Mengenal Strategi Bisnis Dengan Internet Marketing


Perkembangan internet telah membuka mata dunia, dengan internet saat ini kita menjumpai banyak kesempatan dan peluang untuk turut serta memanfaatknya dalam kehidupan sehari-hari. Dunia online berkembang sangatlah pesat seolah berpindah dari tempat satu ketempat yang lain secepat kilat.

Banyak sekali hal yang kini berubah dalam mengaplikasikan sesuatu dari dunia nyata hingga masuk kedalam dunia online, misalnya :

- Toko Online : Proses jual beli yang dilakukan secara online saat ini awalnya perdagangan barang yang dilakukan didunia usaha dengan bertatap muka antara penjual dan pembeli, namun tidak disangka saat ini proses jual beli pun bisa dilakukan tanpa dengan bertemu secara langsung. Proses mudah dan tidak banyak membuang waktu.

- Ojek Online : Awal mulanya ojek online adalah ojek yang pemesananya dilakukan melalui panggilan telephone, kemudian berubah menggunakan aplikasi berupa chat kemudian dengan methode yang simple dan mudah kini sudah ada aplikasi order secara online dan mampu dikembangkan menjadi sistem order berupa online untuk jasa lainnya.

Online adalah atribut yang cocok saat ini untuk perpindahan proses yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Tidak ada bedanya dengan artikel yang akan kita bahas saat ini yaitu tentang internet marketing atau pemasaran secara online. Langsung saja kita bahas secara perlahan apa itu sebenarnya internet marketing.

Apa itu intenet marketing ?

Internet dan Marketing adalah dua kata yang dihubungkan menjadi satu, internet yang berarti jaringan internet dan marketing yang berarti pemasaran atau penjualan. Pada dasarnya internet marketing itu adalah pemasaran yang dilakukan secara online menggunakan internet. Termasuk berjualan online merupakan salah satu dari hal yang disebut dengan internet marketing.

Internet marketing saat ini juga berkembang secara pesat, dengan munculnya website sosial yang menghubungkan dari manusia satu dengan manusia lain di internet membuat internet marketing dengan cepat terbentuk. Lalu bagaimana hubungannya antara internet marketing dengan strategi bisnis.

Dalam dunia usaha sering kita dengar yang namanya strategi bisnis, yaitu segala pelaksanaan gagasan, perencanaan dan eksekusi dari aktivitas bisnis yang kita lakukan. Dengan adanya internet marketing akan memudahkan kita dalam menjalankan strategi bisnis yang akan kita lakukan.

Beberapa strategi pemasaran online yang mampu memberikan dampak positif bagi bisnis anda.

1. Gunakan website design yang tepat

Di era yang serba internet dan banyak informasi yang orang butuhkan melalui website tidak ada salahnya untuk membuat website untuk pemasaran produk secara online. Pasalnya walaupun bukan trik yang jitu, tapi dapat mempengaruhi pelanggan secara tidak langsung seiring berjalanya waktu dan tempat.

Website merupakan langkah dari semua pemasaran digital yang kalian bisa upayakan, tidak peduli berapa jumlah waktu dan biaya yang kalian keluarkan hanya untuk sebuah website. Pastinya dengan pemilihan web design yang tepat, karena dapat mempengaruhi pengunjung yang ingin berlama-lamaan berada dihalaman website kalian.

Jadi jika halaman website tidak bersih, tidak mudah dibaca, tidak menarik, dan tidak ramah ponsel pintar, akan banyak pelanggan anda yang pergi meninggalkan informasi dari website kalian. Maka dari itu jangan pernah lupakan masalah design web.


2. Sosial media sebagai ajang untuk promosi

Sosial media saat ini menjadi tren yang sangat popular dikalangan banyak orang mulai dari anak-anak sampai orang tua. Setelah melonjak tinggi dalam kurun waktu yang sangat singkat facebook menempati rangking perusahaan no 2 yang paling dicari diinternet setelah perusahaan google. Munculnya situs sosial seperti inilah yang akhirnya dimanfaatkan publik untuk ajang promosi produk yang mereka ingin tawarkan mulai dari barang dan jasa.

Mengikuti jejak situs sosial terpopular akhirnya berkembanglah situs sosial lainya seperti twitter, instagram, pintrest, youtube, path, tumblr, linkedin dan masih banyak lagi. Hal ini membawa pengaruh baik untuk para pelaku bisnis yang ingin menawarkan produknya di berbagai macam situs sosial lainya. Banyak hal yang kalian bisa lakukan dengan sosial media, bahkan dari beberapa sosial media menawarkan kerjasama bagi mereka yang menghasilkan konten menarik dan mampu mengajak banyak orang untuk senantiasa menjadi pengikutnya.

So.. Manfaatkan sosial media sebagai ajang internet marketing dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku pada sosial media tersebut. Carilah follower sebanyak-banyak tapi jangan lupa untuk follow kewajibanmu untuk tetap berdoa dan berbakti kepada orang tuamu.


3. Manfaatkan design untuk visual konten yang menarik

Tidak banyak konsumen yang memiliki waktu luang untuk membaca, kebanyakan orang lebih suka melihat gambar dengan sedikit tulisan dari pada membaca tulisan dengan sedikit gambar. Dengan visual konten yang menarik akan memudahkan seseorang lebih cepat mengerti maksud dan tujuan dari gambar tersebut.

Jangan segan untuk meminta bantuan jasa design untuk membuat visual konten yang menarik, dan jelas dari produk yang kita tawarkan. Melalui visual konten yang menarik akan memudahkan pelanggan kita mengetahui secara jelas dari produk kita, pastinya harus sesuai antara gambar dengan isi kontennya.


4. Sederhanakan dan perjelas informasi produk

Sedikit kata tapi mencangkup semua informasi yang dibutuhkan, itulah salah satu andalan setiap marketer dalam menyampaikan produknya. Beberapa konsumen terkadang memiliki sifat rasa keingin tahuan dari sebuah produk, dengan memberikan informasi yang sederhana dan jelas akan lebih diingat oleh banyak orang yang hanya sekedar ingin tahu tentang produk yang kita miliki.

Biasanya untuk pemasaran online banyak sekali orang yang memberikan informasi yang seharusnya tidak dibutuhkan dan tidak ada hubunganya dengan produk yang ditawarkan, seperti iklan misalnya... pengunjung web atau blog pasti tidak akan merasa nyaman dengan adanya iklan yang muncul dimana-mana seolah-olah memaksa mereka untuk menelusuri dari iklan tersebut.

Dari beberapa strategi internet marketing di atas mungkin bisa kalian aplikasikan untuk mendongkrak penjualan anda, semoga bermanfaat.

Always Pray and Stay Creative.








Labels