Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Versi Ngeblogku

Ngeblog merupakan hobi yang sering kali melupakan kehidupan saya yang sebenernya, entah kenapa saya lebih suka ngeblog dari pada kebiasaan yang sering dilakukan yaitu chating dan update status. Blog adalah salah satu ungkapan khusus dari seorang penulis yang dapat mempengaruhi para pembacanya, tidak heran jika saya salah satunya orang yang terlena jika sudah berada didepan laptop dan menulis artikel tentang banyak hal. Kebiasaan ini mulai muncul belakangan ini karena dari artikel yang saya buat mampu memberikan manfaat dan pengaruh positif kepada semua orang yah walaupun tidak semua artikel.

Sedikit cerita terkait pertama kalinya ngeblog adalah semasa saya duduk dibangku SMA dulu. Saat itu merupakan hari dimana jaringan internet diperkenalkan di sekolah dan pembahasan awalnya yaitu tentang blog. Pengenalan blog saat itu memang sangat menarik, pasalnya guru saya bilang bahwa blog bisa menghasilkan uang tambahan bagi kalian yang hobi menulis. Merasa diri saya bukan orang yang hobi menulis bahkan bingung sekali jika harus menulis, akhirnya untuk terjun didunia blog pun sirna begitu saja. Sesaat setelah itu guru saya juga berkata bahwa :

"Setiap orang memang tidak dilahirkan sebagai seorang penulis tetapi 
semua orang pasti bisa menulis"
Menulis untuk mengungkapkan perasaaan senangmu, sedihmu, kesalmu, dan gagasanmu.  Dengan menulis dunia akan tahu siapa dirimu walaupun kalian sudah tidak ada nantinya. 

Sejak kata itu diluncurkan akhirnya menjadi pemicu saya untuk membuat sebuah blog gratisan dan mulai menulis. Saat itu tulisan saya masih dibilang sangat pendek hanya dua paragraf, itupun sebatas curhatan tentang kenakalan teman-teman di sekolah. Walaupun hanya curhatan tapi seiring berjalannya waktu saya mulai terfikir untuk mencoba menulis berbagai pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, berbagai tips dalam permasalahan hidup dan informasi seputar pelajaran. Alhasil hal semacam itu menjadi suatu kegiataan yang sangat bermanfaat, inspiratif, memotivasi orang lain dan menyenangkan.

Bagi pemilik blog pasti tidak asing dengan kata blog walking atau biasa diartikan dengan jalan-jalan ke blog orang lain. Kebiasaan ini menjadi sesuatu hal yang sangat positif karena dapat menambah pertemanan dan juga bisa saling tukar pemikiran antara pemilik blog. Begitu juga dengan saya yang sering kali mengunjungi blog orang lain untuk menambah pertemanan. Banyak dari mereka yang awalnya tidak saya kenal kemudian seiring berjalannya waktu kita menjadi teman yang akrab dan mendukung satu sama lain.

Banyak hal yang saya pelajari dari kegiatan semacam blog walking. Mencermati setiap tampilan blog dan gaya bercerita blog orang lain menjadi poin utama yang saya pelajari. Terlebih lagi dengan tampilan blog karena saya lebih suka dengan hal yang berbau design blog. Nama domain blog juga sering menjadi bahan pengamatan saya karena lucu, unik dan menarik. Kebanyakan dari mereka juga sudah menggunakan domain pribadi alias domain berbayar dan hal itulah yang mendorong saya untuk mengubah domain ini menjadi Top Level Domain (TLD).

Eits... belum tau apa itu TLD atau Top Level Domain ?

Ternyata banyak manfaat yang saya dapatkan setelah merubah nama domain yang awalnya subdomain menjadi Top Level Domain. Ringkasnya alamat domain akan membuat seseorang semakin mudah untuk mengingatnya. Walaupun nama domain saya sedikit sulit untuk diucapkan namun banyak orang yang sudah mulai menghafal nama domain artadhitive dotcom. Nama domain yang saya pilih ini merupakan kata yang memiliki makna mendalam sebagai penyemangat untuk diri saya pada khususnya. Selain itu beberapa manfaat lain yang saya rasakan setelah memiliki domain pribadi diantaranya sebagai berikut.


Semenjak tampilan domain dipersingkat dengan dotcom saya semakin tampil percaya diri didunia sosial media. Domain blog yang makin meramping pastinya membuat blog saya terlihat profesional. Saya lebih aktif dalam menulis blog dan juga menyebarluaskan artikel blog melalui sosial media lainnya. Dulu sebelum memiliki domain sendiri saya sangat malu dan ragu untuk bergabung dengan komunitas blog, namun saat ini semua telah berubah dengan adanya dotcom dibelakang nama domain saya. Beberapa komunitas blog saya ikuti untuk menunjukan eksistensi saya didunia blog, ternyata banyak pelajaran dan pertemanan yang saya dapatkan melalui komunitas tersebut.
Dalam komunitas itu saya belajar berbagai hal tentang blog mulai dari teknik penulisan artikel yang baik dan benar, memahami tentang Search Engine Optimation (SEO) suatu blog dan juga memberikan masukan yang membangun antara pemilik blog lainnya. Saya menjadi orang yang paling beruntung ketika menjadi bagian dari komunitas blog tersebut, karena berbagai macam hal yang saya tidak ketahui sebelumnya menjadi paham dan tahu informasi seperti kegiatan blog walking, info lomba blog, acara pertemuan sesama blogger dan juga seminar blogger. Kepercayaan diri saya semakin bertambah dengan domain pribadi dan terus meningkat atas komunitas blog yang saya ikuti.


Pergantian domain dotcom juga memberikan dampak yang signifikan terhadap tawaran pekerjaan seperti review produk, endorse produk dan juga jasa pasang iklan. Walaupun tidak setiap hari ada namun cukup mewakili dari domain saya yang sekarang, jika dibandingkan dengan nama domain gratisan sebelumnya. Kerjasama yang ditawarkan juga sangat lumayan untuk tambahan uang jajan dan biaya kuliah saya. Hal ini menjadi pembuktian bahwa yang dikatakan guru saya tentang penghasilan dari sebuah blog waktu itu bisa saya rasakan sekarang ini dengan kerja keras yang berbuah manis.
Harapan untuk kedepannya tidak hanya perseorangan dan kelompok saja yang menggunakan jasa saya, tetapi juga perusahaan besar dan berkelas yang bersedia bekerjasama dengan jasa yang saya tawarkan. Tidak menutup kemungkinan saya akan terus mengembangkan blog dengan meningkatkan kualitas konten blog yang bermutu dan bermanfaat, menambah jenis pekerjaan blog lainnya yang menarik dan memberikan hasil maksimal, serta memberikan pelayanan secara profesional bagi setiap orang yang ingin bekerjasama dengan saya. Lagi-lagi semua ini terjadi berkat domain pribadi yang mampu mendukung aktifitas blog saya.


Prestasi blog yang saya dapatkan akhir-akhir ini juga tidak luput dengan perubahan nama domain yang sudah menjadi TLD. Penghargaan yang saya dapatkan yaitu dengan mengikuti kompetisi blog yang diadakan oleh beberapa organisasi atau perusahaan. Kompetisi blog terkadang memiliki syarat harus menggunakan TLD sebagai blog yang ingin diikutsertakan. Dengan domain berbayar yang sudah saya miliki jadi tidak perlu kuatir lagi dengan syarat dan ketentuan tersebut. Saya menjadi lebih aktif dalam mengikuti berbagai kejuaraan blog dan pastinya kesempatan untuk menang menjadi sangat besar untuk blog saya.
Beberapa penghargaan itu mungkin cukup membuktikan keterlibatan domain pribadi yang saya miliki saat ini. Apalagi penghargaan yang pernah diberikan langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti. Ini merupakan pengalaman yang tidak akan mungkin saya lupakan dan pastinya akan selalu menginspirasi saya dalam hal menulis. Cukup membanggakan dan semoga mampu memberikan motivasi kepada kalian untuk terus menulis dan berkarya. Bagaimanapun juga setiap karya yang dihasilkan dari menulis akan terus mengingatkan para pembaca terhadap pembuat karya tersebut. Kita akan tetap dikenang dengan karya-karya yang kita tuliskan walaupun masa dikehidupan kita sudah berakhir.

Inilah beberapa alasan kenapa saya dan kita harus memilih menggunakan domain dotcom atau dotnet. Perlu kalian ketahui berdasarkan pendataan domain diseluruh dunia, kedua TLD ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Domain ini memiliki kelebihan dalam segala bidang juga sangat mudah cara untuk membelinya jika dibandingkan dengan domian lainnya. Selain popular menggunakan domain dotcom dan dotnet juga sangat meningkatkan kredibilitas domain kita di internet. Ayo kita kupas tuntas tentang bagaimana dan apa yang mesti kita ketahui tentang kedua TLD berikut ini.


Beberapa pendataan domain atau lembaga survey memberikan informasi terkait top level domain yang paling banyak digunakan dan menjadi pilihan banyak orang adalah dotcom dan dotnet. Domain dotcom dan dotnet merupakan TLD yang memiliki peringkat tertinggi dan paling populer diantara domain lainnya. Beberapa info survey dan pendataan terkait TLD bisa kalian lihat dibawah ini.
Berdasarkan pada infographic di atas bahwa dari total register Top Level Domain diseluruh dunia per bulan maret 2016 adalah 189.681.806 domain yang terdaftar. Nah untuk pengguna TLD paling banyak digunakan adalah dotcom dengan jumlah 127.393.072 domain, disusul dengan dotnet yang berjumlah 15.742.712 domain yang terdaftar. Jadi kita bisa simpulkan bahwa kedua domain tersebut adalah TLD yang paling banyak digunakan oleh lapisan masyarakat diseluruh dunia. Selain menjadi domain populer ada beberapa keunggulan lainya pada domain dotcom dan dotnet.


Bagi sobat yang masih belum menggunakan TLD, mungkin beberapa keunggulan dari domain dotcom dan dotnet akan meyakinkan kalian untuk segera mengaplikasikan domain ini pada blog kalian. Keunggulan dari domain ini pastinya akan mendukung aktifitas kita di dunia internet mulai dari bloging, bisnis dan lain sebagainya. Semua kegiatan kita akan selalu ditunjang dengan adanya domain yang sangat berkualitas dan populer. Jadi sudah tidak diragukan lagi untuk menggunakan domain dotcom atau dotnet.
Keunggulan yang berbeda dari domain lain sudah saya rasakan semenjak pergantian domain gratisan ke TLD beberapa bulan lalu. Prosesnya yang mudah dan harganya yang relatif murah meyakinkan saya untuk tetap mengambil domain dotcom, apalagi melihat beberapa situs sosial media yang banyak digunakan orang menggunakan domain dotcom. Hal ini membuat saya tidak ragu lagi dengan keunggulan domain dotcom untuk menjadi pendamping nama domain saya, dan akhirnya berdampak pada branding blog saya juga.


Dampak positif pasti terjadi pada blog atau situs yang meggunakan top level domain, pasalnya dengan perubahan domain akan banyak keuntungan dan manfaat yang dapat dirasakan bagi penggunanya. Manfaat perubahan domain juga terjadi terhadap blog pribadi saya seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya pada artikel diatas, dan sebenarnya manfaatnya lebih dari itu. Tidak hanya pada dunia blogging saja, keuntungan ini dapat dirasakan juga bagi kalian pelaku bisnis dan lifestyle situs yang mengaplikasikan domain ini.

Manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:
  • Reputasi di dunia bloging terlihat lebih profesional
Semakin hari semakin banyaknya orang menggunakan blog untuk keperluan pribadi maupun sosial, dengan adanya domain dotcom atau dotnet akan lebih meningkatkan reputasi di dunia blog. Blog akan terlihat profesional dan serius jika dibandingkan dengan blog lain yang masih menggunakan subdomain.
  • Memudahkan mendominasi SERP pada search engine 
SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari. Semua pakar SEO sepakat dan merekomendasikan penggunaan Top Level Domain cenderung lebih bermanfaat dibandingkan dengan penggunaan subdomain.
  • Lebih mendapatkan kepercayaan dengan perusahaan iklan besar
Saat ini banyak perusahaan besar yang sekarang merubah kebijakanya dalam memberlakukan program paid to review, program PTC, dan lain-lain dengan hanya menerima blog yang menggunakan Top Level Domain. Perubahan ini dinilai dari keseriusan pemilik web atau blog yang lebih profesional dalam mengatur dan memperbarui kontennya.
  • Memperbesar skala bisnis dengan marketing SERP
Dengan merubah domain menjadi profesional, pastinya akan berdampak pada skala promosi di dunia internet. Persaingan usaha yang ketat juga akan mempengaruhi terhadap domain yang dipakai, tak jarang orang lebih memilih toko online dengan domain dotcom dari pada hanya sebatas subdomain.
  • Meningkatkan kepercayaan sebagai sumber informasi
Semakin mudahnya orang membuat sebuah blog atau website seringkali digunakan hanya sebagai alat tindak kriminal, penipuan, penyebar fitnah dan lain-lain, sehingga banyak sekali informasi yang didapatkan merusak kepercayaan para pengunjung blog lainnya. Dengan domain berbayar akan membuat pelaku tindak kriminal berfikir duakali dan tidak akan rela sebelum membelinya. Adanya domain dotcom sebagai domain yang terpercaya akan lebih meningkatkan kepercayaan terhadap informasi yang kita berikan.

Menjadi bagian dari blog gratisan pastilah semua merasakannya, terlebih saya yang sudah bertahun-tahun menggunakan blog gratisan. Hal yang biasa dan wajar memang berada pada tahapan ini, karena dengan blog gratisanlah sebagai awal mulanya mencetak generasi muda yang pandai menulis. Setiap orang pastilah pengen punya blog yang belakangnya dotcom atau dotnet tanpa embel-embel apapun, tapi ada berapa kendala yang membuat ragu sebagian orang untuk mengganti nama domain gratisan menjadi Top Level Domain, Salah satu contohnya :

  • Masih bingung caranya untuk merubahnya menjadi TLD
  • Biaya untuk membeli domain yang mahal alias sayang sama uang jajan
  • Masih males buat artikel dan takut blognya kosong mlompong
  • Takut mubazir kalo gak konsisten ngeblog

Itulah beberapa alasan yang masih menghantui sahabat sejati blog gratisan termasuk saya salah satunya waktu itu. Tapi jangan khawatir sahabat blog gratisan, karena saat ini sudah ada yang namanya dotcomforme. Mau tahu apa itu #dotcomforme, Cek aja yuk!!!
Nah buat kalian yang domainya masih panjang, sekarng waktunya untuk menyingkat alamat blog kalian dengan dotcomforme. Produk yang memang banyak dicari orang saat ini bisa kalian temukan di dotcomforme. Di antaranya adalah...

Domain, Ayo sudah saatnya berinvestasi di era digital dengan domain pribadimu.
Hosting, Pentingnya penyimapanan data untuk menunjang dunia usahamu sekarang.
Business, Usahamu makin profesional dan penghasilanmu makin meningkat.
Blogger, Blog kamu makin dicintai dan pasti banyak pembaca mengunjunginya.

Selain itu dotcomeforme juga banyak keunggulan lainnya kawan, langsung deh cek aja!

  • Proses transaksi makin mudah, cepat dan gak ribet karena semua sudah disiapkan untuk pengguna diseluruh masyarakat Indonesia.
  • Banyak promo dengan discount yang menarik dan pastinya kalian bisa masukkan kode promo saat ingin membeli produk dengan harga yang fantastis.
  • Harga produknya terbilang cukup murah, kalian gak perlu diet untuk membeli domain dan produk lainya karena semua sudah disesuaikan dengan kantong jajan kalian.
  • Pelayanan yang ramah dengan respon yang cepat dan tepat menjadi andalan untuk membantu para pelanggan yang membutuhkan bantuan.

Tidak perlu ragu lagi karena sudah lebih dari 1400 orang menggunakan layanan ini dan lebih dari 500 menggunakan produk bisnis dari dotcomforme. Tunggu apa lagi ?...

Beneran mau langsung ganti nama domain kamu secara profesional di dotcomforme ?
Nah, gak usah bingung dengan proses pemesanannya, caranya cukup mudah simpel dan pastinya gak perlu repot. Oh iya bagi kalian yang gak punya kartu kredit juga gak usah terlalu dipikirin karena transaksi di dotcomforme bisa menggunakan metode transfer bank, simple kan. Langsung aja deh ikuti 9 langkah pemesanan di dotcomforme untuk lebih jelasnya.
Jangan lupa bagi kalian yang memiliki kode promo, silahkan kalian masukkan untuk mendapatkan potongan harga yang fantastis. Cara memperoleh kode promo gampang banget ikuti semua sosial media dotcomforme dan ikuti info update selanjutnya. Kalian bisa follow langsung sosmednya dibawah ini :
So, sudah saatnya sekarang beralih ke dotcom atau dotnet dengan #dotcomforme. Tunggu apa lagi mumpung masih banyak promo. Kunjungi segera dotcomforme.com dan rasakan bedanya setelah menggunakan domain pribadimu.
--- Always Pray and Stay Creative ---

Referensi Sumber dan Data Pendukung :
https://www.dotcomforme.com
http://www.registrarstats.com/TLDDomainCounts.aspx
https://id.wikipedia.org/wiki/Top-level_domain

ID Peserta : 071

109 komentar

click to leave a comment!

14 November 2016 00.02 Delete comments

iyalah emang enak pake TLD jadi semangat buat nulis, selain beli domainnya juga semoga ada yang kembali dari hasil membelinya juga, saya juga udah ganti sih jadi semngat buat nulis dan berbagi haha... mantap... sekarang kebanyakan pake yang dotcom ya hmm

Reply
avatar
14 November 2016 00.12 Delete comments

padahal saya juga pakai domain TLD, malahan .id lagi yang paling tinggi di Indonesia.. tapi gak bisa ikut lombanya, sayang banget.

mumpung saya tidak ikut lomba, jadi saya mau kasih masukkan dikit, mana tau bisa ditambahain. Domain TLD .com/.net tidak hanya keren, tapi juga menjadi branding sebuah situs, tambahain keyword "branding image" mas. masukin arti pentingnya sebuah branding pada domain situs.

Reply
avatar
14 November 2016 04.42 Delete comments

hemm, mas boleh tanya, kalau sudah melakukan pembelian domain, apa harus ada di rubah settingan di setelan blog? atau langsung berubah dengan sendirinya dari blogspot ke com

Reply
avatar
14 November 2016 08.50 Delete comments

enak juga uah kalu udah pake top level domain,, keliatan lebih serius,, lebih ngamodal,,, :D dan pastinya keliatan lebih bonfait lah.... XD

Reply
avatar
14 November 2016 09.27 Delete comments

rumahku juga baru lahiran. MAsih belepotan Mas Arta. LAgian masih gaptek. Termotivasi dari temen2 penulis ma blogger aja jadi ngeblog. Asik memang, yg gratisan punyaku jg masih. Hanya jadi nggak terurus.

#Lagi2 gagal fokus lihat ilustrasinya, seru!!

Reply
avatar
14 November 2016 10.18 Delete comments

Iya mas Kristianto, banyak sekali yang dotcom...
emang paling populer sih mas!....

Semoga makin kece aja deh blognya mas kris...
Keep writing mas...

Reply
avatar
14 November 2016 10.20 Delete comments

Wah mantab mas!... Saya juga tadinya mau pake id... tapi budgetnya masih belum ada...
Akhirnya pakai dot com deh...

Siap mas langsung meluncur buat menambahkan!....
Terimakasih mas atas responbaiknya!...
Sukses selalu ya buat mas Irfan..

Reply
avatar
14 November 2016 10.25 Delete comments

Iya ada setelan dari blog yang mesti dirubah mas Fajar...
Nanti mas dapat beberapa kode yang mas harus sync dengan blog...
untuk lebih jelasnya mas bisa baca artikel ini....
dotcomforme(dot)com/blog/

Reply
avatar
14 November 2016 10.27 Delete comments

Hahaha mas Ahmad bisa aja!...
Yah terlebih lebih mah.... biar semangat mas nulisnya!....

Makin kece deh blognya mas Ahmad Zaelani...

Reply
avatar
14 November 2016 10.29 Delete comments

Yaelah Mbak Widya mah muji mulu!...kan jadi geer saya!...
Coba ah bertamu kerumah mbak widya...Siapa tau dapet makan gratisan...

Yah yang terpenting mah, jangan ada beban aja mbak saat ngurus rumah...
rumah bagus kan yang punya pasti dibilang bagus juga...

Reply
avatar
14 November 2016 11.35 Delete comments

makasih mas, uda berhasil di rubah ke .com
dan makasih sudah memberitahu situs yang bagus untuk mengubah domain.
jadi tambah semangat nulis, karena merasa keren. heheheh

Reply
avatar
14 November 2016 11.41 Delete comments

hahaha iya mas.. Infografisnya keren, pasti meleleh nih panitianya, semoga menang ya.

Reply
avatar
14 November 2016 15.52 Delete comments

Oh Iya sama-sama mas...
Semoga bermanfaaat ya mas!

Tetap semangat nulis ya !...

Reply
avatar
14 November 2016 16.46 Delete comments

Gw masih lebih suka dengan blogspot.Nggak tau deh kenapa. Padahal kalo saran orang-orang si suruh ganti ke dotcom.

I love gratisannnn....

Reply
avatar
14 November 2016 17.42 Delete comments

Iya lah, paling enak pake domain TLD, biar kelihatan gimana gituh... Gurih gurih... Nyoi.. Nyoi

Reply
avatar
14 November 2016 21.10 Delete comments

saya butuh info ni, kalo ada domain com atau net yang sedang promo, kabari ya

Reply
avatar
14 November 2016 22.10 Delete comments

Kalo orang kayak lu mah gak usah ditanya lagi.... gue udah tau jawabanya...
Muka lu kan udah mencerminkan siapa lu sebenernya heheh
justkiding...

Ganti lah bro... kan lagi ada promo nih di dotcomforme

Reply
avatar
14 November 2016 22.12 Delete comments

Hahaha bener banget mas...
Makin banyak yang ngiklan di blog nih... kayak blognya blogmashendradotcom

Kapan2 ngiklanin produk disitu lah ya!....

Gratisan tapi...heheh

Reply
avatar
14 November 2016 22.13 Delete comments

Wah skarang lagi ada promo tuh bak di dotcomforme(dot)com
coba aja cek deh...competition.dotcomforme(dot)com

Pilih domain deh.. langsung jadi deh....

Reply
avatar
15 November 2016 08.06 Delete comments

Mas hendra gila kayaknya nih. Masa pake domain TLD jadi gurih. Sehat mas?

Hahaha

Reply
avatar
15 November 2016 16.04 Delete comments

Hahah jangan ditanya lagi emang orangnya begitu!...

Reply
avatar
15 November 2016 22.45 Delete comments

Aku mauuu biar kliatan kece juga 😆

Reply
avatar
15 November 2016 23.01 Delete comments

Mbak Prisca tetep kece kali, walau bagaimanapun juga...
Iya mbak monggo dicoba mumpung ada promo itu mbak!...

Reply
avatar
16 November 2016 00.21 Delete comments

kalau aja belum pake tld kayanya mau deh pake yang ini . .

Reply
avatar
16 November 2016 02.15 Delete comments

Mas, hosting yang recommended apa ya di tanah air? aku googling ada banyak nama..

Reply
avatar
16 November 2016 04.39 Delete comments

Huoooo keren abis ulasannya, aku kalo jadi ikutan lomba kayaknya langsung minder deh baca ini. Info grafisnya lho gapernah nggak keren. Jurinya pasti berbinar-binar deh hahaha. Semoga menang ya Mas :D

Setuju banget kalo blog udah TLD berasa keren aja gitu. Jadi semangat buat rutin nulis juga hihi. Masih awal sih ini, semoga tetep istiqomah #halah

Reply
avatar
16 November 2016 07.11 Delete comments

Saya pernah beli 4 domain TLD semuanya dot com habis nggak sreg kalau nggak pakai dot com lebih familar soalnya

Reply
avatar
16 November 2016 07.54 Delete comments

Ahahaha belajar bentar dulu trus cussss ganti dotcom

Segeraaa

*kalo ga promo, setaun 150rb dong?

Reply
avatar
16 November 2016 08.27 Delete comments

Iya mas, awalnya saya juga mikir begitu!...
Karena udah terlanjur yasudah!...

Reply
avatar
16 November 2016 08.28 Delete comments

Iya mbak ada banyak!....
Tapi yang saya review barusan juga lumanyan kok mbak!...
Dicoba aja!...

Selain murah juga fast respon..

Reply
avatar
16 November 2016 08.31 Delete comments

Wah mbak novi bisa aja!...Bukan karena infographicnya mbak tapi karena isi kontentnya !
Infographic mah buat memperjelas aja sebenernya!..hheee

Aku juga baru pindah ke TLD jadi makinn semnagt nulis + PD aja kalo ikut2an kompetisi gitu!..

Reply
avatar
16 November 2016 08.33 Delete comments

Iya mas pastinya paling populer soalnya!... Saya dulu pernah pengen punya selain dotcom tapi ya gitu lihat budget gak cukup jadi ya pilih dotcom... dan ternyata memang enak kalo dilihat lihat mah!...Makin geeeeerrr

Reply
avatar
16 November 2016 08.37 Delete comments

Siap deh, iya kalo gak promo setahun 150ribu!...
Kalo gak mbak bisa follow medsosnya dotcomforme, biasanya banyak kode promosi yang dishare disitu mbak!...

Tetep semangat ngeblog ya!....

Reply
avatar
16 November 2016 13.09 Delete comments

Wahaaa iya juga ya. Yawes cus lah. Tunggu tanggal pengumuman ganti dotcom ku yak 😏

Reply
avatar
16 November 2016 14.04 Delete comments

Wah baru tahu, ternyata domain TLD ini mempengaruhi tawaran job ya. Ha ha.

Dulu alasan saya pake domain dotcom supaya alamatnya lebih pendek :)

Reply
avatar
16 November 2016 14.51 Delete comments

eh bener lho dot com ini mempengaruhi tawaran job banget. soalnya semenjak saya ber-evolusi jadi dotcom tetiba ada aja yang minta saya nulis soal ini itu meskipun DA dan PA nya belom tinggi hehehe

Reply
avatar
16 November 2016 15.44 Delete comments

Oic. Makasih infonya. Menarik sekali, tapi aku masih belum faham kali dengan ngeblog. Ada sih wacana mau berubah jadi DOT com aja. Tapi belum sekarang deh, ntar aja. Kalo dah mahir ngeblog.

Reply
avatar
16 November 2016 20.09 Delete comments

Keren Mas Adhi.. ilustrasinya Mantap Amat..
Sampai-sampai yang Saya baca cuma yang ada gambarnya doang hehehe..
Mau sering-sering mampir kemari ah biar belajar design ni sama masternya...

Reply
avatar
16 November 2016 22.36 Delete comments

"Dengan menulis dunia akan tahu siapa dirimu walaupun kalian sudah tidak ada nantinya." Wah gue kutip ya bang, abisnya keren banget ini quotenya.

Btw, mau nanya deh bang. Sebelum mengubah domain gratisan jadi TLD gitu, enaknya pakai nama pribadi sebagai alamat blog atau terserah kita aja sih ? Apa mungkin nanti pas udah ganti dotcom, masih bisa ganti ? Thanks bang

Reply
avatar
16 November 2016 23.05 Delete comments

Wah terus selama ini bang Son terima berbagai job itu bukan karena TLD...
Pastinya TLD dong yang berpengaruh!...

Makin tambah kece blognya bang Son...

Reply
avatar
16 November 2016 23.06 Delete comments

Apa itu DA dan PA bang?

Tapi cukup buat ongkos jalan-jalan kan setelah dapet Job gini gitu!...

Tetep Semangat deh Bang!...

Reply
avatar
17 November 2016 00.19 Delete comments

Oke silahkan mas jojo!...
Kalo mas nya mau terkenal namanya sih mending pake nama aja!<...tapi kalo masnya namanya pasaran alias banyak orang yang nyamain mending pake nama samaran yang unik dan menarik...

Kalo udah dibeli domainnya msh gak bisa diganti lagi mas... kecuali masnya beli lagi deh yang baru!>..

Reply
avatar
17 November 2016 00.22 Delete comments

Wah abis berkunjung ternyata makin kull ya dengan domainnya yang sekarng!...keren...
Cepet juga ya pelayanannya!...

Reply
avatar
17 November 2016 00.23 Delete comments

Siap mbak ditunggu!... mudah2an makin kece deh dengan domain barunya nanti!...

Reply
avatar
17 November 2016 00.26 Delete comments

Oh iya yang terpenting semangat nulis dulu aja ya!...
ciptakan artikel yang bagus menarik dan bermanfaat untuk semua orang!...

nanti akan tiba saatnya deh kamu akan menyadari bahwa pentingnya domain TLD ini!..

Reply
avatar
17 November 2016 00.28 Delete comments

Wah itu mas fungsinya infographic, memudahkan semua orang yang pada males baca secara detail...
yah mudah2an bermanfaat ya mas!... tetep semangat ya!...

Reply
avatar
17 November 2016 07.58 Delete comments

aduh dek, makasih banyak ya infonya, saya nih yg msh galau mau beli domain dimana soalnya terbentur sama biaya hihi.. klo ibu2 mikirnya lbh baik buat beli beras bukan buat jajan

Reply
avatar
17 November 2016 10.20 Delete comments

Iya sama-sama mbak Lia semoga bermanfaat!...
Yang terpentingkan mbak modal sedikit untungnya banyak...

dengan merubah dotcom makin banyak job menulis, ujung2nya buat anak juga...heheh ya..

Reply
avatar
17 November 2016 12.17 Delete comments

memiliki domain TLD tentu jadi suatu kebangaan tersendiri bagi para blogger, karena akan dapat lebih banyak kepercayaan dari pembaca

Reply
avatar
17 November 2016 12.23 Delete comments

Wah siap bener banget mas!... karena dengan TLD pasti kita akan dipercaya untuk memberikan konten yang bermanfaat..
Tak jarang skrang banyak penipuan yang menggunakan subdomain. jadi mending lebih enak menggunakan domain pribadi deh,..

Reply
avatar
17 November 2016 15.33 Delete comments

Jadi ragu buat ikutan :D Cekatan ngelombannya .. hehe

Reply
avatar
17 November 2016 15.35 Delete comments

semoga sukses dan bisa diwariskan ke anak cucu mas manfaatnya... hehe saya dl pas bikin TLD gak pikir panjang ternyata di balik TLD ini ada komersialisasi yang akut hehe... lebih pengen bebas dengan domain freee hehe tapi semoga sukses ya mas mantap

Reply
avatar
17 November 2016 16.26 Delete comments

pengen deh beralih ke dotcom.. tp ga begitu faham setingnya

Reply
avatar
17 November 2016 20.32 Delete comments

Saya juga baru pake domain setahun ini sih
Emang terasa efeknya

Lebih gampang dipromosiin
Lebih gampang disebut
dan entah kenapa kesannya kayak jadi blogger yang lebih profesional aja wkwk

Reply
avatar
17 November 2016 21.37 Delete comments

Skarang jadi tmbah mikir buat gantil domain nih...
Apalagi, trnyata domain juga dipengaruhi sama tawaran job. Pntesan...

Reply
avatar
18 November 2016 00.51 Delete comments

Heeheheh, iya nih udah terlanjur sayang juga kalo gak diterusin...
Apapun ketentuanya, nikmatin ajalah prosesnya!...

Tetep semangat SUGA!...

Reply
avatar
18 November 2016 00.55 Delete comments

Terimakasih mas Island!
Harapanya semua orang bisa lebih berkesempatan untuk mendapatkan manfaat dari TLD mas...
semoga bermanfaat ya!...

Reply
avatar
18 November 2016 00.57 Delete comments

Salam kenal mbak Putri, kalo soal settingan sih bisa dibantu mbak sama CS nya..
Cuma yang jadi masalah ada budget untuk membeli kah! heheh
biasa anak kosan lebih mentingin perut kayak saya dulu hehehe...

Reply
avatar
18 November 2016 00.58 Delete comments

Wah bener banget mas AUL, eh salah bang Aul deh!
Manfaatnya terasa banget sih menurutku ketimbang yang gratisan...
Selain murah juga dampaknya bisa diperhitungkanlah untuk kemajuan website kita....

Reply
avatar
18 November 2016 01.00 Delete comments

Wah bener banger mas Reyhan...
Profesional suatu blog itukan salah satunya ditentukan dari domainnya...
kalo subdomain ya mau ngak mau dapet cap yang macem2 gitu!...

Ayolah ganti!...

Reply
avatar
18 November 2016 09.09 Delete comments

Domain apapun.com juga memiliki fitur yang memungkinkan publik dapat melihat siapa yang menggunakan sebuah domain. Dengan adanya hal ini, domain akhiran .com menjadi lebih aman untuk digunakan, karena dapat memperkecil peluang penipuan atau tindakan pelanggaran hukum lainnya. :)

Reply
avatar
18 November 2016 09.33 Delete comments

Wah bener sekali mas Ikhsan...
semua terlihat profesional dan pastinya meningkatkan kepercayaan !!!!!....

Reply
avatar
18 November 2016 10.29 Delete comments

Wah aku masi maju mundur cantik ni buat pke tld, takut ga keurus terus rugi huahaaa #pmikuranku masi sempit emang

Reply
avatar
18 November 2016 15.47 Delete comments

Saya belum nulis yg lomba ini 😀 saya sendiri memilih dot com karena menurut saya lebih familiar

Reply
avatar
18 November 2016 16.10 Delete comments

Hahah iya juga sih kalo emang gak keurus mah gak usah dulu... mending fokusin yang lain dulu deh,,,.. nanti kalo benran mau fokus blog bisa atuh langsung diganti ke domain pribadi...

Reply
avatar
18 November 2016 16.11 Delete comments

Iya bener banget... karena familiar lebih banyak orang yang percaya terus juga populer deh... udah pasti gak asing kalo kita share di medsos...

Ayolah mbk ikut lombanya...

Reply
avatar
18 November 2016 23.22 Delete comments

Mas, keren banget info grafisnya, pakai program apa ya? bagi dong rahasianya hahahaha.... betul banget, pakai TLD tuh banyak keuntugan dan pastinya makin terlihat O.K gitu

Reply
avatar
19 November 2016 06.43 Delete comments

Wah cuma pakai program biasa mbak Citra...
Rahasianya ya belajar heheh!...

Aku juga gitu ngerasa OK aja setelah pakai TLD!...

Reply
avatar
21 November 2016 10.45 Delete comments

saya juga ikutan lomba ini, tapi katanya belum dimulai..

Reply
avatar
21 November 2016 11.00 Delete comments

Iya belum ada informasinya lagi... gak tahu infokelanjutanya seperti apa!...
Sabar aja dulu deh ya...

Reply
avatar
23 November 2016 10.10 Delete comments

Terimakasih mas Yudi.,
Semoga bermanfaat ya...

Reply
avatar
23 November 2016 15.59 Delete comments

thank bnget ya infonya.. sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
24 November 2016 03.23 Delete comments

Dot com emang membuat blog jadi lebih elegan. Lalu, para bloger yang blognya udah TLD pasti jadi lebih rajin menuliskan cerita. Apalagi kalau dapet job review~ :D

Oiya, kata temenku dot com berpengaruh terhadap SEO. :))

Reply
avatar
24 November 2016 12.58 Delete comments

setuju banget makin mudah di inget dan makin simple

Reply
avatar
25 November 2016 06.12 Delete comments

memakai domain berbayar memang membuat kita lebih Pede dan mempunyai nilai jual, terbukti banyak event yang menginginkan blogger sebagai undangannya mensyaratkan bahwa harus memiliki domain berbayar hehe. saya pun juga baru beralih ke dot com sekitar 2 bulanan dan ternyata terlihat lebih keren. Nice info

Reply
avatar
26 November 2016 21.20 Delete comments

hahaha, iya pakai program "rahasia" tapi salut lho... walaupun membuat info grafis sendiri atau menggunakan program gratisan yang ditawarkan beberapa situs tetap memakan waktu tuk ngejain, salut mas... karena setiap postingannya buat mupeng lihat info grafisnya.... terus berkreasi dan sukses yo

Reply
avatar
27 November 2016 05.15 Delete comments

Wah iya sama-sama mas!... Semoga bermanfaat sekali!...

Reply
avatar
27 November 2016 05.16 Delete comments

Wah bener banget mas...Sangat banyak manfaatnya...
Mulai dari tawaran job sampai dengan optimasi SEO...
Makanya gak nyesel deh kalo ganti TLD...

Reply
avatar
27 November 2016 05.19 Delete comments

Wah iya mbak Citra...tapi programnya software design biasa kayak photoshop dan corel gitu bukan program rahasia...
Semoga aja bisa meningkatkan pembaca dengan adanya tambahan graphisnya mbak..
dan bermanfaat selalu deh kedepannya!...

Reply
avatar
27 November 2016 05.22 Delete comments

Iya bener banget Maztoro... APalagi namannya unik kayak punya CUmilebay makin banyak aja deh penggemarnya!>..

Reply
avatar
27 November 2016 05.25 Delete comments

Wah terimakasih banyak Mbak Febrianty yang sudah menyempatkan diri untuk berkunjung ke blog saya!... TLD juga sudah menjadi syarat khusus skrng untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan besar, makanya mau ngak mau ya kita harus ikut deh!... lah murah dan effektif sekali pastinya!..

Reply
avatar
1 Desember 2016 00.15 Delete comments

Setuju, makin kelihatan pro dan oke buat branding

Reply
avatar
4 Desember 2016 07.29 Delete comments

kepingin juga ni mas mengganti domain ke dot com , tapi gimana ya ??? kayaknya belum siap hehehe....

Reply
avatar
8 Desember 2016 22.48 Delete comments

wow,, komentarnya udah banyak sekaliiiiii

Reply
avatar
10 Desember 2016 15.59 Delete comments

wih ulasannya selalu lengkap ya mas.
mas nih jago banget perbendaharaan katanya.
pengunjungnya jg deres :)
editing nya elegan lg..
sukses selalu mas.
blog pke dotcom emng khasiatnya jg banyak.hehe

Reply
avatar
12 Desember 2016 09.23 Delete comments

owh gitu ya.. kapan2 deh mau coba beli, hehe..
tapi kalau blog udah banyak views tapi diganti domain pengngunjunga ilang gk ya.?

Reply
avatar
16 Desember 2016 09.37 Delete comments

Iya makin keren dan makin percaya diri...
jadi makin aktif seperti mbak Helenamantra deh..

Reply
avatar
16 Desember 2016 09.38 Delete comments

Hahah iya mas Johanes ... Biar bisa nyaingin blog mas Johan...
Yang aktif mulu nulis artikelnya...

Reply
avatar
16 Desember 2016 09.39 Delete comments

Wah jangan pikir panjang mas.. di dotcomforme udah menyediakan berbagai kemudahan mas...
Tunggu apalagi segera pesan... banyak promonya juga lho...

Reply
avatar
16 Desember 2016 09.40 Delete comments

Heheh .. Apalah arti dari sebuah komentar mbak...
Kritikan dan saran justru lebih penting !...

Reply
avatar
16 Desember 2016 09.42 Delete comments

Wah terimakasih mbak Rahayu...
Aku juga akan sering berkunjung ke blognya mbak...
Ada banyak hal yang aku bisa dapetin disana hehe...
terimakasih ya mbak atas kunjungannya...

Reply
avatar
16 Desember 2016 09.43 Delete comments

Wah ngak akan hilang mas Alul kalo konten kita tetep pada pendirian sebelumnya...
Asal di kasih tau aja mas blog atau domain barunya ke fans2nya mas..

Reply
avatar
17 Desember 2016 15.44 Delete comments

Kalo menurutku, penulis (dan keahlian lain) itu tidak dilahirkan. Ia muncul karena ada usaha yang bertahun-tahun. Berhubung manusia punya kecerdasan majemuk, kecepatan belajar masing-masing orang berbeda.

Reply
avatar
17 Desember 2016 19.17 Delete comments

Wah bener banget mbak... Aku aja dulu berfikirnya kayak gitu...
Paling ngak suka nulis... tapi karena emang aku bisa nulis yudah jadi keasyikan nulis deh!...

Reply
avatar
20 Desember 2016 05.41 Delete comments

Aku masih galau mau ganti TLD, takut mubadzir nanti pas jarang ngeposting,

Reply
avatar
21 Desember 2016 13.54 Delete comments

Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede. Biasanya kalo udh capek ya batal blogging, tapi sekarang lebih seneng blogging daripada tiduran.

Reply
avatar
21 Desember 2016 15.28 Delete comments

wah mantap sekali artikelnya, saya juga bersyukur sekarang sudah pakai dotcom jadinya banyak nilai plus daripada blog gratisan

Reply
avatar
21 Desember 2016 21.08 Delete comments

Wah sekarng jangan takut mbak dengan dotcomforme promonya banyak... skrng aja domain cuma 100rb... kalo mbak udah jadi TLD domainnya.. pasti dampaknya mbak akan makin suka ngeblog deh.. makin Pede dan rajin ngeblognya...

Reply
avatar
21 Desember 2016 21.10 Delete comments

Tuhkan... manfaatnya makin terasa dan yang terpenting adalah... kita jadi makin Pede ya hahah...

Selamat ya sudah menemukan jati diri blognya....dan ciecie yang udah ganti jadi TLD makin profesional aja blognya...

Reply
avatar
21 Desember 2016 21.12 Delete comments

Wah emang kalo yang premium itu lebih mantep dari pada yang gratisan ya gan...
Makin sukses deh dengan blognya ya mas!...

Reply
avatar
22 Desember 2016 12.29 Delete comments

Saya udah dua bulanan pake TLD. Dan secara gak langsung emang terasa banget manfaatnya. sejak pake TLD pengunjung blog makin banyak, mungkin karena domain lebih gampang dibaca kali yah. :D
Selain itu semangat bloging juga semakin membara saja.

Reply
avatar
28 Desember 2016 14.36 Delete comments

Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

Nice Artikel :)

Reply
avatar
1 Januari 2017 17.21 Delete comments

Iya sama dong kayak saya waktu pertama kalinya punya domain sendiri...
Makin semangat juga aku ngeblognya...

Reply
avatar
1 Januari 2017 17.22 Delete comments

Siap begitu juga dengan saya... Moga makin kesini maki lancar ya...

Reply
avatar
6 Januari 2017 23.57 Delete comments

Udah pengumuman Mas Adhi.. semoga makin tambah semangat yak.. terus berkarya..

Reply
avatar
7 Januari 2017 04.04 Delete comments

Siap Mas... Rejeki sudah ada yang ngatur...Padahal udah yakin Masuk No. 3o SEO teratas.... nyatanya....heheh

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *