11 Azas Kepemimpinan TNI ! Wow Keren Sumpah Deh

Selain jadi orang yang suka menyendiri, aku juga suka bersosialisasi bersama teman, tergantung dari situasi dan kondisi. Kemarin waktunya kumpul sama teman seperjuagan untuk membentuk sebuah usaha kecil menengah alias semacam UKM, seperti biasa kita kumpul untuk membicarakan nasib dari brand yang akan kita buat dan kembangkan didunia usaha.

Dia ini teman baru yang baru ketemu lagi setelah lama tidak bertemu, ayahnya seorang TNI-AL dan saat itu juga kita sedang berkumpul dirumahnya di komplek angkatan juga. Sambil ngobrol sambil lihat disekeliling rumahnya yang luas dan lebar. Meeting pun dimulai dan semua yang kita bicarakan dicatat sebagai laporan hasil pertemuan. Setelah meeting kita pun mulai dengan agenda praktek atau pelatihan produksi.

Ku hampiri buku yang menjadi alas catatan meeting tadi, ini buku adalah agenda khusus dari seorang TNI. Sekilas aku baca semua isi dari agenda seorang TNI mulai dari Ketua Laksamana dari tahun ke tahun, Asas Pancasila, Mars TNI dan yang menjadi pusat perhatianku adalah sebelas azas kepemimpinan TNI karena didalamnya ada kata mutiara yang dari dahulu sempat menjadi pertanyaan di dalam hati.

Inilah 11 Azas Kepemimpinan TNI :

1. Taqwa
Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan beriman kepada-Nya.

2. Ing Narsa Sung Tulada
Memberi suri tauladan di hadapan anak buah.

3. Ing Madya Mangun Karsa
Ikut bergiat serta menggugah semangat di tengah-tengah anak buah.

4. Tut Wuri Handayani
Mempengaruhi dan memberi dorongan dari belakang kepada anak buah.

5. Waspada Purba Wisesa
Selalu waspada, mengawasi serta sanggup dan berani memberi koreksi kepada anak buah.

6. Ambeg Parama Arta
Dapat memilih dengan tepat mana yang harus didahulukan.

7. Prasaja
Tingkah laku yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan.

8. Satya
Sikap loyal yang timbal balik, dari atasan terhadap bawahan dan dari bawahan terhadap atasan dan kesamping.

9. Gemi Nastiti
Kesadaran dan kemampuan untuk membatasi penggunaan dan pengeluaraan segala sesuatu kepada yang benar-benar diperlukan.

10. Belaka
Kemauan, kerelaan, dan keberanian untuk mempertanggung jawabkan tindakan-tindakanya.

11. Legawa
Kemauan, kerelaan, dan keikhlasan untuk pada saatnya menyerahkan tanggung jawab dan kedudukan kepada generasi berikutnya.

Sebagian dari azasnya mungkin pernah kita dengar sebelumnya dan pastinya kita tidak mengetahui artinya apa lagi maksudnya. Setelah membacanya setidaknya akan menambah ilmu serta pengetahuan tentang kata-kata yang tidak biasa kita dengar.

Apalagi waktu SD kita sering mendengar kata Tut Wuri Handayani dan kita taunya itu adalah semboyan atau slogan untuk dikalangan dunia pelajar dan pendidikan. Karena kita tidak tahu artinya makanya kita tidak mengerti apa arti dan maksud semboyan itu, tapi sekarng udah tahu kan jadi kita bisa mengartikan bahwa guru adalah seseorng yang memberikan dorongan semangat kepada pelajarnya.

Semoga kita bisa mengaplikasikan kesebelas azas pemimpin TNI ya, walaupun kita bukan seorang TNI. Setidaknya kita bisa bersikap sesuai azas dan semangat terus pemuda Indonesia.

--- Always Pray and Stay Creative ---

Labels