Jati Diri Bahasa Blog Antara Aku, Saya, Ane dan Gue !

Hari ini adalah pertama kalinya aku menggunakan kata gue sebagai ungkapan diri saya yang selama ini aku menggunakan kata ane untuk bercerita.*Apasih... Sebenernya aku hanya ingin memastikan saja dan mencoba mencontoh blog yang selama ini sering aku kunjungi dengan bahasa gaul jaman sekarang seperti gue ! Coba dengarkan baik baik ya kalo saya yang biasa ngomong aku berubah menjadi gue ! 123 CUsz

Antara saya, aku, ane dan gue
Hai Pemua Pemudi Blog !

Adhi Hermawan adalah namaku, terimaksaih sudah mau mengenal gue secara #paksa ...

Gue ?. . .

Hari ini adalah pertama kalinya aku menggunakan kata gue sebagai ungkapan diri saya yang selama ini aku menggunakan kata ane untuk bercerita.*Apasih...

Sebenernya aku hanya ingin memastikan saja dan mencoba mencontoh blog yang selama ini sering aku kunjungi dengan bahasa gaul jaman sekarang seperti gue !

Coba dengarkan baik baik ya kalo saya yang biasa ngomong aku berubah menjadi gue ! 123 CUsz

Dari beberapa hari kemaren gue blogwalking bersilaturahim ke blog temen-temen yang udah pada keren, kece abis, dan terkenal duluan dari blog gue yang masih newbie dan unyu-unyu. Kunjungan ini gue lakukan mulai dari Indonesia bagian sabang sampe merauke. Banyak ilmu dan pengalaman yang gue dapet dari sini, gue juga mulai memahami kareakter yang gue pelajari mulai dari gaya bahasa, gaya cerita, gaya dada, gaya punggung dan gaya batu. ( Sorry katak, lu gak gue sebutin soalnya gaya lu kurang keren )

Blogwalking memang banyak sekali manfaatnya untuk pemula blog seperti gue, ini merupakan suatu cara untuk mengenalkan blog gue ke semua pemilik blog diseluruh lapisan masyarakat. Di sela aktifitas blogging gue selalu menghampiri blog orang satu persatu sampai suatu saat gue memahami gaya bahasa blog mereka yang berbeda-beda. Nah di situ gue mulai bingung dengan jati diri blog gue yang sebenarnya.

Ini merupakan sebuah pertanda atau peringatan buat blog gue yang harus mulai memutuskan untuk memilih bahasa yang pas sesuai dengan karakter yang gue miliki atau haruskah gue menggunakan bahasa yang super gaul yang sebenarnya gue kurang begitu menggemarinya. Dalam hal ini kata yang gue temukan sebagai ungkapan diri mereka atau dalam pelajaran bahasa Indonesia biasa dibilang kata ganti orang pertama adalah Aku, Saya, Ane dan Gue.

1. AKU
Kata yang memiliki karakteristik formal, manja dan penuh kasih sayang. Kata ini biasanya lebih pas dipakai untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada seseorang yang kita cintai "Aku sayang kamu" terdengar lebih lembut dan penuh kasih sayang, berbeda kan rasanya dengan kata  "Gue sayang loe" seolah seperti gue lagi ngajak berantem loe. Penulis blog yang menggunaka kata aku sebagai kata ganti orang pertama yang pernah gue kunjungi adalah Khairulleon, mahasiswa jurusan PAI yang ceria dan inspiratif dalam membagikan semua ceritanya. Khairulleon menggunakan kata aku untuk setiap tulisan blognya, Setiap baca artikel dia aku selalu aja berasa ngikutin acaranya dia berkeliling ketempat cerita yang dia kunjungi.

2. SAYA
Saya menurut gue, ane, dan aku adalah bahasa netral dan cocok untuk berbicara dengan orang yang lebih tua dari kita. Saya sendiri dulunya suka pake bahasa ini, dan sampe sekarang juga sebagian dari blog saya menggunakan kata saya. Agak terlalu formal sih tapi ya gitu menghindari rasa kurang sopan saya ketika ada bapak-bapak dan ibu-ibu yang mampir ke postingan blog saya. Secara saya dilahirkan dikalangan orang yang wajib ber-tata krama dan sopan santun. Gak perlu dicontohin ya blog yang menggunakan kata saya sebagai ganti orang pertama dalam blognya soalnya udah menjamur dan kalian akan temukan pada blog berthema tutorial, informasi dan berita. Saya biasa menggunakan bahasa ini untuk menjelaskan kepada orang yang lebih tua atau terhormat dari saya.

3. ANE
Ane merupakan jelmaan dari kata "Ana" kalo dalam bahasa arab berarti saya. Ane juga sebagian dipake untuk bahasa bloging. Sempet waktu itu ane pernah baca sebuah artikel yang menggunakan kata ane sebagai ungkapan dirinya, tapi lupa nama blognya apa, yang jelas itu dulu sih sebelum ane nimbrung di blog. Ane adalah kata yang sedikit kearab araban menurut ane dan bagus aja sih kalo dipake buat dunia bloging. Ane sih bisa ane pake kalo lagi pergi ke masjid kemudian ketemu kerabat atau remaja masjid dan kita ngobrol panjang lebar gak lepas dari kata ane dan antum.

4. GUE
Kata Gue mungkin adalah kata yang komunikatif pasalnya semua orang, semua blog yang pernah gue kunjungi rata-rata pada pake kata gue, Gue ngerasa lebih dekat aja dengan si pengeblog, lebih komunikatif dan sok asik deh. Gue gak tau sampe kapan gue akan menggunakan kata gue buat ngebloging. Emang enak juga sih pake kata gue saat ngobrol sama orang berasa lebih klop aja dan sok akrab deh sama mereka. Biasanya sih blog personal yang suka pada cerita tentang kehidupanya lebih suka menggunakan kata gue untuk masalah ini.

Aku akui aneh dan super gokil untuk artikel kali ini yang ngawur dan berantakan dari segi bahasanya. Ini memang keputusan untuk setiap pemilik blog, genre bahasa yang mana yang akan kalian gunakan antara Aku, Saya, Ane dan Gue.

Tapi ada satu hal yang aku sendiri terinspirasi daripadanya! siapakah dia! dia adalah si pangeran Tulisanwortel

5. PANGERAN
Pangeran (Istilah anak raja) adalah bahasa pengganti orang pertama yang memiliki sebuah karakter tersendiri!. Kang Heru lah orangnya yang lebih suka menggunakan kata pengeran sebagai kata ganti aku dalam blognya. Pangeran memiliki karakter yang luarbisa, hebat, serba tahu, dan sedikit lebih gokil, karena si pangeran bisa dipanggil "Pange" tanpa akhiran "Ran" dan ini merupakan kelucuan dari karakter yang diciptakan mas heru sebagai penambah senyuman kecil bagi setiap pembacanya.

Untuk sementara gue bakalan ngebloging menggunakan kata aku yang memang sudah terbentuk dari awal pembuatan blog ini, agar lebih akrab dengan kalian mungkin suatu saat aku akan sesekali menggunakan kata gue atau bahkan bisa menciptakan karakter lain selain pangeran. Yang pasti ! Apapun gaya bahasa yang diciptakan, harus tetap sopan santun dan berbudipekerti.

--- Always Pray and Stay Creative ---

COMMENTS

BLOGGER: 36
Loading...
Name

#BeMoreProductive,1,6th Indonesian Pearl Festival 2016,1,Abutours.com,1,Adobe Premier Pro,1,Asusintel,1,Award,1,Babasal Mombasa,1,Backsound,2,Balancing,1,Bangga di Banggai,1,Be Gravitasi,1,Bebas Bayar,1,Bengkel Mobil,1,Bika Bogor,1,Bika Bogor Talubi,1,Biznis,1,Blog Design,18,Blogger,24,Bumper,1,CC 2015,1,Citra Maja Raya,1,Co-working Space,1,Colidan,1,Competition,32,Competition DEV+,1,Corel Draw X7,1,Coreldraw,1,CV Design,1,Cyko Handbreak,1,dealoka,1,Designer,5,Digital Marketing,1,Domain,1,Dotcomforme.com,1,DUMET School,1,Education,6,Ekspresikan Dirimu,1,Elevenia,1,Excite Shop,1,FestHAM2016,1,Fintech,1,Footer,1,FSB,1,Goverment PR,1,HAnavi,1,Header,6,Himawan Putra,1,HIS Travel Indonesia,1,Hosting,1,hostinger,1,HRIS Software,1,Indramayu Kota Budaya,1,Influenzer,31,Inspirasi Astra,1,JIBB,1,Kuliner Bogor,1,Kursus Editing Video,1,Lawan Neuropati,1,LinovHR,1,Luna Smartphone,1,Main Post,3,Marketz,3,Meeting Room,1,Milkshake,1,Motion Graphic,2,Neurobion,1,Neuropati,1,Niagahoster,1,Obat maag paling ampuh,1,Office Room,1,Oleh-oleh Bogor,1,Oleh-oleh Khas Bogor,1,Paket Meeting,1,Pesona Jawa Tengah,1,Pop Ice,1,Ralali.com,2,Review,29,Ruang Kantor,1,Ruang Meeting,1,rukamen,1,Serumah.com,1,sewa apartemen,1,Shop n Drive,2,Sidebar,8,Skyscanner,1,Software,3,Sound Effect,2,Sponsor,14,Spooring,1,Storylio,1,Tempat Kursus Digital Marketing,1,Tips Blogging,3,Tips Design,3,Travel,8,Traveloka,2,Tutorial Blog,1,Tutorial Motion,1,Vector,1,Video Editor,5,Video Effect,1,Visit Tidore Island,1,XWORK,1,Youtuber,6,
ltr
item
Artadhitive | Daily Content Creator: Jati Diri Bahasa Blog Antara Aku, Saya, Ane dan Gue !
Jati Diri Bahasa Blog Antara Aku, Saya, Ane dan Gue !
Hari ini adalah pertama kalinya aku menggunakan kata gue sebagai ungkapan diri saya yang selama ini aku menggunakan kata ane untuk bercerita.*Apasih... Sebenernya aku hanya ingin memastikan saja dan mencoba mencontoh blog yang selama ini sering aku kunjungi dengan bahasa gaul jaman sekarang seperti gue ! Coba dengarkan baik baik ya kalo saya yang biasa ngomong aku berubah menjadi gue ! 123 CUsz
https://4.bp.blogspot.com/-TCgTEYF0eoA/V_FPG6cIPCI/AAAAAAAAFiw/lmiuZ67Qnfg_H9RWmgzmsIcM3KtPPUNzQCLcB/s1600/Storylio%2B6.png
https://4.bp.blogspot.com/-TCgTEYF0eoA/V_FPG6cIPCI/AAAAAAAAFiw/lmiuZ67Qnfg_H9RWmgzmsIcM3KtPPUNzQCLcB/s72-c/Storylio%2B6.png
Artadhitive | Daily Content Creator
http://www.artadhitive.com/2016/10/jati-diri-bahasa-blog-yang-bingung-antara-aku-saya-ane-dan-gue.html
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/2016/10/jati-diri-bahasa-blog-yang-bingung-antara-aku-saya-ane-dan-gue.html
true
9208609652601285124
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy