentang ralali. kalo sekalinya udah tau, berarti ga bakalan lupa dong karena dari namanya aja tuh udah ga lupa... =D

    ReplyDelete
  31. Ini buat di lombakan juga yaaa wah banyak banget ya lomba blog itu.
    kalo aku jadi jurinya pasti aku pilih sebagai pemenang ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kang leon Bisa aja!...Sukses juga buaat lombanya ya!...
      Tetep semangat kang!...

      Delete
  32. Replies
    1. Terimakasih Mbak Mei Wulandari!
      Tetap Semangat ya!...

      Delete
  33. baru tau Ralali.
    wow bermanfaat ya.
    membantu anak-anak muda yang berjiwa usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak soalnya dengan ralali semuanya jadi serba mudah ...gak perlu repot2 dan pastinya bisa langsung mulai...

      Delete
  34. Selamat ya mas... Anda layak jadi Juara.... Lomba blog yang diadakan NgeBLOG.Me kali ini pesertanya luar biasa banyak banget, keren mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terimakasih mas... Semoga lain kali giliran mas Hendara yang berkesempatan!...
      Tetap semangat ya mas!...

      Delete
  35. semangat menjadi pengusaha muda,,amin

    ReplyDelete
  36. Lengkap banget! Selamat ya juara 3. Sangat informatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak Helena mantra,..
      Semoga bermanfaat ya...
      Tetap semangat ya!

      Delete
  37. Replies
    1. Terimakasih mas Budy... Semoga bermanfaat
      Keep Writing mas!..

      Delete
  38. wah juara 3! selamat ya mas!
    menarik banget ralali ini. semoga tidak kalah saing dengan startup startup yang lain yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Terimakasi Mas Agi...
      Semoga bermanfaat ya....
      Keep Writing and Stay Creative...

      Delete
  39. Bangga banget lihat para pengusaha-pengusaha muda, semoga kedepannya makin banyak pengusaha-pengusaha di negeri ini, semakin muda dan sukses kalau perlu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya Mbak Irly... mudah mudah2an aj bukan cuma daftar diatas doang yang sukses... pastinya kita juga bakalan sukses menyaingi mereka di dunia nasional dan internasional....

      Delete
  40. Dari contoh enterpreneur di atas, aku sering baaca tuh di majalah bisnis profiling mereka, emang beneran salut
    Tapi kadang niat buat maju ada aja kendalanya ya, termasuk kendala mental...sudah siapkah di awal menanggung risiko alias merangkak dari bawah dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget mbak Gustyanita...sya juga awalnya bingung...
      tapi kalo kita gak pernah mencoba gak akan tahu seberapa jauh kemampuan kita!...
      tetep lah harus mencoba hasil akhir mah belakangan...

      Keep writing and stay creative...

      Delete
  41. Setidaknya ralali menambah pilihan. Semakin banyak tersedia online marketplace ini akan memudahkan seseorang untuk jadi pengusaha. Majulah dunia usaha Indonesia.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bener banget deh ini mas Alris!
      Semakin banyak toko online semakin memudahkan starup baru untuk lebih kreatif lagi ya mas!...
      sukses ya mas !...

      Delete
  42. Replies
    1. Wah kedatengan master nih!... Pinarak mbak!...

      Matursuwun ngeh doane sedoyo...

      Delete
  43. Gak kaget jadi juara 3, artikel dan info grafiknya keren banget... Selamat ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang Maman, terimakasih banyak atas dukungannya!...
      Semoga bermanfaat buat siapa saja yang berkunjung di halaman blog saya !...

      Delete
  44. dari dulu saya kepingin sekali memiliki usaha walau kecil-kecilan, tapi belum ada modal ....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakusah pke modal mas...Cari kerjasama aj sperti saya buka usha ini,...

      Delete

Interested for our works and services?
Get more of our update !