Follow Google+

Part Of Blogger

Photobucket

Statistic

DMCA.com Protection Status

Popular Posts


Art dan Adhi adalah dua kata yang tidak akan pernah terpisahkan, dengan adanya dua kata tersebut terciptalah karya creative itulah awal mulanya artadhitive dilahirkan. Art Design memang luas kaitanya, tapi segala sesuatu itu bermula dari Art Design, Art Design bukan hanya coretan tinta, bukan hanya goresan garis dan bukan hanya gesturan mouse melainkan adalah kehidupan seni yang setiap orang memilikinya. Art Design adalah Seni yang berhak dimiliki setiap manusia karena goresan tangan yang bodoh sekalipun bisa menghasilkan karya seni yang luar biasa.
Art of Adhi Creative ...

Instagram

Instagram

Advertise 970x90

Panduan Design

Follow This Site

Google+ Followers

Butuh Apartment ?

Monday, 26 September 2016

11 Azas Kepemimpinan TNI ! Wow Keren Sumpah Deh

Selain jadi orang yang suka menyendiri, aku juga suka bersosialisasi bersama teman, tergantung dari situasi dan kondisi. Kemarin waktunya kumpul sama teman seperjuagan untuk membentuk sebuah usaha kecil menengah alias semacam UKM, seperti biasa kita kumpul untuk membicarakan nasib dari brand yang akan kita buat dan kembangkan didunia usaha.

Dia ini teman baru yang baru ketemu lagi setelah lama tidak bertemu, ayahnya seorang TNI-AL dan saat itu juga kita sedang berkumpul dirumahnya di komplek angkatan juga. Sambil ngobrol sambil lihat disekeliling rumahnya yang luas dan lebar. Meeting pun dimulai dan semua yang kita bicarakan dicatat sebagai laporan hasil pertemuan. Setelah meeting kita pun mulai dengan agenda praktek atau pelatihan produksi.

Ku hampiri buku yang menjadi alas catatan meeting tadi, ini buku adalah agenda khusus dari seorang TNI. Sekilas aku baca semua isi dari agenda seorang TNI mulai dari Ketua Laksamana dari tahun ke tahun, Asas Pancasila, Mars TNI dan yang menjadi pusat perhatianku adalah sebelas azas kepemimpinan TNI karena didalamnya ada kata mutiara yang dari dahulu sempat menjadi pertanyaan di dalam hati.

Inilah 11 Azas Kepemimpinan TNI :

1. Taqwa
Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan beriman kepada-Nya.

2. Ing Narsa Sung Tulada
Memberi suri tauladan di hadapan anak buah.

3. Ing Madya Mangun Karsa
Ikut bergiat serta menggugah semangat di tengah-tengah anak buah.

4. Tut Wuri Handayani
Mempengaruhi dan memberi dorongan dari belakang kepada anak buah.

5. Waspada Purba Wisesa
Selalu waspada, mengawasi serta sanggup dan berani memberi koreksi kepada anak buah.

6. Ambeg Parama Arta
Dapat memilih dengan tepat mana yang harus didahulukan.

7. Prasaja
Tingkah laku yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan.

8. Satya
Sikap loyal yang timbal balik, dari atasan terhadap bawahan dan dari bawahan terhadap atasan dan kesamping.

9. Gemi Nastiti
Kesadaran dan kemampuan untuk membatasi penggunaan dan pengeluaraan segala sesuatu kepada yang benar-benar diperlukan.

10. Belaka
Kemauan, kerelaan, dan keberanian untuk mempertanggung jawabkan tindakan-tindakanya.

11. Legawa
Kemauan, kerelaan, dan keikhlasan untuk pada saatnya menyerahkan tanggung jawab dan kedudukan kepada generasi berikutnya.

Sebagian dari azasnya mungkin pernah kita dengar sebelumnya dan pastinya kita tidak mengetahui artinya apa lagi maksudnya. Setelah membacanya setidaknya akan menambah ilmu serta pengetahuan tentang kata-kata yang tidak biasa kita dengar.

Apalagi waktu SD kita sering mendengar kata Tut Wuri Handayani dan kita taunya itu adalah semboyan atau slogan untuk dikalangan dunia pelajar dan pendidikan. Karena kita tidak tahu artinya makanya kita tidak mengerti apa arti dan maksud semboyan itu, tapi sekarng udah tahu kan jadi kita bisa mengartikan bahwa guru adalah seseorng yang memberikan dorongan semangat kepada pelajarnya.

Semoga kita bisa mengaplikasikan kesebelas azas pemimpin TNI ya, walaupun kita bukan seorang TNI. Setidaknya kita bisa bersikap sesuai azas dan semangat terus pemuda Indonesia.

--- Always Pray and Stay Creative ---

18 comments:
Write comments
  1. Kereenn! HArus di contohi nih azas Kepemimpinan TNI ini. Saya sendiri juga pernah merasakan mereka itu gimana, ketika saya latihan menembak sama mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan harus dicontoh nih azasnya ... Pasti bakalan bermanfaat buat kak mirwan.

      Delete
  2. Cuma 11 tapi kalo diterapkan ya lumayan juga ya.. apalagi Legawa.. mudah diucapkan sulit diterapkan.. ckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak padahal cuma sebelas tapi cukup untuk mewakili azas kepemimpinan lainnya. Yang jelas jadi bahan pelajaran buat kita kalo suatu saat jadi pemimpin...

      Delete
  3. Buset dah, lu ngapalin ini nak?

    Selamat ! Kamu lulus ujian nasional....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah pak buat contekan juga, pake ditanya segala...
      Bener2 gak jelas lu bang riza...

      Delete
  4. Baru tahu tentang azas kepemimpinan TNI ini. Hebat banget ya. Makasih, mas jadi tambah ilmu lagi. Semoga kita juga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas semoga bisa diaplikasikan dengan baik dan benar ya... Saya juga baru tahu waktu baca buku agenda TNI punya temen saya itu mas...

      Delete
  5. Replies
    1. Iya mas perlu diamalkan, Tapi jangan sekedar asal ucap ya... harus bener2 di terapkan walaupun cuma baru satu...

      Delete
  6. Hai mas Adhi salam kenal. Wahhh Azasnya egitu luar biasa ya. Jika benar-benar diterapkan TNI kita alangkah kerennyaaaaaa. Oh ya sedikit koreksi mas, mungkin salah ketik bagian Azas yang ke2 coba dicek apakah tulisannya begitu? kalau setahu saya bukan Ing Narsa Sung Tulada tapi Ing Ngarsa Sung Tulada hanya kurang G setelah huruf N pada kata Narsa. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya salam kenal juga Ny. Amri Evianti. Terimakasih atas koreksinya mbak, tapi sebelumnya saya juga menulis kata "ngarsa" karena setahu saya ya ngarsa tapi saya kan menulis berdasarkan bukunya yang di tulis dengan kata "narsa" karena saya anggap itu lebih benar. Nanti coba saya cek kebenaranya deh ya mbak antara ngarsa dan narsa yang benar yang mana.

      Delete
  7. Wah itu mah harus banget atuh ya mas terutama yang utama tuh yaitu taqwa :-) kalau di baca memang susah ya mas tapi kalau dilakukan insyaallah gampang lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Effendi ada kemudahan kalo kita mau berusaha dan niat...

      Delete
  8. Inilah kenapa aku lebih suka tentara daripada polisi :v

    *bukan curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya Mbak Mayang! Ternyata gak cuma aku aja ya yang berfikir seperti itu!

      Delete
  9. Serius, Blog ini benar2 kreatif sesuai dengan motto nya.

    Semua pesan yang ada dalam stiap artikel dikemas dengan gaya penulisan yang santai tapi tetap kena sasaran.

    Satu hal lagi, 11 asas kepemimpinan ini sebenarnya dapat kita terapkan dalam memimpin siapa saja termasuk diri kita sendiri dalam mengendalikan pribadi kita .


    Mantapss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas Christian...
      Wah bagus banget mas kalo misalkan di aplikasikan dikehidupan kita saat ini...
      saya sendiri aj masih susah mas sebenernya...

      Delete

Interested for our works and services?
Get more of our update !