Follow Google+

Part Of Blogger

Photobucket

Statistic

DMCA.com Protection Status

Popular Posts


Art dan Adhi adalah dua kata yang tidak akan pernah terpisahkan, dengan adanya dua kata tersebut terciptalah karya creative itulah awal mulanya artadhitive dilahirkan. Art Design memang luas kaitanya, tapi segala sesuatu itu bermula dari Art Design, Art Design bukan hanya coretan tinta, bukan hanya goresan garis dan bukan hanya gesturan mouse melainkan adalah kehidupan seni yang setiap orang memilikinya. Art Design adalah Seni yang berhak dimiliki setiap manusia karena goresan tangan yang bodoh sekalipun bisa menghasilkan karya seni yang luar biasa.
Art of Adhi Creative ...

Instagram

Instagram

Advertise 970x90

Panduan Design

Follow This Site

Google+ Followers

Butuh Apartment ?

Wednesday, 5 October 2016

#BATIKINDONESIA - Dari Sebuah Tradisi Kini Mejadi Inovasi di Tingkat Dunia

Batik adalah tradisi

Batik sebagai kebudayaan Indonesia

Batik merupakan warisan budaya dunia

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri terutama bagi saya dan masyarakat Indonesia setelah 7 tahun yang lalu tepatnya tanggal 2 Oktober 1999 dinyatakanya batik sebagai warisan kebudayaan Indonesia untuk dunia (Sumber: UNESCO). Batik merupakan suatu kebudayaan yang sangat melekat dengan tradisi dan sampai saat ini masih menghiasi kehidupan masyarakat Indonesia.

Sejak kecil saya terlahir dengan lingkungan yang serba batik, bukan berarti orang tua saya jualan batik atau pembuat batik, tapi karena keluarga besar kami memang mencintai batik. Saya diperkenalkan batik oleh nenek saya yang dalam kesehariannya memegang canting – Alat yang digunakan membuat batik – untuk mengisi kesibukan disela-sela waktu luangnya. Nenek saya suka dengan membatik tapi tidak untuk di jual melainkan hanya untuk dipakai sendiri atau untuk dibagikan kesanak-saudara.

Jiwa mencintai batik pun timbul sedikit demi sedikit karena pengaruh nenek saya yang gemar membatik. Ya itulah yang dilakukan nenek saya untuk mempengaruhi semua keluarga agar tidak melupakan kebudayaan yang sudah diwariskan dari nenek moyang kita. Ibu saya merupakan salah satu anaknya yang mewarisi keterampilan membatik dari seorang ibunya. Sewaktu kecil saya sesekali diajak untuk menemani ibu saya memberikan pelatihan ketrampilan membatik untuk ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga). Itulah yang dilakukan ibu saya untuk mengenalkan batik ke lapisan masyarakat.

Jika kita melihat di sekitar kita tidak akan pernah jauh dari benda-benda yang bernuansa batik, itu artinya batik memang melekat sekali dengan diri kita sebagai warga Indonesia. Nenek saya sudah mempengaruhi ibu saya untuk mencintai batik dan saatnya izinkan saya mempengaruhi kalian untuk mulai mencintai batik. Saya akan mengajak kalian jalan-jalan untuk melihat inspirasi dari sesuatu yang bernama batik.

Ayo kita mulai !
Mungkin sebagian besar dari kita tahu apa itu batik, tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa itu makna dari kata batik. Baiklah saya akan menjelaskan sedikit tentang kata batik.

Jadi apa itu batik ?

Batik adalah baju yang dikasih titik-titik. (Kata seorang bocah berusia 10 tahun yang dihadapkan pertanyaan seperti ini)

Ya … sedikit cepat namun kurang tepat !
Jadi, Batik berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu "amba" yang berarti menulis dan "titik" yang berarti titik. Secara arti keseluruhan adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menempelkan malam (sebuah zat) pada kain tersebut kemudian pengolahannya dilakukan dengan cara tertentu yang memiliki cara khas tersendiri. (Sumber: Wikipedia)

Batik berasal dari tanah jawa yang masing-masing daerah memiliki motif dan varian yang berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh dari kain batik dari daerah Yogyakarta:
Perlu diketahui kerajaan Majapahit, Mataram, Demak, dan kerajaan-kerajaan setelahnya, menjadikan kain batik sebagai simbol budaya. Penggunaan kain batik yang sebelumnya hanya terbatas di lingkungan keraton, lambat laun mulai dikembangkan oleh rakyat jelata. Hal ini membuat corak batik kian beragam sesuai dengan minat dan jiwa seni para pembuatnya.

Sebagai warga yang baik yang mencintai kebudayaan batik bangsanya sendiri setidaknya kita mengetahui sedikit tentang cara atau metode pembuatan batik. Pembuatan batik tidak begitu sulit kita hanya membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan keterampilan. Sebelum kita memulai pembuatan batik kita harus menyiapkan beberapa alat untuk melakukan proses membatik.
Bahan dan alat yang digunakan untuk membatik adalah kain mori, pewarna, malam (bahan zat), canting, kompor, wajan, kuas, saringan, bangku dan gawang. Setelah semua bahan dan alat siap saatnya kita mulai membatik dengan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Membuat molani/ dikenal dengan design batik.
2. Melukis dengan menggunakan lilin malam.
3. Menutupi bagian putih yang tidak berwarna dengan menggunakan lilin malam.
4. Proses pewarnaan batik tulis pertama dibagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan cara  mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu.
5. Melukisnya kembali menggunakan canting untuk menutup warna yang ingin dipertahankan.
6. Proses pencelupan pada tahap kedua, setelah selesai maka langkah selanjutnya adalah dengan menghilangkan lilin pada kain yang masih menempel
7. Langkah selanjutnya adalah nglorot, yaitu kain yang telah berubah warna direbus dengan menggunakan  air panas untuk menghilangkan lilin.
8. Mencuci kain batik dan mengeringkan dengan menjemur sebelum dapat digunakan dan dipakai.
Nah, Itulah langkah-langkah pembuatan batik, cukup mudah tapi sedikit rumit bukan!

Dari sekian banyak proses yang dilakukan akhirnya terbuatlah secarik kain dengan motif yang indah dan sangat berbudaya. Kain yang semula putih kini memiliki goresan malam yang mengandung nilai bersejarah. Kain batik yang pada tradisi jaman dahulu hanya digunakan untuk jarik kini telah berkembang dan berinovasi menjadi sebuah kemeja, yang biasa kita digunakan sebagai pakaian resmi untuk menghadiri undangan.
Tidak hanya kemeja, saat ini kaos, celana, sendal, sarung, dan tas telah menjelma dan berubah warnanya menjadi batik. Inovasi yang ditimbulkan corak batik telah membuat negara ini menjadi negara tradisi yang berbudayakan batik hingga saat ini. Maka dari itu kita harus bangga memiliki batik sebagai warisan leluhur kita yang wajib kita lestarikan.

1. Batik dari lahir sampai mati
Batik merupakan tradisi yang menghiasi kehidupan masyarakat Indonesia mulai prosesi kelahiran sampai kematian. Tradisi yang masih teringat dalam benak saya adalah sewaktu adik saya lahir ibu saya diselimuti dengan kain batik saat melakukan proses kelahiran. Setelah bayi lahir untuk menggendongnya pun saat itu menggunakan kain batik, Hingga suatu saat selepas kepergian nenek saya kain batik pun ikut menyelimuti tubuhnya. Ini membuktikan bahwa batik telah mejadi bagian hidup dari masyarakat Indonesia.

2. Inovasi batik sebagai fashion dunia
Designer dari Indonesia mulai mengenalkan batik terhadap dunia internasional. Keindahan coraknya dikenalkan melalui berbagai ajang salah satunya miss universe. Saat ini perancang batik terkemuka dari Indonesia bernama Annie Avantie. Dari sebuah inovasinya di bidang fashion membuktikan bahwa dari sebuah tradisi mampu menjadikan batik sebagai sesuatu yang besar dan membanggakan negara Indonesia.

3. Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia (UNESCO)
Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.

4. Yogyakarta sebagai kota batik dunia (World Batik City)
Batik merupakan kekayaan budaya bangsa ini, fakta unik lainya yaitu dinobatkannya Yogyakarta sebagai kota batik dunia (World Batik City) oleh Dewan Kerajinan Dunia (World Craft Council/WCC). Kota jogja terpilih sebagai kota batik dunia karena jogja memiliki nilai tambah tersendiri dengan baik dari sisi sejarah, seni, hingga perajin batik yang memiliki nilai ekonomi.
Setelah dinobatkanya Yogyakarta sebagai World City of Batik sebagai apresiasi akan diselenggarakan acara festival batik berskala international yang disebut Jogja International Batik Biennale 2016 (JIBB 2016).
Berawal dari sebuah tradisi bisa menghasilkan karya yang luar biasa, sebuah karya yang besar, karya yang innovatif serta karya yang mampu membawa nama baik bangsa dan negara kita untuk terus mengepakkan sayap dan menjunjung tinggi Indonesia di tingkat dunia.

Yogyakarta - World City of Batik merupakan bukti bahwa kita mampu bersaing secara kreatif dan inovatif dalam mengenalkan Indonesia dilapisan seluruh masyarakat dunia. Kita harus bangga dengan prestasi ini ! Kita harus bangga dengan Batik ! dan Kita harus bangga dengan Indonesia !

Batik merupakan inspirasi saya dalam berkarya, oleh karenanya inovasi batik mengalir dalam karya yang saya buat untuk mengenalkan kepada lapisan masyarakat, seperti nenek saya yang mewariskan kecintaanya terhadap batik kepada ibu saya, begitu juga ibu saya yang mewariskan kebanggaanya terhadap batik kepada saya, dan saatnya saya akan mewariskan kepedulian saya terhadap batik kepada kalian semua bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu saya tidak lepas dari dunia design yang memiliki cara yang sama halnya dengan membatik.
Di dunia membatik dibutuhkan titik yang berubah menjadi pola kemudian terjadilah batik, sedangkan di dunia design dibutuhkan titik yang dikaitkan sehingga terbentuk garis kemudian terjadilah design. Dua hal yang berbeda namun ini merupakan warisan yang luar bisa untuk diri saya.

Bukti kecintaan saya terhadap batik adalah dengan menjadikan batik sebagi inspirasi dari karya design saya. Untuk mendapatkan inspirasi biasanya saya berkunjung di Museum Textile Jakarta dimana disana terdapat ratusan macam jenis batik dan cara melakukan proses membatik.
Dengan trobosan inovasi terbaru batik menjadikan saya seseorang yang bangga terhadap bangsanya. Sukses untuk batik Indonesia, Traditions for Innovations.


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan pahlawannya (Bung Karno).
Masih ingatkah kita beberapa tahun yang lalu, negara tetangga kita ingin merebut batik dari bangsa ini. Lalu kenapa kita, masyarakat, dan bangsa ini tidak melepaskannya begitu saja.
Kenapa ? …
Karena batik bukanlah hanya sekedar kain yang dibuat dengan goresan tangan semata, tapi batik memiliki sejarah dan merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah sepantasnya kita perjuangkan.

Mari kita lestarikan batik  sebagai bentuk penghargaan kita terhadap orang-orang terdahulu yang berjuang demi mempertahankan kebudayaan Indonesia!

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber: 
www.jogjabatikbiennale.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Batik
http://bahankain.com/2014/10/23/yogyakarta-dinobatkan-sebagai-kota-batik-dunia/
http://www.awas-aja.com/2016/03/fakta-unik-batik-indonesia.html
http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/sejarah-asal-usul-batik-indonesia-dan.html
http://mastugino.blogspot.co.id/2015/02/merancang-dan-membuat-kriya-batik.html


42 comments:
Write comments
  1. Bang arta postinganya selalu keren ya, dengan gambar gambar desainya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mas Zainal, Dalam Rangka memperingati Hari Batik Nasional mas !...

      Delete
  2. Batik sekarang tika lagi pakaian formal, bahkan banyak motif batik diterapkan untuk pakaian santai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Nasirullah, Dengan inovasi terbaru batik mampu melahirkan berbagai macam kegunaan selain dari pakaian kemeja yang mas sering gunakan pergi ke acara resmi...

      Delete
    2. Pakai batik itu rasanya pas banget kalau lagi ke acara seminar, kondangan dll. Pernah loh aku ke pantai pakai ham batik dan celana kolor pendek ahahhaha

      Delete
    3. Hee disesuaikan aja mas kalo gitu.... Kalo kepantai cocoknya pake batik corak bali mas... kalogak pake kaos corak batik....

      Delete
  3. Waa.. iya benar. aku pernah buat batik dan itu sungguh rumit sekali!!

    Batik warisan yang pantas di budayakan.

    Btw baru tau kalo Jogja itu kota batik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak arum, Memang caranya begitu sulit, tapi bangga sekali mbak kalo udah bisa membuatnya satu kain aja deh!...

      Yah kali ini jogja menjadi icon batik dunia mbak setelh diresmikanya tahun 2014 lalu di china.

      Terus Lestarikan batik ya mbak Arum, minimal memakainya dalam aktifitas kita! hehe

      Delete
  4. Replies
    1. Selamat Hari Batik National mas Johanes! Tepatnya sih tgl 2 oktober kemaren!...
      Tapi gpp deh, semoga kita bisa saling menjaga warisan leluhur kita yang sudah mendunia ya!...

      Delete
  5. Lo sekarang pake saya lagi? Gak jadi pake gue? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya mas Riza, Berdasarkan pendapat teman teman kemaren saya sudah memutuskan untuk menggunakan kata saya untuk artikel yang bersifat formal. dan akan menggunakan kata gue untuk artikel yang bersifat non formal...

      Selamat Hari Batik National mas Riza! Makin cinta ya sama batik!...

      Delete
  6. Sejujurnya ngeliat hasil batik tulis aja, rasanya gak mungkin sebanyak itu dibuat pake tangan manusia. Tapi, begitulah kerennya batik. Gue belum pernah, sih, nyoba bener-bener ngebatik lukis.

    Biasanya buat batik cuman lukis pake pena doang. Mungkin, kalo ke jawa nanti bisa kali, belajar kek gini.

    Jaya terus batik Indonesia.

    Btw, pertanyaan lo di panduan kemaren udah gue jawab, bro. Semoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Batik Nasional mas Heru!...
      Kalo mau belajar ngebatik gak perlu ke jawa mas, Di jakarta juga ada tempat belajar ngebatik.. tepatnya di Museum Textile Jakarta.

      Saya pernah nyoba ngebatik tulis tapi gak sebagus yang orang biasa bikin hehe, masih belajar juga...

      Oke mas Heru, terimakasih atas jawabanya!..Nanti saya mampir!

      Delete
  7. Pada dasarnya batik telah berkontribusi besar bagi perkembngan industri kita dewasa ini. Saya sampai dibuat kagum, bahkan Prisedan pertama Afrika Selatan, Nelson mandela itu hobinya mengenakan batik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa! Memang menjadi kebanggaan tersendiri ketika para pe-Tinggi atau pejabat daerah di negara luar Indonesia yang memiliki rasa kagum dengan budaya kita!...

      Saya juga turut bangga sekali dengan prestasi ini mas Imron!.

      Delete
  8. Udah lama juga y batik dari jaman kerajaan majapahit
    Ngomong2 tw g bang siapa orang yg buat batik di jaman mataram?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah lama banget batik menjadi tradisi, sebelum Niki lahir juga batik udah ada!
      Batik dijaman mataram ? Siapa ya? Btw abang belom lahir Nik!

      Kamu tau ? Siapa emang ?

      Delete
  9. Batik emang meraih popularitas dalam beberapa tahun belakangan ya, terutama semenjak ditetapkan jadi warisan budaya non bendawinya UNESCO, makin bangga pakai batik. Padahal nih ya dulu pas masih kecil paling males kalau disuruh pakai batik atau dijahitin baju batik soalnya kayak orang tua. Lha kok sekarang kemana-mana sering pakai batik soalnya paling fleksibel dibuat kemana aja boleh wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Bener banget mbak Elsa Eriska ! batik selain fleksibel dipake kemana-mana juga udah mendunia mbak jadi kita mah tetep pede ada walaupun kita pergi ke Luar negri pake batik!...

      Btw koleksi batiknya udah berapa banyak nih? hehe

      Delete
  10. I love batik, iyap bener banget, batik dipakai dari waktu lahir sampai saat meninggal. lengkap banget ulasannya tentang batik, jadi banyak tau tentang batik, tapi saya sendiri masih sedikit koleksi baju baju batik. Soalnya kurang banyak pilihan batik untuk yang berhijab, semoga nanti akan di inovasi lagi baju-baju batik untuk yang berhijab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy InsyaAllah mbak Wuri semakin ada inovasinya dari batik, tidak menutup kemungkinan akan melahirkan busana-busana muslim yang bercorak batik mbak!...Ditunggu aja mbak buat fashion batik berhijabnya!...

      Delete
  11. Great artikel mas ! Saya pernah liat di tv nenek2 pengrajin batik gitu bikinnya sabar banget ya perlahan tapi pasti haha, kalo pake batik ngerasa makin ganteng2 gimana gitu hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Mohammad, Itu merupakan nilai tersendiri mas dari yang namanya batik!... gak asal bikin dan harus sabar2 banget... Emang sih bikin kita makin tambah kece kalo pake batik terlebih mode batik yang jadi trendi bakal bikin kita tambah beken!...

      Delete
  12. I love batik :)
    kalau pake batik itu serasa bertambah kegantengannya mas .. hihi
    Aku sendiri suka bgt pake batik :)

    Dulu wktu SMA pernah ngeliat langsung proses pembuatannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga makin kece, apalgi model batik banyak varianya makin bebas milih...
      makin keren gayanya... Jaga terus ya kelestarian batik!...

      Delete
  13. Aku jugak sukak batik. Bangga banget makenya. Jangan sampek diklaim sama si Malingsia lagi. Hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makin cinta sama batik ya!... Tenang aja mbak kita kan sudah diresmikan sama UNESCO kalo batik milik indonesia... apa lagi yogjakarta sebagai world city of batik...

      Delete
  14. lengkap bingit masalah batik,
    hehe
    btw batik yang murah dimana ya #ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh gan hari gini nyari batik yang murah,... yang lebih mahal banyak!...heheh
      kalo mau nyari yang murah di pekalongan banyak gan... dan harganya pun masuk dikantong pastinya...

      Delete
  15. Jadi pengen mendalami belajar batik. hehehe

    http://nusantaraholic.blogspot.co.id/2016/10/batikindonesia-inovasi-digitalisasi_4.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama nh, saya juga makin cinta dengan batik indonesia...

      Delete
  16. kalau motif batik hanya hapal beberapa motif :D
    tapi sudah memcoba membatik loh, cara pegang canting yang ternyata susah - susah gampang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow Pasti butuh ketelatenan, kesabaran dan mungkin ketelitian....
      saya aja baru sekali sih belajar membatik dan nanti pengen belajar lagi deh...

      Delete
  17. Wah, design sendiri templatenya mas? keren euy... :) Selamat hari batik. #telat :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... kbetulan lagi belajar design..
      Selamat Hari Batik juga mas...#gpptelat

      Delete
  18. keren keren juga desain batiknya Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.... Beli lah mas!... Ada yang murah kok

      Delete
  19. Pacarku pertama kali ke jogja dia bilang 'aku udah muak liat batik, dimana2 batik. Udah ckup skali ini aja liat batik. Udah ckup buat seumur idup'

    Ternyata sekarang dia cintaaaaaaaa bgt sama batik dan slalu mampir tiap liat batik. Jadi kudu ngintil kemana2 kl dia liat batik

    And I love batik. Reallyyyyy love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya mbak Prisca, mungkin pacarnya baru sadar kali ternyata batik itu memang mendunia...dan gak perlu lagi gengsi lagi kalo pakai batik!

      Semoga langgeng ya hubungannya!...
      Makin cinta kan sama Batik Indonesia!

      Delete
  20. kain2 tradisional dari berbagai etnis sebenarnya selalu melambangkan sesuatu ya, mulai dari status sosial mereka dan kain2 yang digunakan hanya utk acara2 tertentu hingga termasuk saat kedukaan. Memang sudah seharusnya kita turut melestarikan supaya gak punah begitu aja... Thanks for sharing... baru tau artinya batik di sini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya Mbak Ria... Batik memang tradisi yang gak bakalan dilupakan karena semua tradisi pasti saling berkaitan...
      Semoga bermanfaat ya!...
      Salam kenal mbak Ria..

      Delete

Interested for our works and services?
Get more of our update !