Melalui Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Ayo Membangun Indonesia !

Keberhasilan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia saat ini tidak akan pernah tercapai tanpa adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus menjadi dorongan telah melahirkan benih-benih prestasi yang mulai menghiasi dan turut membanggakan negara Indonesia.

Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda !

Menjadikan Bangsa ini menjadi Satu !

Hingga akhirnya ...merdekA merdEKA MERDEKA !

Tumbuh rasa bangga dan semakin cinta dengan bangsa , setelah 71 tahun kita merdeka atas perjuangan para pahlawan negeri ini. Haru yang diselimuti rasa bangga ketika dikibarkannya bendera pusaka dengan di iringi lagu Indonesia Raya, membuat hati ini berdegup kencang dan meneteskan air mata. Tak terasa kita sudah bukan anak kecil lagi yang sedang belajar berjalan, melainkan kita sudah tumbuh menjadi bangsa yang dewasa dan bermartabat.

Pembangunan dimana-mana, prestasi yang semakin meningkat, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat merupakan bukti bahwa bangsa ini tumbuh menjadi negara yang besar. Semakin berkembangnya Indonesia semakin muncul jati diri bangsa, bahwa kita mampu bersaing di kancah international dengan sejuta prestasi yang kita torehkan di ajang penghargaan dunia.

Keberhasilan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia saat ini tidak akan pernah tercapai tanpa adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus menjadi dorongan telah melahirkan benih-benih prestasi yang mulai menghiasi dan turut membanggakan negara Indonesia.

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk menjelajah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang selama ini turut serta dalam perkembangan bangsa ini. Berikut ini adalah peta jelajah kita!
Tujuan pertama kita adalah mengenal sejarah teknologi informasi dan komunikasi, diharapkan teman-teman tahu sejarahnya ya jangan asal bisa pakai teknologinya aja ! Ayo ikuti aku ...
Komunikasi adalah awal dari semua perkembangan teknologi yang ada sampai saat ini, untuk berkomunikasi dengan orang lain secara tidak langsung kita membutuhkan sesuatu alat atau benda untuk menyampaikanya. Menurut Everett M. Roger dalam bukunya " Communication technology : The new media in society ", menjelaskan bahwa terdapat 4 era komunikasi dalam perkembangan sejarah komunikasi. Kita bisa lihat gambar dibawah ini !
Wah ternyata awal komunikasi orang menyampaikan gagasan, ide, dan hasrat mereka melalui sebuah tulisan, dan tulisan yang disampaikan itu berupa simbol-simbol yang memiliki arti tersendiri. Dari mulai tulisan beranjak ke era komunikasi cetak di era ini dalam menyampaikanya sesuatu gagasan atau ide sudah menggunakan media selembaran berupa kertas yang dicetak dan sampai saat ini masih berlanjut seperti halnya koran yang sering kita temui bersanding dengan kopi di pagi hari.

Dari era komunikasi telekomunikasi sampai dengan era komunikasi interaktif kita lihat dulu yuk pada gambar dibawah ini!
Jadi pada era telekomunikasi dalam berkomunikasi dapat dilakukan dengan jarak yang jauh. Seperti yang kita lihat saat ini, dalam berkomunikasi tidak perlu dengan bertatap muka atau dalam satu tempat yang sama. Cukup menggunakan alat penghubung suara jarak jauh kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang kita inginkan, alat ini biasa kita sebut dengan telepon.

Di jaman modern saat ini kita sudah memasuki yang disebut era komunikasi interaktif dimana kita bisa berinteraksi dengan siapapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun. Kita bisa melakukan panggilan melalui handphone dimana saja, kita bisa melihat secara langsung melalui video call dan kita bisa update kejadian dimanapun secara langsung dengan internet tanpa batasan ruang dan waktu.

Mari kita beranjak ke sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang mulai berkembang di Indonesia. Lanjut !!!
Antara teknologi, informasi dan komunikasi adalah hal yang saling berkaitan. Adanya teknologi akan memudahkan kita menerima informasi dan dengan informasi tersebut kita bisa melakukan komunikasi. Sebelumnya kita sudah mampir di sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dunia, lalu bagaimana dengan perkembangan sejarah di Indonesia.

Perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi di Indonesia
Nah, Itu dia sejarah awal perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Perjalanan yang panjang pastinya untuk bisa menikmati hasil teknologi yang serba canggih di jaman sekarang. Dari pembahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa saat ini yang menjadi trend dari teknologi informasi dan komunikasi adalah internet.

Internet yang dikembangkan sejak tahun 1969 merupakan cikal bakal teknologi yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa ini. Saat ini internet menjadi pusat perhatian manusia di seluruh dunia, pasalnya semua teknologi seperti radio, telephone, televisi dapat diakses melalui jaringan internet.

Mari kita beralih ke seputar perkembangan internet !...
Perkembangan internet semakin hari semakain mengingkat. Populasi pengguna internet di dunia yang berjumlah 3,611,375,813 dari total populasi manusia didunia yang berjumlah 7,432,662,725 dalam presentase 48,58% sudah terhubung sebagai pengguna internet. Wow hampir setengah dari populasi dunia sudah menggunakan internet, ini menandakan perkembangan yang sangat cepat dari penyebaran internet di seluruh dunia.
Bagaimana dengan penyebaran Internet di Indonesia, tapi sebelum kita pergi ke Indonesia mending kita keliling dunia terlebih dahulu untuk melihat perkembangan negara-negara di dunia !...
Kita bisa melihat presentase penggunaan internet di seluruh dunia dari gambar di bawah ini!
Berdasarkan dari data internet world stats, Asia merupakan regional pengguna internet terbesar di dunia dengan presentase 49,6% dari total seluruh pengguna internet berjumlah 3,611,375,813. Itu berarti jumlah pengguna internet berjumlah 1,792,163,654.  Lalu berapakah pengguna internet di Indonesia ?...
Kita dapat pastikan dari data internet world stats menunjukkan pengguna internet di Indonesia berjumlah 88,000,000. Indonesia menempati urutan ke empat dari seluruh pengguna internet diseluruh Asia dan menduduki urutan ke delapan untuk total pengguna internet dari seluruh dunia.
Dari total populasi di Indonesia yang berjumlah 258,316,051 jiwa yang saat ini menjadi pengguna internet berjumlah 88,000,000 atau 29,35%. Cukup cepat ya untuk perkembangan internet di Indonesia. Internet sudah menjadi kebutuhan setiap manusia di dunia termasuk juga Indonesia dan diperkirakan populasi pengguna internet akan semakin berkembang terus menerus. Ini sebagai halnya aku kamu dan dia yang selalu membutuhkan akses internet.
Dari tadi kita sibuk berkeliling tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari perkembangan teknologi dunia, melipir ke perkembangan teknologi di Indonesia, sampai ke perkembangan teknologi yang lagi ngetrend saat ini yaitu internet.

Sengaja saya mengajak kalian untuk mempelajari sejarah perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi sebagaimana pesan guru saya waktu itu tentang 3 hal yang akan kita dapatkan setelah kita mempelajari sejarah :

1. Kegunaan edukatif (memberi pelajaran)
Sejarah berarti belajar dari sebuah pengalaman yang pernah dilakukan seseorang atau masyarakat, baik pada masa sekarang atau pada masa sebelumnya. Keberhasilan di masa lampau akan dapat memberi pengalaman yang berharga pada masa sekarang. Sebaliknya, kesalahan atau kejadian yang suram di masa lampau akan menjadi pelajaran yang harus diwaspadai di masa kini.

Dengan adanya sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang sudah kita pelajari diatas menyadarkan kita bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak akan hanya sampai disini, mungkin kedepanya akan ada teknologi yang lebih canggih lagi dari internet. Mulai dari sekarang kita harus terus berinovasi agar perkembangan internet jauh lebih memberikan manfaat kepada kita semua.
2. Sejarah berguna memberikan inspirasi (ilham kepada kita)
Berbagai kisah tentang sejarah para penemu membuat kita terinspirasi dari sebuah perjuangan mereka dalam percobaan-percobaan yang telah mereka lakukan untuk menyempurnakan penemuan-penemuan baru. Mereka yang gagal adalah mereka yang tidak mau mencoba dan mencoba, kita belajar dari jeripayah mereka yang gagal selama seribu kali namun setelah berhasil mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita semua.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah penemuan yang luar biasa manfaatnya yang bisa kita rasakan saat ini. Mungkin dulu kita akan berfikir bahwa teknologi yang kita gunakan saat ini adalah sesuatu yang mustahil terjadi,

Bagaimana mungkin benda bisa berbicara sendiri ?...
Bagaimana mungkin seseorang bisa masuk kedalam kotak kecil ?...
Bagaimana mungkin kita bisa berkeliling dunia tanpa harus pergi ?...

Itu adalah tiga dari seribu pertanyaan dalam diri kita yang berfikir tidak akan mungkin terjadi, namun pada kenyataanya semua itu sudah terwujud dengan adanya telepon, televisi, dan intenet. Semoga ini bisa memberikan ilham untuk kita mendapatkan inovasi yang baru yang belum pernah ada di dunia ini.
3. Sejarah dapat berguna sebagai rekreatif
Mungkin kita akan merasa senang dengan hasil dari penemuan mereka yang saat ini kita gunakan. Mempermudah proses kerja kita, mempermudah jalannya komunikasi dan semua manfaat tentang teknologi yang sudah mereka temukan. Kita akan berterimakasih dan sangat berterimakasih atas semua pengorbanan yang mereka luangkan demi terwujudnya karya ilmiah mereka.

Proses rekreasi terhadap berbagai peristiwa di masa lampau memungkinkan orang untuk bercermin diri. Orang yang maju pasti akan lebih dinamis sebab melihat adanya masa depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa lalu yang indah dan menarik.
Itulah yang akan berdampak kepada kalian generasi muda agar turut serta pada kemajuan teknologi informasi dan komunikasi bangsa Indonesia. Bangsa ini membutuhkan orang-orang yang hebat, orang yang mampu mengorbankan dirinya untuk sebuah penemuan baru.
Pada artikel ini sengaja saya mengambil sudut pandang yang berbeda dari penyampaian tentang membangun Indonesia melalui teknologi informasi dan komunikasi, karena saya yakin di luar sana pasti sudah banyak orang yang akan membahas tentang manfaat teknologi, dampak positif, dampak negatif dan semua yang ada kaitanya dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Harapan saya, mungkin ini akan memberi dampak semangat sejarah kepada kalian generasi muda yang berkompeten untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Saya bukanlah seorang ahli sejarah dan juga bukan merupakan guru sejarah. Tapi dengan sejarah mungkin akan memberikan 3 point penting yang sudah saya jelaskan seperti di atas untuk menumbuhkan jiwa seseorang yang harus terus belajar dan mencoba, mampu berinovasi dan bersaing, serta maju lebih pasti dan melihat masa depan yang cerah. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menanamkan pada diri kalian jiwa inovasi yang membangun bangsa Indonesia melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Ayo Kita Bangun Indonesia Untuk Masa Depan yang Lebih Cerah...


--- Always Pray and Stay Creative ---


Sumber :
http://www.penemu.co/
https://id.wikipedia.org/
https://blogpenemu.blogspot.com/
http://www.internetworldstats.com/stats.htm
http://www.worldometers.info/world-population/

COMMENTS

BLOGGER: 34
Loading...
Name

#BeMoreProductive,1,6th Indonesian Pearl Festival 2016,1,Abutours.com,1,Adobe Premier Pro,1,Asusintel,1,Award,1,Babasal Mombasa,1,Backsound,2,Balancing,1,Bangga di Banggai,1,Be Gravitasi,1,Bebas Bayar,1,Bengkel Mobil,1,Bika Bogor,1,Bika Bogor Talubi,1,Biznis,1,Blog Design,18,Blogger,24,Bumper,1,CC 2015,1,Citra Maja Raya,1,Co-working Space,1,Colidan,1,Competition,32,Competition DEV+,1,Corel Draw X7,1,Coreldraw,1,CV Design,1,Cyko Handbreak,1,dealoka,1,Designer,5,Dotcomforme.com,1,Education,6,Ekspresikan Dirimu,1,Elevenia,1,Excite Shop,1,FestHAM2016,1,Fintech,1,Footer,1,FSB,1,Goverment PR,1,HAnavi,1,Header,6,Himawan Putra,1,HIS Travel Indonesia,1,hostinger,1,Indramayu Kota Budaya,1,Influenzer,31,Inspirasi Astra,1,JIBB,1,Kuliner Bogor,1,Lawan Neuropati,1,Luna Smartphone,1,Main Post,3,Marketz,3,Meeting Room,1,Milkshake,1,Motion Graphic,2,Neurobion,1,Neuropati,1,Obat maag paling ampuh,1,Office Room,1,Oleh-oleh Bogor,1,Oleh-oleh Khas Bogor,1,Paket Meeting,1,Pesona Jawa Tengah,1,Pop Ice,1,Ralali.com,2,Review,29,Ruang Kantor,1,Ruang Meeting,1,rukamen,1,Serumah.com,1,sewa apartemen,1,Shop n Drive,2,Sidebar,8,Skyscanner,1,Software,3,Sound Effect,2,Sponsor,12,Spooring,1,Storylio,1,Tips Blogging,3,Tips Design,3,Travel,8,Traveloka,2,Tutorial Blog,1,Tutorial Motion,1,Vector,1,Video Editor,5,Video Effect,1,Visit Tidore Island,1,XWORK,1,Youtuber,6,
ltr
item
Artadhitive | Daily Content Creator: Melalui Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Ayo Membangun Indonesia !
Melalui Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Ayo Membangun Indonesia !
Keberhasilan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia saat ini tidak akan pernah tercapai tanpa adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus menjadi dorongan telah melahirkan benih-benih prestasi yang mulai menghiasi dan turut membanggakan negara Indonesia.
https://2.bp.blogspot.com/-NutIIIRKxNU/V_YJ34udD0I/AAAAAAAAFtM/M_dnI-g6p0QhDL6vO7dIib4Ng-SeSVwDwCLcB/s1600/Storylio%2BKita%2BIndonesia2.png
https://2.bp.blogspot.com/-NutIIIRKxNU/V_YJ34udD0I/AAAAAAAAFtM/M_dnI-g6p0QhDL6vO7dIib4Ng-SeSVwDwCLcB/s72-c/Storylio%2BKita%2BIndonesia2.png
Artadhitive | Daily Content Creator
http://www.artadhitive.com/2016/10/ayo-membangun-indonesia-melalui-Teknologi-Informasi-dan-komunikasi.html
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/
http://www.artadhitive.com/2016/10/ayo-membangun-indonesia-melalui-Teknologi-Informasi-dan-komunikasi.html
true
9208609652601285124
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy