Sukses Muda dengan Mudahnya Jadi Usahawan Bersama Ralali.com

Apa itu Ralali.com ? Ralali merupakan platform marketplace B2B terbesar di Indonesia. Dengan Ralali antara penjual dan pembeli dapat melalukan transaksi online secara bulk atau grosir. Yang menjadi landasan Ralali.com adalah bagi para pemula usaha dapat memulai usahanya dengan berkulakan di Ralali.com.

Susahnya mencari pekerjaan dengan lapangan kerja yang semakin sempit, membuat penganguran terus meningkat. Prihatin sih, dengan permasalahan bangsa kita yang satu ini. Banyaknya pelajar dan mahasiswa yang baru lulus dari pendidikannya malah semakin menambah angka pengangguran. Persaingan semakin ketat dan jumlah perusahaan yang terbilang masih tetap, sudah pasti tidak akan pernah menyelesaikan masalah ini.

Sebagai generasi muda sudah sepantasnya kita mampu ambil tindakan dalam menciptakan peluang usaha, bukan hanya sekedar mencari peluang. Kita tidak bisa terus menerus mengandalkan pemerintah untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada lulusan-lulusan baru yang jumlahnya lumayan banyak. Seharusnya kita lah yang harus berperan aktif untuk membangun lapangan pekerjaan tersebut. 

Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, Anda Tetap Seorang Pegawai...
Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bos nya...
- Bob Sadino -

Kata penyemangat yang dikatakan oleh pengusaha dan juga motivator Bob Sadino sebaiknya menjadi pemicu kita untuk selalu berfikir maju. Itulah yang harusnya menjadi pendorong kita untuk mengambil langkah menjadi seorang pengusaha. Pengusaha itu tidak memandang usia dan juga status, baik itu muda maupun tua, lulusan sekolah maupun sarjana, semua berhak untuk menjadi pengusaha.

Saya sangat sedih terhadap bangsa ini, setelah melihat data-data yang saya dapatkan dari beberapa sumber. Mari kita coba tenggok infographic dibawah ini pada tenaga kerja Indonesia. Berapakah pengangguran saat ini ?
Jika kita lihat dari infographic di atas, Indonesia merupakan negara terbesar kedua di Asean dengan jumlah pengangguran yang cukup banyak. Sedangkan data pengangguran di Indonesia sendiri mengalami penurunan pada tahun 2016 sebanyak 0,8% dari total pengangguran tahun sebelumnya. Meskipun terjadi penurunan namun angka ini masih cukup tinggi, dan ini membuktikan bahwa masih banyak orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Sebagai generasi muda kita harus turut serta dalam mengurangi pengangguran yang semakin hari semakin meningkat. Permasalahan ini tidak akan terselesaikan jika kita hanya menunggu dan menunggu. Ayolah kita jadi pemuda yang kreatif dalam menciptakan usaha baru dan menambah jumlah pengusaha muda di Indonesia. Di antara negara Asean sendiri bangsa kita masih sedikit pengusaha mudanya. coba kita telusuri infographic dibawah ini !
Dari data di atas kita bisa simpulkan bahwa Indonesia menjadi negara yang paling rendah dalam mencetak pengusaha muda dibandingkan dengan negara Asean lainnya. Indonesia hanya memiliki 1,5% pengusaha dari 252 juta penduduk Tanah Air dan setidaknya masih membutuhkan 1,7 juta lagi untuk mencapai angka 2%. Angka tersebut masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara Asean lainya yang sudah mencapai angka rata-rata 4%.

Rasa takut bersaing dan takut gagal inilah salah satu faktor yang menjadi penghambat pertumbuhan pengusaha muda di Indonesia. Yang harus kita lakukan adalah menghilangkan rasa takut dan kegagalan dalam benak kita, kemudian mulailah mencoba. Dengan terciptanya pengusaha baru, Indonesia akan mampu dalam menghadapi persaingan yang ketat di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan datang.
Tuh lihatlah mereka !

Mereka adalah beberapa pengusaha muda Indonesia yang sudah berhasil dalam bidang usahanya. Keberhasilan produk mereka pun sudah tersebar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan beberapa diantara mereka terdaftar sebagai "30 Under 30 Asia" yang dilansir oleh Majalah Forbes setiap tahunnya. Pastinya ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pengusaha muda seperti mereka.

Menjadi Pengusaha muda memang tidak hanya bermodal semangat namun juga kemauan yang keras untuk terus berjuang dalam membangun sebuah usaha. Ada kisah suka maupun duka yang menemani perjalanan mereka hingga sampai saatnya meraih kesuksesan walaupun di usia mereka yang terbilang masih sangat muda.
Tiga poin penting di atas lah yang mendasari saya untuk ikut terjun dalam membangun usaha di usia saya yang masih muda. Karena saya yakin akan ada jalan ketika kita memiliki keinginan keras untuk memulai dalam suatu bidang usaha. Tidak mudah memang, tapi kita perlu mencoba untuk membuktikan dan mengetahui setidaknya kemampuan kita saat mengelolah usaha tersebut. Saya akui memang diperlukan sekali pengorbanan dan perjuangan.
Sebagai orang yang mencintai design, membuat saya ingin memiliki usaha yang berkaitan dengan bidang saya. Pernah terbesit dalam pemikiran saya untuk membuka usaha percetakan, karena usaha inilah yang memiliki keterkaitan dengan design. Tapi setelah saya telusuri dari berbagai informasi bahwa usaha percetakan memiliki banyak bidang usahanya, seperti percetakan buku, percetakan foto, percetakan media iklan dan masih banyak lagi.

Akhirnya memutuskan untuk mengambil usaha percetakan pada bidang sablon kaos, sesuai bakat yang ditularkan orang tua saya dalam mendesign model kaos. Menurut saya fashion itu adalah jiwanya anak muda saat ini, mengingat banyaknya anak muda yang lebih suka tampil dengan gaya fashion mereka. Selain design ada beberapa strategi yang perlu saya perhatikan demi kemajuan bisnis sablon yang saya kelola, diantaranya...
1. Menciptakan ide design yang kreatif
Dengan adanya design yang menarik dijamin banyak orang yang melirik, apalagi design tersebut menjadi trending fashion dikalangan anak muda saat ini. Perlu adanya trik khusus dalam mendesign sebuah kaos mulai dari Reference Idea, Drawing Sketch, Colouring, dan yang terakhir adalah Applying to Media.
Proses design creative untuk sablon kaos

2. Menentukan target pasar
Kita harus cermat dalam menentukan target pasar mulai dari jenis kelamin, status pendidikan, tingkat usia, dan status ekonomi. Karena saya usahanya dibidang sablon jadi untuk target pasar sudah jelas untuk semua kalangan. Namun ada beberapa keterbatasan dalam hal produksi terkait objek yang akan disablon salah satunya benda yang tidak beraturan.

3. Tempat yang strategis untuk toko & produksi
Tempat adalah menjadi faktor utama saya dalam proses pembuatan produk dan juga pemasaran. Tempat yang strategis dapat meningkatkan produksi dan juga memperluas market. Selain menjual dari toko saya juga menjual lewat online untuk memperluas market saya dibidang usaha sablon yang saat ini menjadi pemamasukan terbesar saya.
Toko sekaligus tempat untuk produksi kaos

4. Menentukan harga produk
Kadang sempat bingung juga sih dalam menentuan harga produk, harus dilakukan dengan selektif sesuai dengan modal yang dikeluarkan agar bisa meraih keuntungan, ya walaupun sedikit yang penting lumayan. Tapi kalo temen sendiri yang order kadang suka tidak tegaan soal harga, ujung-ujungnya untung minim, tapi yang terpenting orderan jalan terus.

5. Menentukan kualitas & kapasitas produksi
Sebagai pemula usaha mungkin ini yang harus lebih diperhatikan mengingat kualitas itu penting. Jika kualitas produk kita bagus, pasti banyak orang yang menjadi pelanggan tetap kita. Soal kuantitas juga perlu untuk diperhitungkan saat kita sepakat dengan waktu yang ditentukan, jangan sampai terlewat batas waktunya. So, ini penting banget buat kalian yang merasa kapasitasnya hanya mampu sedikit, jangan sekali-kali menerima orderan dengan kapasitas besar atau diluar dari kemampuan kita. Ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan kita.
Beberapa produk dengan kualitas terbaik dari kami

6. Pemasaran produk
Sekarang ini sudah jamannya digital alias teknologi internet yang memudahkan kita dalam melakukan promosi. Jangkauan internet lebih luas dari marketing lokal, apa salahnya kita mencoba beralih ke internet marketing. Apalagi sudah banyak toko online yang menyediakan lapak untuk majang barang dagangan kita. Manfaatkan tekhnologi sebaik mungkin untuk kelancaran dan kemajuan usaha kita.

7. Berdoa dan tetap bersabar
Dan yang terakhir adalah semuanya itu perlu proses dan yang menentukan hasil akhir dari perjuangan kita yaitu Tuhan semesta alam, jadi terus berdoa dan tetap bersabar. Secapek apapun kita berusaha, sebanyak apapun waktu yang terbuang, sebesar apapun harta yang kita keluarkan semuanya memiliki arti tersendiri buat Sang Pencipta. Tetep semangat !!!

Itulah beberapa strategi saya dalam meningkatkan usaha dibidang sablon yang saya geluti saat ini. Pastinya butuh dukungan dan informasi lebih agar tidak berhenti di tengah jalan. Apalagi di era perkembangan jaman saat ini, kita tidak perlu bingung dan tidak perlu bersusah payah lagi dalam menciptakan sebuah usaha. Dengan diiringi kemajuan teknologi digital sekarang ini sudah banyak memudahkan dan membantu kita dalam segala hal, termasuk menciptakan peluang usaha yang menjadi keinginan kita. Salah satunya yaitu dengan Rarali.com.
Apa itu Ralali.com ?

Ralali merupakan online marketplace B2B terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dalam beragam katagori bisnis. Dengan Ralali antara penjual dan pembeli dapat melalukan transaksi online secara bulk atau grosir. Yang menjadi landasan Ralali adalah bagi para pemula usaha dapat memulai usahanya dengan berkulakan di Ralali.com
Ralali.com sebagai jembatan antara para pelaku usaha dengan market yang besar yang menjual secara grosir kepada para pelaku usaha maupun yang baru memulai usaha. Berbeda dengan aplikasi online lainya Ralali lebih mengutamakan marketplace B2B.

Apa sih itu B2B ?

B2B adalah kepanjangan dari Business to Business, sebuah transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya. Misal : Pengusaha interior dengan pemilik cafe, Pemilik usaha Ban dengan Pemilik usaha Bengkel Mobil, dll
Tahu gak perbedaaan Ralali dengan toko online lainnya ?

Ralali.com lebih mengutamakan marketplace B2B yang artinya "Business to Business". Jadi bagi kalian yang ingin memesan perlengkapan usaha kalian bisa dengan mudah mencari distributor atau agen melalui ralali.com. Berbeda dengan toko online lainya yang menggunakan sistem B2C (Business to Costumer) atau C2C (Costumer to Costumer).
Nah, makin mudahkan sekarang dalam memenuhi kebutuhan bisnis kalian. Ralali B2B Marketplace ini juga sangat cocok bagi kalian yang ingin memulai usaha tanpa harus mencari-cari agen yang lebih murah lagi. Saat ini ralali.com sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Jadi tidak perlu ragu lagi, sudah saatnya deh beralih ke ralali.com.
Mau belanja barang dagangan masih harus dateng ke agen toko, sampai disana ternyata tokonya tutup. Mau pulang kerumah harus nunggu taksi kalo gak ada terpaksa naik ojek. Sampai rumah barang dagangan abis banyak pelanggan yang nanyain. Niat jualan gak sih ! Costumer kecewa. Kemungkinan tadi tidak bakalan kalian jumpai jika kalian berbelanja di Ralali B2B Marketplace, karena Ralali memiliki keunggulan sebagai berikut :
1. Praktis dan Mudah
Belanja tinggal pakai ujung jari, lebih mudah begitu praktis tanpa keluar biaya untuk bahan bakar dan waktu saat macet. Belanja gak harus datengin tokonya, jamannya sudah berubah mbak dan mas tinggal pesen langsung di antar.

2. Aman dan Terpercaya
Belanja makin tenang dan pastinya barang yang sedang dipesan sudah sampai aja di depan rumah. Transaksi yang aman dan terpercaya tidak usah dikhawatirkan karena semua sudah diatur dengan pengamanan yang maksimal.

3. Efisien dan Transparan
Belanja selain mudah, praktis, aman juga efisien dan trasnparan. Kalian bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Harga yang relatif lebih murah bisa kalian dapatkan dengan mudahnya. Transaksi semua transparan tidak ada yang perlu ditutup-tutupi.
Terus gimana caranya order menggunakan Ralali ?

Untuk melakukan transaksi dengan menggunakan Ralali tidak berbeda jauh dengan pemesanan barang seperti toko online lainnya. Proses yang cepat dan pastinya mudah digunakan untuk semua kalangan baik yang masih muda-muda atau pun yang sudah dewasa dan berumur cukup.
Hal yang pertama harus kalian lakukan yaitu kunjungi website Ralali.comkemudian lanjutkan untuk melakukan pendaftaran dengan klik tombol register pada pojok kanan atas.
Saatnya kamu isi semua kolom sesuai dengan data diri kalian, jalan lupa untuk menggeser swipe to verify Ini penting sekali karena untuk menjaga keamanan kalian. Setelah semua diisi silahkan klik daftar sampai muncul tulisan seperti diatas Registrasi Sukses.
Ada banyak kategori jika belanja di Ralali, karena saya usaha dibidang sablon dan membutuhkan kaos yang polos saya mulai mencari kategori dengan kata textile, kemudian dilanjutkan dengan kata pakaian dan dalam sekejab semuanya sudah tertera disana.
Semuanya sudah ada sesuai kategori yang saya inginkan, saat nya tinggal pilih barang yang saya inginkan. Karena saya orangnya ngirit jadi saya mencoba membandingkan terlebih dahulu dengan harga yang lumayan murah.
Semua sudah masuk keranjang dan saatnya melakukan pembayaran melalui online juga, ada banyak jenis Bank jadi tidak perlu khawatir dalam proses pembayaran. Apalagi sekarang sudah ada mobile banking jadi lebih mudah untuk proses transaksinya deh.
Akhirnya sampai juga pada kesimpulan kita kali ini. Semua yang saya rangkum mulai dari data pengangguran di Indonesia, beralih ke kompetisi pengusaha muda era ekonomi asia setingkat Asean hingga dan pengusaha muda Indonesia yang sudah berhasil dengan hasil karyanya. Bukan tanpa maksud dan tujuan dari pribadi diri saya sendiri untuk mencoba mengingatkan, mengajak, dan menyemangati kalian para calon pengusaha Indonesia untuk terus aktif dan ikut campur dalam pengembangan dunia usaha di Indonesia. Masih ingatkah isi sumpah pemuda ?
Itulah jati diri pemuda Indonesia yang bersatu padu, bersama-sama untuk membangun bangsa ini menjadi negara yang maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain diseluruh dunia. Semoga kita bisa memaknai arti sumpah pemuda ini sebagai semangat kita dalam menggapai impian kita menjadi pengusaha sukses yang pastinya bersama Ralili.com.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kalian semangat berwirausaha. So, Tunggu apa lagi ayo kita menggunakan Ralali untuk meraih impian kita menciptakan usaha dengan semangat sumpah pemuda !
--- Always Pray and Stay Creative ---- 
Sumber dan data pendukung :
http://ralali.com
http://bps.go.id
http://bisnis.liputan6.com/
http://www.hipmi.org
http://www.suara.com/bisnis
Dokumen Pribadi

COMMENTS

BLOGGER: 94
Loading...
Nama

6th Indonesian Pearl Festival 2016,1,Abutours.com,1,Adobe Premier Pro,1,Asusintel,1,Award,1,Babasal Mombasa,1,Backsound,2,Bangga di Banggai,1,Be Gravitasi,1,Bika Bogor,1,Bika Bogor Talubi,1,Biznis,1,Blog Design,18,Blogger,24,Bumper,1,CC 2015,1,Citra Maja Raya,1,Colidan,1,Competition,29,Competition DEV+,1,Corel Draw X7,1,Coreldraw,1,CV Design,1,Cyko Handbreak,1,dealoka,1,Designer,5,Dotcomforme.com,1,Education,6,Ekspresikan Dirimu,1,Elevenia,1,Excite Shop,1,FestHAM2016,1,Footer,1,FSB,1,Goverment PR,1,HAnavi,1,Header,6,HIS Travel Indonesia,1,hostinger,1,Indramayu Kota Budaya,1,Influenzer,31,Inspirasi Astra,1,JIBB,1,Kuliner Bogor,1,Lawan Neuropati,1,Luna Smartphone,1,Main Post,3,Marketz,3,Milkshake,1,Motion Graphic,2,Neurobion,1,Neuropati,1,Obat maag paling ampuh,1,Oleh-oleh Bogor,1,Oleh-oleh Khas Bogor,1,Pesona Jawa Tengah,1,Pop Ice,1,Ralali.com,2,Review,26,rukamen,1,Serumah.com,1,sewa apartemen,1,Shop n Drive,2,Sidebar,8,Skyscanner,1,Software,3,Sound Effect,2,Sponsor,12,Storylio,1,Tips Blogging,3,Tips Design,3,Travel,8,Traveloka,2,Tutorial Blog,1,Tutorial Motion,1,Vector,1,Video Editor,5,Video Effect,1,Visit Tidore Island,1,Youtuber,6,
ltr
item
Artadhitive | Daily Content Creator: Sukses Muda dengan Mudahnya Jadi Usahawan Bersama Ralali.com
Sukses Muda dengan Mudahnya Jadi Usahawan Bersama Ralali.com
Apa itu Ralali.com ? Ralali merupakan platform marketplace B2B terbesar di Indonesia. Dengan Ralali antara penjual dan pembeli dapat melalukan transaksi online secara bulk atau grosir. Yang menjadi landasan Ralali.com adalah bagi para pemula usaha dapat memulai usahanya dengan berkulakan di Ralali.com.
https://2.bp.blogspot.com/-oIhbvluIToA/WBtxzsq8wKI/AAAAAAAAGRc/kWI3tZlTVHI7HZnb3qB79jMdUL1DbHInACLcB/s1600/Ralali.gif
https://2.bp.blogspot.com/-oIhbvluIToA/WBtxzsq8wKI/AAAAAAAAGRc/kWI3tZlTVHI7HZnb3qB79jMdUL1DbHInACLcB/s72-c/Ralali.gif
Artadhitive | Daily Content Creator
http://www.artadhitive.com/2016/11/sukses-muda-dengan-mudahnya-jadi-usahawan-bersama-ralali-com.html
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/2016/11/sukses-muda-dengan-mudahnya-jadi-usahawan-bersama-ralali-com.html
true
9208609652601285124
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy