search here and find more articles

Jati Diri Bahasa Blog Antara Aku, Saya, Ane dan Gue !

Antara saya, aku, ane dan gue
Hai Pemua Pemudi Blog !

Adhi Hermawan adalah namaku, terimaksaih sudah mau mengenal gue secara #paksa ...

Gue ?. . .

Hari ini adalah pertama kalinya aku menggunakan kata gue sebagai ungkapan diri saya yang selama ini aku menggunakan kata ane untuk bercerita.*Apasih...

Sebenernya aku hanya ingin memastikan saja dan mencoba mencontoh blog yang selama ini sering aku kunjungi dengan bahasa gaul jaman sekarang seperti gue !

Coba dengarkan baik baik ya kalo saya yang biasa ngomong aku berubah menjadi gue ! 123 CUsz

Dari beberapa hari kemaren gue blogwalking bersilaturahim ke blog temen-temen yang udah pada keren, kece abis, dan terkenal duluan dari blog gue yang masih newbie dan unyu-unyu. Kunjungan ini gue lakukan mulai dari Indonesia bagian sabang sampe merauke. Banyak ilmu dan pengalaman yang gue dapet dari sini, gue juga mulai memahami kareakter yang gue pelajari mulai dari gaya bahasa, gaya cerita, gaya dada, gaya punggung dan gaya batu. ( Sorry katak, lu gak gue sebutin soalnya gaya lu kurang keren )

Blogwalking memang banyak sekali manfaatnya untuk pemula blog seperti gue, ini merupakan suatu cara untuk mengenalkan blog gue ke semua pemilik blog diseluruh lapisan masyarakat. Di sela aktifitas blogging gue selalu menghampiri blog orang satu persatu sampai suatu saat gue memahami gaya bahasa blog mereka yang berbeda-beda. Nah di situ gue mulai bingung dengan jati diri blog gue yang sebenarnya.

Ini merupakan sebuah pertanda atau peringatan buat blog gue yang harus mulai memutuskan untuk memilih bahasa yang pas sesuai dengan karakter yang gue miliki atau haruskah gue menggunakan bahasa yang super gaul yang sebenarnya gue kurang begitu menggemarinya. Dalam hal ini kata yang gue temukan sebagai ungkapan diri mereka atau dalam pelajaran bahasa Indonesia biasa dibilang kata ganti orang pertama adalah Aku, Saya, Ane dan Gue.

1. AKU
Kata yang memiliki karakteristik formal, manja dan penuh kasih sayang. Kata ini biasanya lebih pas dipakai untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada seseorang yang kita cintai "Aku sayang kamu" terdengar lebih lembut dan penuh kasih sayang, berbeda kan rasanya dengan kata  "Gue sayang loe" seolah seperti gue lagi ngajak berantem loe. Penulis blog yang menggunaka kata aku sebagai kata ganti orang pertama yang pernah gue kunjungi adalah Khairulleon, mahasiswa jurusan PAI yang ceria dan inspiratif dalam membagikan semua ceritanya. Khairulleon menggunakan kata aku untuk setiap tulisan blognya, Setiap baca artikel dia aku selalu aja berasa ngikutin acaranya dia berkeliling ketempat cerita yang dia kunjungi.

2. SAYA
Saya menurut gue, ane, dan aku adalah bahasa netral dan cocok untuk berbicara dengan orang yang lebih tua dari kita. Saya sendiri dulunya suka pake bahasa ini, dan sampe sekarang juga sebagian dari blog saya menggunakan kata saya. Agak terlalu formal sih tapi ya gitu menghindari rasa kurang sopan saya ketika ada bapak-bapak dan ibu-ibu yang mampir ke postingan blog saya. Secara saya dilahirkan dikalangan orang yang wajib ber-tata krama dan sopan santun. Gak perlu dicontohin ya blog yang menggunakan kata saya sebagai ganti orang pertama dalam blognya soalnya udah menjamur dan kalian akan temukan pada blog berthema tutorial, informasi dan berita. Saya biasa menggunakan bahasa ini untuk menjelaskan kepada orang yang lebih tua atau terhormat dari saya.

3. ANE
Ane merupakan jelmaan dari kata "Ana" kalo dalam bahasa arab berarti saya. Ane juga sebagian dipake untuk bahasa bloging. Sempet waktu itu ane pernah baca sebuah artikel yang menggunakan kata ane sebagai ungkapan dirinya, tapi lupa nama blognya apa, yang jelas itu dulu sih sebelum ane nimbrung di blog. Ane adalah kata yang sedikit kearab araban menurut ane dan bagus aja sih kalo dipake buat dunia bloging. Ane sih bisa ane pake kalo lagi pergi ke masjid kemudian ketemu kerabat atau remaja masjid dan kita ngobrol panjang lebar gak lepas dari kata ane dan antum.

4. GUE
Kata Gue mungkin adalah kata yang komunikatif pasalnya semua orang, semua blog yang pernah gue kunjungi rata-rata pada pake kata gue, Gue ngerasa lebih dekat aja dengan si pengeblog, lebih komunikatif dan sok asik deh. Gue gak tau sampe kapan gue akan menggunakan kata gue buat ngebloging. Emang enak juga sih pake kata gue saat ngobrol sama orang berasa lebih klop aja dan sok akrab deh sama mereka. Biasanya sih blog personal yang suka pada cerita tentang kehidupanya lebih suka menggunakan kata gue untuk masalah ini.

Aku akui aneh dan super gokil untuk artikel kali ini yang ngawur dan berantakan dari segi bahasanya. Ini memang keputusan untuk setiap pemilik blog, genre bahasa yang mana yang akan kalian gunakan antara Aku, Saya, Ane dan Gue.

Tapi ada satu hal yang aku sendiri terinspirasi daripadanya! siapakah dia! dia adalah si pangeran Tulisanwortel

5. PANGERAN
Pangeran (Istilah anak raja) adalah bahasa pengganti orang pertama yang memiliki sebuah karakter tersendiri!. Kang Heru lah orangnya yang lebih suka menggunakan kata pengeran sebagai kata ganti aku dalam blognya. Pangeran memiliki karakter yang luarbisa, hebat, serba tahu, dan sedikit lebih gokil, karena si pangeran bisa dipanggil "Pange" tanpa akhiran "Ran" dan ini merupakan kelucuan dari karakter yang diciptakan mas heru sebagai penambah senyuman kecil bagi setiap pembacanya.

Untuk sementara gue bakalan ngebloging menggunakan kata aku yang memang sudah terbentuk dari awal pembuatan blog ini, agar lebih akrab dengan kalian mungkin suatu saat aku akan sesekali menggunakan kata gue atau bahkan bisa menciptakan karakter lain selain pangeran. Yang pasti ! Apapun gaya bahasa yang diciptakan, harus tetap sopan santun dan berbudipekerti.

--- Always Pray and Stay Creative ---

36 komentar

click to leave a comment!

3 Oktober 2016 09.02 Delete comments

Kalau menurut saya mending pakai bahasa yang lumrah aja dan enak di omongin sob daripada maksain bahasa super gaul yang gak enak atau apalah menurutmu sob :-D itusih menurutku, lalu menurutmu ?

Reply
avatar
3 Oktober 2016 09.19 Delete comments

Iya Sob,gue juga udah memutuskan untuk terus menggunakan bahasa yang gue enjoy pakenya...
ya kalo gak aku ya saya... sama kaya kamu deh

Reply
avatar
3 Oktober 2016 11.39 Delete comments

wqwq yaah udah kebahas duluan deh.
padahal di draft aku ada postingan yang mirip-mirip kayak gini juga.
rencananya nanti mau di posting. entah kapan

Reply
avatar
3 Oktober 2016 11.46 Delete comments

Iya bang ini menjadi problematika gue sebelumnya untuk menulis sebuah artikel, soalnya aku jarang pake kata gue apa lagi ane...

Reply
avatar
3 Oktober 2016 12.39 Delete comments

Jadi lo sekarang ikut-ikutan gue? Hahahaha

Jadi diri sendiri aja. Kalo nyaman pake ane aya ane, kalo saya ya saya, kalo aku ya aku, kalo gw sih lebih enak pake gue atau gw. Ya harap maklum, gw emang sok akrab orangnya.

Oh iya, saya = memiliki karakteristik formal, manja dan penuh kasih sayang. Sumpah jijik banget gw bacanya, hahaha

Reply
avatar
3 Oktober 2016 13.30 Delete comments

Hehehe, kalo saya dah biasa ngomong saya atau aku :)

Reply
avatar
3 Oktober 2016 15.28 Delete comments

Bukan Saya Keles tapi AKU... Gue sih tadinya mau pake aku dan kamu,... tapi berasa mesra. Kalo pake saya berasa formal dan anak kantoran banget. pake ane gak ada keturunan arab2nya, kalo pake gue... siapa loe! anak mana loe!... dan akhirnya gue pilih sampean aja!

Reply
avatar
3 Oktober 2016 15.38 Delete comments

nulis yang nyaman aja, jangan dipaksain ngikutin orang haha.
gue nulis di blog pake 'gue' tapi aslinya di kehidupan sehari-hari pake 'aku' karena kota Balikpapan pakenya aku-kamu, bukan lo-gue. Gue pernah nulis soal ini sih di blog, kenapa gue tetep pake 'gue' ya karena dulu panutan ngeblognya pada pake 'lo-gue', jadinya udah terlanjur nyaman dan pernah nyoba nulis pake 'saya' eh malah kayak bukan tulisan gue :))

Reply
avatar
3 Oktober 2016 15.50 Delete comments

Yaelah mang kalo cuma saya dan aku doang mah saya juga udah bisa ngomong!...
Bocah juga udah bisa ngomong!

Reply
avatar
3 Oktober 2016 16.05 Delete comments

Nah itu dia bang masalahnya !

Awal nge-blog gue pake "saya"... bulan-bulan kemaren gue pake "aku" karena ada sebuah blog yang cuma pake "aku" aja serasa nyaman dipake!...dan terakhir setelah gue berkunjung diblog lawakan orang-orang konyol! gue berasa aja nyaman pake bahasa ini!...
Tapi kalo menurut gue sih tergantung konteks dari pembicaraan dan thema blog kita!..

Thanks ya bro atas masukanaya!

Reply
avatar
3 Oktober 2016 16.12 Delete comments

saya awal pertama ngeblog pake kata ane, agan, saya, gue, dan sekarang kadang pake kata saya dan gue, tergantung jalan cerita pada artikel yang mau saya tulis aja, kalau formal ya pakai kata saya, tapi kalau becandaan ya biasanya pakai kata gua... :D

Reply
avatar
3 Oktober 2016 17.41 Delete comments

Dulu aku pake yang 'gue', tapi seiring bertambahnya usia sekarang pake 'aku'. Kata 'aku' menurutku berada di tengah-tengah, nggak terlalu gaul juga nggak terlalu formal. :)

Reply
avatar
3 Oktober 2016 22.02 Delete comments

wkwkwk gue sih biasa pake gue, cuman kalo lagi galau pake aku atau gak saya hahah :D seseuai suasana hati :D

Reply
avatar
3 Oktober 2016 22.28 Delete comments

Oh begitu ya gan!... iya sih tergantung konten yang akan kita buat!... masukan yang inspiratif ! makasih ya gan!

Reply
avatar
3 Oktober 2016 22.31 Delete comments

Wih dapet coment dari zuckici nih!... Iya aku salah satu pengagum artikel mas arizuna nih!
bahasanya enak dimengerti dan tidak bikin bosen. Boleh dicontoh ya!...

Reply
avatar
3 Oktober 2016 22.32 Delete comments

Hahah pernah galau juga lu!...
Biasanya juga pake aku kamu! akakak

Reply
avatar
3 Oktober 2016 22.40 Delete comments

Dari awal udah nyaman pake gue. Dan udah jadi kebiasaan sih komunikasi sama temen pake gue daripada aku, saya, atau ane. Kalau aku biasa di pake untuk komunikasi sama cewek supaya kesannya lebih sopan gitu. Tapi kalau sama temen akrab lebih demen pake gue. Hohohoh..

Reply
avatar
3 Oktober 2016 23.11 Delete comments

Kalau aku tergantung model tulisan sih, emang biasa nulis pake 'gue' tapi kalau kadang nulis menye, suka ganti jadi 'aku' gitu wkwkw tapi sejauh ini lebiih sering banget pake 'gue' wkwkw cuma itu sekedar di tulisan blog aja. kalau keseharian sama di komentar mah pakenya aku :D

Reply
avatar
3 Oktober 2016 23.42 Delete comments

Iya udah mulai ketemu titik terangnya nih! gue sangat berterimakasih sekali sama lu bang!...
Super sekali!

Reply
avatar
3 Oktober 2016 23.44 Delete comments

Wah kita berbeda ya ternyata! gue malah suka nulis komentar pake " gue"
Kalo nulis blog pake gue malah berasa bukan jati diri gue yang sesungguhnya!...
maklum orang jawa gak biasa pake bahasa gue!..heheh

Reply
avatar
5 Oktober 2016 06.32 Delete comments

tergantung topik yg dibahas,kalau tentang pergaulan anak muda ya pakai istilah gaul.tapi kalau topiknya keilmuan sebaiknya pakai yg formil. topik news yg bersifat umum sebaiknya pakai bahasa indonesia baku, biar gak salah interprestasi.

Reply
avatar
5 Oktober 2016 10.29 Delete comments

Wah gitu ya mas!.... Jadi berdasarkan themanya ya!... Oke deh kali ini aku akan menyesuaikan dengan thema yang akan aku bahas!... makasih banyak mas infonya!...

Reply
avatar
6 Oktober 2016 10.00 Delete comments

Kalo saya pake "saya" untuk artikel di blog dan komen di blog yang empunya belum begitu kenal dengan saya, komen untuk blog anak muda gahol "gue", komen di blog mbak blogger yang lebih senior "aku", komen di blog yang keliatannya anak kaskus "gan" hehehehe

Reply
avatar
8 Oktober 2016 18.01 Delete comments

Gara2 kebisaan ngomong pake saya jadi kebawa2 sampe dunia blogging nih tapi tenang aja saya orangnya sok asik kok :p

Reply
avatar
8 Oktober 2016 22.17 Delete comments

Wah lengkap banget penjelasan dari mbak wuri.... jadi tahu skrng harus posting pake bahasa apa...heheh makasib banyak mbak...

Reply
avatar
8 Oktober 2016 22.18 Delete comments

Iya sya sebenernya juga terbiasa pake "saya"... gara2 kumpul sama anak blog personal jadi kebawa2 pake "gue" deh....

Reply
avatar
14 Oktober 2016 10.13 Delete comments

Ini sebenarnya smua blogger yg baru mau terjun ke dunia blog pasti pernah ngerasain masalah seperti ini.

Dan jujur saya juga pernah ngerasain hal yang sama. Klo mnurut saya sih pemilihan bahasa blog itu trgantung konten dan karakter nya. Klo kita lagi mnulis tntang keseharian kita, ada baiknya mnggunakan gaya bahasa yang dekat dngan pembaca. Bgitu pun gaya bahasa yg lain. Smua punya karakter dan ciri khas.

Mau sbut saya, gue, aku, ane, ente. Gk jadi masalah. Selagi gaya bahasa itu sesuai dngan konten nya.

Reply
avatar
14 Oktober 2016 11.03 Delete comments

Wah masukan yang sangat berharga nih gan... soalnya ya gitu setiap mau buat artikel pasti bingungnya di awal ceritanya yang harus menentukan apakah harus pake gue, aku, atau saya... tapi skrng udah mulai mengerti kok dengan kebiasaan ngeblog...

Reply
avatar
20 Oktober 2016 18.29 Delete comments

Dosa gak, sih, gue baru baca ini. hahahaha. XD Tadi barusan iseng aja, ngecekin siapa aja yang masang alamat blog gue. Eh, ketemu di sini.

Btw, makasih udah mencantumkan nama blog yang tak seberapa itu. Kalo saran gue, sih. Kenali usia pembaca blog lo itu siapa aja. Karena, dari situ, lo bisa nentuin enaknya pake kata ganti orang pertamanya apa?

Gitu, sih, kalo gue nentuinnya. :)

Reply
avatar
20 Oktober 2016 22.22 Delete comments

Hahahha dosanya dikit kok mas hehehe...

Iya mas makasih saran nya... ini juga masih nyari nih yang pada iseng mampir kesini banyakan darimana orangnya... masih bingung juga...

tapi mungkin aku akan lebih menyesuaikan tentang artikelnya kok mas...

Reply
avatar
26 Oktober 2016 07.28 Delete comments

Halo Adhi,
salam kenal dan makasih udah berkunjung ke blog aku yah :)

Kalo menurutku sih pakai aja kata yang paling nyaman menurut kamu Dhi, walaupun udah rada berumur dan emak beranak 2 kayak gini, tapi aku lebih nyaman nulis pake kata 'gue' kalo di blog hehehe...lebih ngakrab dan kayak katamu itulah..sok asyik hehe...

Reply
avatar
26 Oktober 2016 09.10 Delete comments

Iya terimakasih Bibi... Mulai sekarang sih aku menyesuaikan kontent apa yang sedang aku buat mbak... jadi gak terpaku harus menggunakan kata saya..aku..dan gue...ehehe

Terimakasih atas sarannya ya....

Reply
avatar
5 November 2016 09.54 Delete comments

Aku ya masih tergantung mood blognya. Masih blm konsisten. Pengen pake saya tapi kok ternyata gatel dan lebih nyaman aku. Tapi biasanya kalo pake 'saya' itu pas posting tulisan yang agak 'bener'. Kalo cuman curhat enakan pake 'aku'

Reply
avatar
6 November 2016 08.04 Delete comments

alahh mending pake bahasa yang biasa dipake keseharian aja lah, kalo aku sendiri sih mending aku aja, kayak yang mas affendi bilang biar enak aja dan gak terlalu dipaksain jaid ga enak..

Reply
avatar
6 November 2016 09.27 Delete comments

Wah bener banget mbak aku juga begitu ketika mulai melihat konten yang berbeda baru bisa jugde dengan bahasa apa ya yang aku bakal pilih... so , keep writing ya...

Reply
avatar
6 November 2016 09.29 Delete comments

ahhaha iya mas, keseharianya aku juga berubah2 soalnya jadi bingung...
kalo ngomongnya sama pacar sih aku kamu, kalo sama temen pesantren ana ente antum, kalo ngomongnya sama guru saya anda kalian. jadi bingung juga kan masnya?

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *