search here and find more articles

Melalui Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Ayo Membangun Indonesia !

Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda !

Menjadikan Bangsa ini menjadi Satu !

Hingga akhirnya ...merdekA merdEKA MERDEKA !

Tumbuh rasa bangga dan semakin cinta dengan bangsa , setelah 71 tahun kita merdeka atas perjuangan para pahlawan negeri ini. Haru yang diselimuti rasa bangga ketika dikibarkannya bendera pusaka dengan di iringi lagu Indonesia Raya, membuat hati ini berdegup kencang dan meneteskan air mata. Tak terasa kita sudah bukan anak kecil lagi yang sedang belajar berjalan, melainkan kita sudah tumbuh menjadi bangsa yang dewasa dan bermartabat.

Pembangunan dimana-mana, prestasi yang semakin meningkat, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat merupakan bukti bahwa bangsa ini tumbuh menjadi negara yang besar. Semakin berkembangnya Indonesia semakin muncul jati diri bangsa, bahwa kita mampu bersaing di kancah international dengan sejuta prestasi yang kita torehkan di ajang penghargaan dunia.

Keberhasilan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia saat ini tidak akan pernah tercapai tanpa adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus menjadi dorongan telah melahirkan benih-benih prestasi yang mulai menghiasi dan turut membanggakan negara Indonesia.

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk menjelajah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang selama ini turut serta dalam perkembangan bangsa ini. Berikut ini adalah peta jelajah kita!
Tujuan pertama kita adalah mengenal sejarah teknologi informasi dan komunikasi, diharapkan teman-teman tahu sejarahnya ya jangan asal bisa pakai teknologinya aja ! Ayo ikuti aku ...
Komunikasi adalah awal dari semua perkembangan teknologi yang ada sampai saat ini, untuk berkomunikasi dengan orang lain secara tidak langsung kita membutuhkan sesuatu alat atau benda untuk menyampaikanya. Menurut Everett M. Roger dalam bukunya " Communication technology : The new media in society ", menjelaskan bahwa terdapat 4 era komunikasi dalam perkembangan sejarah komunikasi. Kita bisa lihat gambar dibawah ini !
Wah ternyata awal komunikasi orang menyampaikan gagasan, ide, dan hasrat mereka melalui sebuah tulisan, dan tulisan yang disampaikan itu berupa simbol-simbol yang memiliki arti tersendiri. Dari mulai tulisan beranjak ke era komunikasi cetak di era ini dalam menyampaikanya sesuatu gagasan atau ide sudah menggunakan media selembaran berupa kertas yang dicetak dan sampai saat ini masih berlanjut seperti halnya koran yang sering kita temui bersanding dengan kopi di pagi hari.

Dari era komunikasi telekomunikasi sampai dengan era komunikasi interaktif kita lihat dulu yuk pada gambar dibawah ini!
Jadi pada era telekomunikasi dalam berkomunikasi dapat dilakukan dengan jarak yang jauh. Seperti yang kita lihat saat ini, dalam berkomunikasi tidak perlu dengan bertatap muka atau dalam satu tempat yang sama. Cukup menggunakan alat penghubung suara jarak jauh kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang kita inginkan, alat ini biasa kita sebut dengan telepon.

Di jaman modern saat ini kita sudah memasuki yang disebut era komunikasi interaktif dimana kita bisa berinteraksi dengan siapapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun. Kita bisa melakukan panggilan melalui handphone dimana saja, kita bisa melihat secara langsung melalui video call dan kita bisa update kejadian dimanapun secara langsung dengan internet tanpa batasan ruang dan waktu.

Mari kita beranjak ke sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang mulai berkembang di Indonesia. Lanjut !!!
Antara teknologi, informasi dan komunikasi adalah hal yang saling berkaitan. Adanya teknologi akan memudahkan kita menerima informasi dan dengan informasi tersebut kita bisa melakukan komunikasi. Sebelumnya kita sudah mampir di sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dunia, lalu bagaimana dengan perkembangan sejarah di Indonesia.

Perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi di Indonesia
Nah, Itu dia sejarah awal perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Perjalanan yang panjang pastinya untuk bisa menikmati hasil teknologi yang serba canggih di jaman sekarang. Dari pembahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa saat ini yang menjadi trend dari teknologi informasi dan komunikasi adalah internet.

Internet yang dikembangkan sejak tahun 1969 merupakan cikal bakal teknologi yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa ini. Saat ini internet menjadi pusat perhatian manusia di seluruh dunia, pasalnya semua teknologi seperti radio, telephone, televisi dapat diakses melalui jaringan internet.

Mari kita beralih ke seputar perkembangan internet !...
Perkembangan internet semakin hari semakain mengingkat. Populasi pengguna internet di dunia yang berjumlah 3,611,375,813 dari total populasi manusia didunia yang berjumlah 7,432,662,725 dalam presentase 48,58% sudah terhubung sebagai pengguna internet. Wow hampir setengah dari populasi dunia sudah menggunakan internet, ini menandakan perkembangan yang sangat cepat dari penyebaran internet di seluruh dunia.
Bagaimana dengan penyebaran Internet di Indonesia, tapi sebelum kita pergi ke Indonesia mending kita keliling dunia terlebih dahulu untuk melihat perkembangan negara-negara di dunia !...
Kita bisa melihat presentase penggunaan internet di seluruh dunia dari gambar di bawah ini!
Berdasarkan dari data internet world stats, Asia merupakan regional pengguna internet terbesar di dunia dengan presentase 49,6% dari total seluruh pengguna internet berjumlah 3,611,375,813. Itu berarti jumlah pengguna internet berjumlah 1,792,163,654.  Lalu berapakah pengguna internet di Indonesia ?...
Kita dapat pastikan dari data internet world stats menunjukkan pengguna internet di Indonesia berjumlah 88,000,000. Indonesia menempati urutan ke empat dari seluruh pengguna internet diseluruh Asia dan menduduki urutan ke delapan untuk total pengguna internet dari seluruh dunia.
Dari total populasi di Indonesia yang berjumlah 258,316,051 jiwa yang saat ini menjadi pengguna internet berjumlah 88,000,000 atau 29,35%. Cukup cepat ya untuk perkembangan internet di Indonesia. Internet sudah menjadi kebutuhan setiap manusia di dunia termasuk juga Indonesia dan diperkirakan populasi pengguna internet akan semakin berkembang terus menerus. Ini sebagai halnya aku kamu dan dia yang selalu membutuhkan akses internet.
Dari tadi kita sibuk berkeliling tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari perkembangan teknologi dunia, melipir ke perkembangan teknologi di Indonesia, sampai ke perkembangan teknologi yang lagi ngetrend saat ini yaitu internet.

Sengaja saya mengajak kalian untuk mempelajari sejarah perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi sebagaimana pesan guru saya waktu itu tentang 3 hal yang akan kita dapatkan setelah kita mempelajari sejarah :

1. Kegunaan edukatif (memberi pelajaran)
Sejarah berarti belajar dari sebuah pengalaman yang pernah dilakukan seseorang atau masyarakat, baik pada masa sekarang atau pada masa sebelumnya. Keberhasilan di masa lampau akan dapat memberi pengalaman yang berharga pada masa sekarang. Sebaliknya, kesalahan atau kejadian yang suram di masa lampau akan menjadi pelajaran yang harus diwaspadai di masa kini.

Dengan adanya sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang sudah kita pelajari diatas menyadarkan kita bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak akan hanya sampai disini, mungkin kedepanya akan ada teknologi yang lebih canggih lagi dari internet. Mulai dari sekarang kita harus terus berinovasi agar perkembangan internet jauh lebih memberikan manfaat kepada kita semua.
2. Sejarah berguna memberikan inspirasi (ilham kepada kita)
Berbagai kisah tentang sejarah para penemu membuat kita terinspirasi dari sebuah perjuangan mereka dalam percobaan-percobaan yang telah mereka lakukan untuk menyempurnakan penemuan-penemuan baru. Mereka yang gagal adalah mereka yang tidak mau mencoba dan mencoba, kita belajar dari jeripayah mereka yang gagal selama seribu kali namun setelah berhasil mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita semua.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah penemuan yang luar biasa manfaatnya yang bisa kita rasakan saat ini. Mungkin dulu kita akan berfikir bahwa teknologi yang kita gunakan saat ini adalah sesuatu yang mustahil terjadi,

Bagaimana mungkin benda bisa berbicara sendiri ?...
Bagaimana mungkin seseorang bisa masuk kedalam kotak kecil ?...
Bagaimana mungkin kita bisa berkeliling dunia tanpa harus pergi ?...

Itu adalah tiga dari seribu pertanyaan dalam diri kita yang berfikir tidak akan mungkin terjadi, namun pada kenyataanya semua itu sudah terwujud dengan adanya telepon, televisi, dan intenet. Semoga ini bisa memberikan ilham untuk kita mendapatkan inovasi yang baru yang belum pernah ada di dunia ini.
3. Sejarah dapat berguna sebagai rekreatif
Mungkin kita akan merasa senang dengan hasil dari penemuan mereka yang saat ini kita gunakan. Mempermudah proses kerja kita, mempermudah jalannya komunikasi dan semua manfaat tentang teknologi yang sudah mereka temukan. Kita akan berterimakasih dan sangat berterimakasih atas semua pengorbanan yang mereka luangkan demi terwujudnya karya ilmiah mereka.

Proses rekreasi terhadap berbagai peristiwa di masa lampau memungkinkan orang untuk bercermin diri. Orang yang maju pasti akan lebih dinamis sebab melihat adanya masa depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa lalu yang indah dan menarik.
Itulah yang akan berdampak kepada kalian generasi muda agar turut serta pada kemajuan teknologi informasi dan komunikasi bangsa Indonesia. Bangsa ini membutuhkan orang-orang yang hebat, orang yang mampu mengorbankan dirinya untuk sebuah penemuan baru.
Pada artikel ini sengaja saya mengambil sudut pandang yang berbeda dari penyampaian tentang membangun Indonesia melalui teknologi informasi dan komunikasi, karena saya yakin di luar sana pasti sudah banyak orang yang akan membahas tentang manfaat teknologi, dampak positif, dampak negatif dan semua yang ada kaitanya dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Harapan saya, mungkin ini akan memberi dampak semangat sejarah kepada kalian generasi muda yang berkompeten untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Saya bukanlah seorang ahli sejarah dan juga bukan merupakan guru sejarah. Tapi dengan sejarah mungkin akan memberikan 3 point penting yang sudah saya jelaskan seperti di atas untuk menumbuhkan jiwa seseorang yang harus terus belajar dan mencoba, mampu berinovasi dan bersaing, serta maju lebih pasti dan melihat masa depan yang cerah. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menanamkan pada diri kalian jiwa inovasi yang membangun bangsa Indonesia melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Ayo Kita Bangun Indonesia Untuk Masa Depan yang Lebih Cerah...


--- Always Pray and Stay Creative ---


Sumber :
http://www.penemu.co/
https://id.wikipedia.org/
https://blogpenemu.blogspot.com/
http://www.internetworldstats.com/stats.htm
http://www.worldometers.info/world-population/

34 komentar

click to leave a comment!

9 Oktober 2016 01.53 Delete comments

Keren banget postingan ini. Rapi banget! Enak dibaca. Keep it up!

Reply
avatar
9 Oktober 2016 02.09 Delete comments

Thanks Mas Mirwan...Keep it uP too!

Reply
avatar
9 Oktober 2016 04.51 Delete comments

Justru saya yang mengambik jurusan informatika ini malah ngak kepikiran mau pisting beginian mas. Duh subuh2 dapat hikamh, bukunya Everet Rodgers memang bagus mas. Sempat saya baca dulu pas semester2 awal hehe. Salam hangat.

Reply
avatar
9 Oktober 2016 05.10 Delete comments

Wah iya mas Imron...tapi blog sampean juga sudah bagus kok...
lain kali bisalah IFH bikin blog lagi tentang postingan teknologi informasi dan komunikasi...
biar bisa sharing2 sama saya...heehhe

Reply
avatar
9 Oktober 2016 08.37 Delete comments

Wah bang Adhi ini keren !!
Sebenrnya saya ingin ikut lomba ini juga tapi engga kelar kelar postingan haha.
semooga menang ya bang !!

Reply
avatar
9 Oktober 2016 08.58 Delete comments

Hehe siap..siap mas jadi blogger memang harus begitu, ketika merasa ada sesuatu yang kurang maka kita dituntun untuk berselancar ke tempat lain, mencari invoasi baru.

Reply
avatar
9 Oktober 2016 09.11 Delete comments

Wih bener...Intinya itu sebenernya.... Generasi muda harus memiliki Inovasi yang baru... kali aja bisa ikut serta membangun Indonesia...

Reply
avatar
9 Oktober 2016 09.13 Delete comments

Iya nih bang leon, ditunggu postingannya juga dri kmren-maren....Masih yang itu-itu Aja..
Ane mau japri ente ke email ap kmna bang?...

Reply
avatar
9 Oktober 2016 09.36 Delete comments

gimana rasanya ya kalau jutaan penduduk indonesia ngunjungi blog saya #ehh

Reply
avatar
9 Oktober 2016 10.18 Delete comments

Iya gak berasa apa apa bang!... kalo saya yang berkunjung ke blog abang baru deh!..
Abang ngerasa senang!...

Sebab kalo misalnya seluruhnya Indonesia mengunjungi blog abang sudah dipastikan abang udah jadi artis... kalo jadi artis pasti juga gak bakal bales commnet dr sya.

Reply
avatar
9 Oktober 2016 13.48 Delete comments

world stats menunjukkan pengguna internet di Indonesia berjumlah 88,000,000
Siapa j bang penggunanya dari 88000000?
Absenin bang satu2

Reply
avatar
9 Oktober 2016 17.20 Delete comments

Aduh pegel atuh bang!...Kalo gak aku yang absenin mas niki yang manggil2nya ya...

Reply
avatar
9 Oktober 2016 17.34 Delete comments

kalau sampe ada yang komen sebanyak gitu, bingung bang mau bales yang mana dulu, kebaca semua juga kayaknya gk. .. :D

Reply
avatar
9 Oktober 2016 18.50 Delete comments

Teknologi informasi dan komunikasi yang percepatannya sangat signifikan harusnya menjadi peluang bagi kita untuk menggali potensi wilayah nya masing-masing agar dapat lebih dapat mensejahterakan rakyat, bukankah banyak yang bilang siapapun yang menguasai teknologi dan informasi bakalan jadi bangsa yang besar

Reply
avatar
9 Oktober 2016 19.32 Delete comments

Bener Banget bang Andi... udah pasti punya assistent deh buat balesin atu persatu... Orang yang itu2 aja udah males kadang balesnya apa lagi yang segitubanyaknya...

Reply
avatar
9 Oktober 2016 20.13 Delete comments

First time nih ke blog ini. Keren lah templatenya :))

Reply
avatar
9 Oktober 2016 22.45 Delete comments

Wah benar sekali mang lembu!... Wah ini merupakan ispiratif banget buat generasi pemuda yang cangkih teknologi... Mudah2an bisa dijalankan mas misi baru ini! Terimakasih lho saranya!..

Reply
avatar
9 Oktober 2016 22.46 Delete comments

Selamat Datang mas MBU!... Semoga senang berkunjung ya!...
Banyak Informasi menarik lho disini!...

Reply
avatar
10 Oktober 2016 12.44 Delete comments

Kak.. itu ilustrasinya bikin sendiri ? Asli kwereeenn bikin orang betah baca tulisan ini sampai habiis.. :D
Wah asia paling banyak penggunanya yah.. :D

Reply
avatar
10 Oktober 2016 14.24 Delete comments

Iya Mbak LUK maksudnya Laili Umdatul Khoirurosida hehhe...
Iya lagi iseng2 belajar design, biar makin asik ngeblognya biar makin kece designya...

Asia Paling banyak mbak pengguna internet... Termasuk juga mbak yang online terus tiap hari...hee

Reply
avatar
10 Oktober 2016 18.48 Delete comments

Dewaaaaa
Keren banget (*0*)

Ini dibikin slide terus dipresentasiin di kelasku seru kali yaaa

Reply
avatar
10 Oktober 2016 21.09 Delete comments

Iya boleh deh,,, biar pada melek sejarah teknologi ya.... Jangan pake doang gadgetnya ya...
kalo bisa bikin hal yang baru nanati...yang belom ada didunia ini!...

Reply
avatar
11 Oktober 2016 03.20 Delete comments

Wiih edukatif sekali tulisannya, Adhi. Mantap :)

Teknologi ini memang membantu. Menurut saya, dibanding efek negatif, lebih banyak efek positifnya. Asal sesuai kebutuhan aja sih.

Reply
avatar
11 Oktober 2016 04.50 Delete comments

Iya bang son, Setuju!
Iya semakin berkembang disisi lain memiliki efek negatip tapi jika kita bisa menggunakanya dengan tepat, InsyaAllah akan selalu bisa bermanfaat secara positif bagi kita...

Reply
avatar
11 Oktober 2016 21.22 Delete comments

Jujur gw bukan terpesona sama tulisannya tapi sama ilustrasinya. Keren banget ! Ajarin gue dong...

Bikin kaya gitu pake program apaan sih? Temen gue yang anak DKV pada gak mau ngasih tau, huh !

Reply
avatar
11 Oktober 2016 23.06 Delete comments

Iya sini melipir Riza,... gratis gue ajarin....
Pake corelDraw Za...#pelitamatmereka

Reply
avatar
11 Oktober 2016 23.16 Delete comments

Serem bener postingannya..
maksudnya keren bener hehe

salam kenal ya

Reply
avatar
11 Oktober 2016 23.21 Delete comments

Emangnya gue hantu.... maksud hati biar makin jelas bacanya hehe...
Oke bro salam kenal juga...

Reply
avatar
12 Oktober 2016 20.14 Delete comments

Ampun ._. sumpahya, ini bisa serapi ini mas postingannya? INSPIRASI BANGET~

SUKAK. SUKAK BANGET AKU MAS :D Hihihi :)

Reply
avatar
12 Oktober 2016 20.53 Delete comments

Wah terimakasih mas, senang bisa meng-inspirasi...
Kalo suka ya difollow dong mas!...heheh nanti aku follow balik deh!...

Reply
avatar
13 Oktober 2016 11.36 Delete comments

Dengan perkembangan teknologi, media komunikasi juga semakin berkembang dan semakin memudahkan kita. Segala informasi sekarang sudah lebih cepat.

Reply
avatar
13 Oktober 2016 17.58 Delete comments

Benar sekali bang Yadibarus.. Semakin canggih teknologi semakin dipermudah proses yang kita lakukan, tapi tetep harus bisa memanfaatkan dengan bijak ya!...

Reply
avatar
14 Oktober 2016 12.54 Delete comments

Masa pake corel bisa jadi kaya gitu? Perasaan gw pake corel tetep aja gambarnya kayak anak SD

Reply
avatar
15 Oktober 2016 02.51 Delete comments

Wah Masa sih!... Jiwa kita berbeda berarti za...
Ente sih mainnya sama bocah mulu...

Sini Merapat lah... kita belajar bareng!...

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *