search here and find more articles

4 Langkah Cara Membuat Favicon Untuk Blog

4 Langkah membuat Blog

Sejarah Singkat Favicon ...

Favicon ( Favorites Icon ) adalah icon utama yang muncul pada address bar  juga merupakan logo suatu website, juga dikenal sebagai shortcut icon, Web site icon, URL icon, or bookmark icon .

Pertama kalinya muncul icon adalah pada browser Internet Explorer 5, pada saat itu penempatan icon favicon.ico berada di belakang alamat website sebagai penanda atau bookmark. Namun seiring perkembangan jaman setiap browser sudah mendukung favicon tanpa penanda atau bookmark.

Icon Blog
Contoh Icon Website dan Blog 


4 Langkah Sebelum Membuat Favicon !

Pastikan sebelum membuat kita harus tahu apa dan bagaimana favicon itu digunakan...
4 hal yang perlu diketahui :
  • Apa Konteksnya ?
  • Ukuran yang dibutuhkan ?
  • Format yang dipakai ?
  • Alat yang bisa digunakan ?


Apa Konteksnya ?
Favicon atau Icon memang sangat diperlukan dalam berbagai hal, untuk membuat icon website berbeda dengan membuat icon aplikasi, jadi tentukan konteksnya terlebih dahulu.
Sebuah favicon bisa tampil dalam berbagai background browser manapun, jadi kita perlu menggunakan transparasi untuk mendapatkan tampilan icon terbaik. 
Favicon tidak akan selalu ditampilkan pada background address bar putih, bisa jadi berwarna abu-abu atau tema browser gelap, jadi sebisa mungkin pilih tampilan yang menarik untuk icon blog kalian.

Contoh Icon
Contoh Icon Menarik


Ukuran yang dibutuhkan ?
Ukuran icon biasanya berukuran 16 x 16 pixle untuk favicon sebuah website atau blog...
Tapi kalian juga bisa menggunakan tampilan icon dengan ukuran 24 x24 px atau 32 x 32 px, karena setiap browser memiliki ukuran favicon yang berbeda-beda.

Format yang dipakai ?
Format icon sangat berpengaruh pada tampilan icon di website atau blog kita, sebisa mungkin kita menggunakan format dengan background transparasi.

- ICO adalah format yang sangat mendukung untuk icon pada suatu website atau blog, format ini didesign kecil tapi masih sangat terlihat dengan jelas.

- PNG adalah format yang nyaman digunakan karena tidak perlu alat khusus untuk membuatnya, dapat didesign dengan transparasi dan bisa disimpan dengan ukuran yang sangat kecil.

- GIF adalah format yang mampu memberikan effect gerak pada icon namun tidak bisa berfungsi jika kita mneggunakan browser lama.

- JPG adalah format dengan background kotak biasanya digunakan jika kita ingin menjadikan foto kita sebagai icon, dan pastinya kurang begitu menarik.

Alat yang bisa digunakan ?
Untuk membuat sebuah icon gunakan alat design seperti CorelDRAW, Photoshop, atau software design lainya...
Simpan dengan ukuran 16 x 16 pixle, usahakan maksimal ukuranya tidak lebih dari 100Kb...
Apabila sudah memiliki file namun ukuranya belum sesuai silahkan gunakan alat bantu Favicon Generator ini...
Kalian tinggal meng-upload gambar untuk icon dan klik Create Icon... kemudian kalian bisa langsung download file kalian dengan hasil format ICO.

Bagi kalian yang masih bingung dengan penjelasan artikel diatas bisa cari informasi lain di mbah google, kalo ad yang ingin ditanyakan silahkan saja tuang di kolom komentar dibawah ini.

Silahkan mencoba dan semoga berhasil...
Always Pray and Stay Creative ...

0 komentar

click to leave a comment!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *